Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Materi Jual Beli (Muamalah)
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i4.2701Keywords:
Wordwall, Media Pembelajaran, Keaktifan Siswa, Fiqih, MuamalahAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan siswa dalam pembelajaran Fiqih yang masih cenderung berfokus pada ceramah sehingga siswa kurang terlibat, khususnya pada materi Jual Beli (Muamalah). Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis Wordwall yang dapat menghadirkan proses belajar yang lebih menarik, interaktif, dan memberi ruang partisipasi siswa di MTs Terpadu Berkah Palangka Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model ADDIE. Hasil penilaian para ahli menunjukkan bahwa media Wordwall memperoleh kelayakan sebesar 86,75% dan termasuk kategori sangat layak. Sementara itu, uji coba kepada siswa menghasilkan respon positif 87,75% yang mencerminkan adanya peningkatan keterlibatan dan keaktifan selama pembelajaran berlangsung. Temuan ini menunjukkan bahwa Wordwall tidak hanya memenuhi standar kelayakan, tetapi juga efektif mendukung pembelajaran Fiqih yang membutuhkan pemahaman konsep melalui aktivitas yang lebih menyenangkan dan partisipatif. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan media digital pada pembelajaran PAI, khususnya Fiqih Muamalah, dengan menawarkan alternatif pembelajaran yang lebih adaptif dan mampu mendorong partisipasi aktif siswa
Downloads
References
Aminaty, D., & Jasiah, J. (2025). Penggunaan Media Game Wordwall Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Al Qur’an dan Hadits. Jurnal Pendidikan, 25(2), 144–154. https://doi.org/10.52850/jpn.v25i2.18372
Andari, R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.2069
Andriany, R., & Warsiman, W. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall di Era Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 406–422. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.8209
Harianja, S. I., Hasni, U., Amanda, R. S., & Sherly, W. (2024). Peningkatan Keterampilan Guru PAUD Melalui Pemanfaatan Wordwall Pada Literasi Digital Sebagai Upaya Pengoptimalan Proses Pembelajaran. Journal of Human and Education, 4(5), 766–773.
Hartutik, H., & Aprilia, R. (2024). Pengembangan Wordwall: Inovasi Media Pembelajaran Digital Terintegrasi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1525–1540. https://ssed.or.id/contents/article/view/564
Hasanah, K. U., Makmun, M. N. Z., & Aisyah, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Berkala Ilmiah Pendidikan, 4(1), 69–78. https://doi.org/10.51214/bip.v4i1.854
Jannah, M., Pravitasari, A. P., Astuti, Y. D., Utami, R. D., & Suprapti. (2025). Peningkatan Keaktifan Siswa Kelas III Sekolah Dasar Pada Pembelajaran IPAS Melalui Media Interaktif Wordwall. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 1639–1651.
Kusnadi, E., & Azzahra, S. A. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn di MA Al Ikhlash Padakembang Tasikmalaya. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 323–339. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i2.9526
Lailatul ’izza, N., & Thobroni, A. Y. (2024). Penerapan Wordwall sebagai Media Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII-C di SMPN 1 Waru Sidoarjo. 4, 1–11.
Madani, M. S., & Satria, A. P. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Scratch pada Materi Perubahan Kondisi Alam Sekolah Dasar. EduCurio: Education Curiosity, 3(3), 758–763. https://doi.org/10.71456/ecu.v3i3.1380
Meysandi, S. I., Zumrotun, E., & Widiyono, A. (2024). Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Word Wall Terhadap Hasil Belajar IPAS di Kelas IV SD. Kappa Journal, 8(2), 225–229. https://doi.org/10.29408/kpj.v8i2.27265
Najuah, Sidiq, R., & Simamora, S. (2022). Game Edukasi: Strategi dan Evaluasi Belajar Sesuai Abad 21 (J. Simarmata (ed.)). Yayasan Kita Menulis.
Nissa & Renoningtyas. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 452–457.
Novyanti, Indira Dewi, H., & Winata, W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Kreativitas Kognitif Anak dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Instruksional, 4(1), 27–33. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/instruksional/article/view/13250
Nurfatimah, Darmiani, & Aminudin. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Nurfatimah1. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 85–91. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/1/43
Putri, S., Nandayani, K., Widiyanti, N. N. S., Supriyadi, S., & Hermawan, J. S. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(6), 6611–6619.
Saiful Anwar, & Jasiah Jasiah. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Educaplay untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran SKI. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 355–373. https://doi.org/10.61132/jbpai.v3i1.913
Saputri, M. J., & Jasiah. (2025). Penggunaan Modul Digital Berbasis Game Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist. Jurnal Sains Student Research, 3(1), 407–416.
Syahputera, A., Misdalina, M., & Septeiyawan, B. Z. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Materi Bangun Datar SD Development Of Wordwall Based Learning Media Two Dimensional Figure Material SD. 10(2), 331–339.
Syaifullah, L. & A. R. (2025). Pengembangan Media Kartu Interaktif Menggunakan Wordwall untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN Naganuri Sape. 5, 805–815.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sri Fatmawati, Jasiah Jasiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








This work is licensed under a