Integrasi Ilmu di Pondok Pesantren: Kajian Terhadap Pengalaman Dalam Mengintegrasikan Ilmu
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.743Abstract
Pondok Pesantren Al-Khoirot yang didirikan pada tahun 1963 telah mengalami transformasi dari pondok salaf menjadi lembaga pendidikan yang mengkombinasikan antara ilmu agama dan ilmu umum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman Pondok Pesantren Al-Khoirot dalam mengintegrasikan ilmu agama dan ilmu umum dalam kurikulumnya, tantangan yang dihadapi dalam proses integrasi tersebut dan bagaimana cara Pondok Al-Khoirot menghadapi tantangan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi lapangan, yang menggabungkan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Al-Khoirot telah berhasil mengintegrasikan kedua jenis ilmu melalui penyusunan visi dan misi, pendirian lembaga pendidikan agama dan formal, penetapan mata pelajaran multidisiplin, serta pelatihan dan pendampingan bagi pengajar. Namun, tantangan seperti perbedaan perspektif antara pengajar agama dan pengajar ilmu umum serta kurangnya pemahaman tentang integrasi ilmu menjadi hambatan dalam implementasi kurikulum integratif. Solusi yang diusulkan meliputi pengembangan kolaborasi antara pengajar agama dan umum, serta pelatihan berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi pengajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kurikulum integratif dapat menciptakan santri yang unggul secara akademik dan spiritual, mampu menghadapi tantangan global tanpa kehilangan identitas keagamaan mereka
Downloads
References
Anggraini, Novia. 2023. “Peranan Pendidikan Formal Di Lingkungan Pesantren Dapat Meningkatkan Kualotas Sumber Daya Manusia Di Pondok Pesantren Darul Falah Tulung Sari.” Jurnal Misbahul Ulum (Jurnal Institusi) 5(1):17–28.
Aswiranti, Murni, Putri Muhlis, Ida Royani, and Sri Julyani. 2024. “LITERATUREREVIEW: INTEGRASI NILAI ISLAM DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN PROGRAM PROFESI DOKTER.” 8(April):1304–9.
Burhanudin, Burhanudin, Fathurrahman Muhtar, and Abdulloh Fuadi. 2023. “Implikasi Pengembangan Lembaga Pendidikan Tradisional Dan Modern Di Pondok Pesantren Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat Terhadap Relasi Sosial Kemasyarakatan.” Manazhim 5(1):188–217. doi: 10.36088/manazhim.v5i1.2856.
Bustanul Arifin, Ali Imron, Achmad Supriyanto, and Imron Arifin. 2022. “Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pada Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri Lobar.” CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan 2(4):73–88. doi: 10.55606/cendikia.v2i4.452.
Fatimah, Fatimah, and Endah Winarti. 2022. “Integrasi Imtak Dan Iptek: Landasan Dan Faktor Kunci Sukses Penerapannya Dalam Pendidikan Islam.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 7(2):149–66. doi: 10.55187/tarjpi.v7i2.5050.
Harahap, Muhammad Riduan. 2020. “Integrasi Ilmu Pengetahuan Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam.” Jurnal Kajian Islam … 1(1):1–17.
Hopid, Abdul. 2021. “INTEGRASI ILMU DALAM PENDIDIKAN: Membaca Potensi Integrasi Sains Dan Agama Di Pondok Pesantren Mahasiswa UII Yogyakarta.” ABHATS: Jurnal Islam Ulil Albab 2(2):97–114. doi: 10.20885/abhats.vol2.iss2.art2.
Ikmal, Tobroni, Sutiah. 2022. “Implementasi Pengembangan Kurikulum Integratif Di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.” Al-Hidayah 11:399–416.
Jakfar, Tarmizi M., Fuad Ramly, Maimun Fuadi, and Jabbar Sabil. 2019. “Model Integrasi Ilmu Dan Pengembangannya Di Fakultas Syari’Ah Dan Hukum Uin Ar-Raniry Banda Aceh Dan Uin Sumatera Utara.” Jurnal Ilmiah Islam Futura 18(2):206. doi: 10.22373/jiif.v18i2.3765.
Kadi, Kadi, and Hidayatul Khoiriyah. 2022. “Pembelajaran Tasawuf Di Pondok Pesantren Salafiyah Bandar Kidul Kota Kediri.” Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences 3(2):213–28. doi: 10.33367/ijhass.v3i2.3119.
KBBI. n.d. “No Title.” Retrieved December 7, 2024 (https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/karakter).
MA. Achlami, HS, MA. n.d. “Peran Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan, Dakwah Dan Sosial Dalam Menangkal Radikalisme Dan Terorisme.” 118–26.
Mansyuri, Aulya Hamidah, Beta Ardana Patrisia, Binti Karimah, Defi Vita Fitria Sari, and Wahyu Nur Huda. 2023. “Optimalisasi Peran Pesantren Dalam Lembaga Pendidikan Islam Di Era Modern.” MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam 4(1):101–12. doi: 10.21154/maalim.v4i1.6376.
Muaz, Dindin Alawi, Uus Ruswandi, Bambang Samsul Arif. 2022. “Pendidikan Agama Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” At-Tadris: Journal of Islamic Education 2(2):82–91. doi: 10.56672/attadris.v2i2.69.
Muhammad Yusuf Maulana Reksa, and Huriah Rachmah. 2022. “Penerapan Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Mahasiswa.” Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam 115–20. doi: 10.29313/jrpai.v2i2.1484.
Nursyeha, M. Iksan Fahmi. 2025. “INTEGRASI ILMU PENGETAHUAN DAN AGAMA DI PONDOK PESANTREN: STUDI KASUS PEMAHAMAN EPISTEMOLOGI GURU MELALUI PENDEKATAN FENOMENOLOGI.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman 34–50.
Patmawati, Imas, Miftah Nurul Ma’arif, Euis Hayun Toyibah, and Cici Rasmanah. 2023. “Pentingnya Visi, Misi, Dan Tujuan Sekolah.” Jurnal Pelita Nusantara 1(2):182–87. doi: 10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i2.189.
Rachman, Mohammad Khoirur, and Ahmad Mohammad Tidjani. 2024. “Journal of Qualitative and Quantitative Research Optimalisasi Model Kewirausahaan Berbasis Pesantren Di Era Ekonomi Digital : Tantangan Dan Peluang Di Pondok Pesantren Jaddung Pragaan Sumenep.” 1(6):431–40.
Rama. 2019. “Definisi Pengalaman.” 6–36.
Syafi’i, Moh. Puad. 2022. “Integrasi Ilmu Agama Dan Ilmu Umum Pada Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Muhajirin Purwakarta).” 32–67.
Yasri, Ali. 2024. “Pondok Pesantren Memiliki Struktur Yang Khas, Terdiri Dari Beberapa Elemen Utama, Yaitu Kiai Sebagai Pemimpin Spiritual Dan Pengajar Utama, Santri Sebagai Peserta Didik, Serta Sarana Pendidikan Seperti Masjid, Asrama, Dan Madrasah.” Αγαη 15(1):37–48.
Yusadi, Ardini, Ahmad Sabri, Universitas Islam, Negeri Imam, and Bonjol Padang. 2024. “MODEL DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM INTEGRATIF DI SATUAN PENDIDIKAN.” 6:73–87.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vina Lailatul Maskuro, Ishmah sy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.