Pengambangan Bahan Ajar Berbasis Vidio Pada Materi Sholat Jum’at di Madrasah Tsanawiyah
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i4.2700Keywords:
Bahan Ajar, Vidio Pembelajaran Fiqih,Sholat Jum’atAbstract
Kelemahan pembelajaran Fikih yang masih bergantung pada ceramah dan buku teks mendorong perlunya inovasi digital yang mampu menghadirkan pengalaman belajar lebih menarik, holistik, dan selaras dengan kebutuhan pemahaman kognitif serta praktik ibadah siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar berbasis video pada materi Sholat Jumat dalam mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) model Borg dan Gall yang disederhanakan menjadi enam tahap: analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, validasi, uji coba terbatas, dan revisi produk. Subjek penelitian terdiri dari satu guru Fiqih dan 20 siswa kelas VIII. Hasil menunjukkan bahan ajar berbasis video dinyatakan sangat layak dengan rata-rata validasi ahli 86,7% serta respons siswa 89%. Temuan penelitian mengungkap bahwa visualisasi langkah-langkah ibadah melalui video tidak hanya meningkatkan minat belajar, tetapi juga memperkuat pemahaman prosedural Sholat Jumat secara lebih akurat dibanding pembelajaran tekstual. Media video terbukti menjembatani kesenjangan antara teori Fiqih dan praktik ibadah, serta mendorong pembelajaran mandiri siswa di era digital. Implikasi penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar video dapat menjadi alternatif strategis bagi guru Fiqih dalam pembelajaran digital, terutama pada materi ibadah yang menuntut demonstrasi langsung
Downloads
References
Ali, R. (2025). Analisis Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Andriana, T. (2024). Pembelajaran Pai Berbasis Kearifan Lokal. Journal Of Education, 2(2).
Apriliyanti, Y., & Jasiah, J. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Video Pembelajaran Dalam Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. Journal Sains Student Research, 3(1), 366–373.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. (No Title).
Faishol, R., Sidon, B. A., Rochman, T., & Wajdi, M. B. N. (2023). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. MUMTAZ: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 145–156.
Farisi, S. (2024). Media Pembelajaran Guru Fiqih Dalam Menanamkan Ketaatan dan Pemahaman Tata Cara Ibadah Sholat Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 2.
Fehbrina, N., & Ritonga, A. A. (2022). Kreativitas Guru PAI dalam Menerapkan Media Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. 5.
Hanifah, S., Soraya, I., & Kurjum, M. (2025). Optimalisasi Media Video Animasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(2), 1600–1608.
Khoiriyatul Muyassaroh, I., Khamim, S., & Hamami, T. (2023). Pembelajaran Melalui Video Proyek Islami di Madrasah Aliyah: Membangun Kreativitas dan Pemahaman Islam Holistik. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 3(1), 33–47. https://doi.org/10.14421/hjie.2023.31-03
Luluk Fatimah. (2024). Dampak Penerapan Pembelajaran Fikih terhadap Kedisiplinan Shalat Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 291–298. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i1.1123
Munandar, A. (2024). Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Androiduntuk Meningkatkan Prestasi Belajar.
Nasrudin, C. D., & Taufik, M. (2025). Pemanfaatan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Nelsya Winanda, Nafisa Maliqa Maulana, & Cucu Surahman. (2025). Efektivitas Media Visual Dalam Dakwah Islam: Studi Pada Kegiatan Tutorial Pendidikan Agama Islam di UPI. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 334–347. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v3i2.2720
Rachmiati, W. (2021). Video Pembelajaran Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Untuk Mengembangkan Pemahaman Matematis Dan Karakter Religius Siswa SD. 13(01).
Rahayu, P., Marmoah, S., & Budiharto, T. (t.t.). Analisis penerapan prinsip Mayer pada multimedia digital dalam pembelajaran matematika di kelas iv sekolah dasar.
Rais, M. (2025). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. 4(1).
Rosadi, A., Qomaruzzaman, B., & Zaqiah, Q. Y. (2023). Inovasi pembelajaran media video edukasi sebagai upaya meningkatkan efikasi diri pada mata pelajaran PAI. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1876–1883.
Rosadi, A., Rahman, A. A., Aliyah, A., Qomaruzzaman, B., & Zaqiah, Q. Y. (2024). Analysis of School Policy in Improving Religious Character Through Religious Activities" Confiding with Teenagers" at NU Shofiyatul Huda Middle School. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 7(3), 1558–1576.
Sesmiarni, Z. (t.t.). Islamic Education Teacher Professionals In Improving Literacy In The Digital Age.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sukmawati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II SDN Wonorejo 01. Glosains: Jurnal Sains Global Indonesia, 2(2), 49–59.
Tyan Rahayu. (2025). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fiqih di Kelas X MIPA 4 Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 247–259. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v3i2.2664
Wedyawati, N., Febriani, V., & Warkintin, W. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Berbasis Budaya Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipas Materi Energi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(2), 975–985.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Rizal, Jasiah Jasiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








This work is licensed under a