Pengembangan Media Flashcard Digital Interaktif Pada Pelajaran Fiqih Materi Thaharah Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Madrasah Tsanawiyah
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i4.2659Keywords:
Media Pembelajaran, Flashcard, ThaharahAbstract
Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran flashcard digital interaktif pada mata pelajaran Fiqih materi Thaharah untuk meningkatkan pemahaman siswa Madrasah Tsanawiyah terhadap konsep bersuci. Menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, penelitian ini melibatkan 25 siswa kelas VII MTs Darul Amin Palangka Raya. Hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan sangat tinggi, yaitu 92% dari ahli materi dan 88% dari ahli media. Uji efektivitas menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari 63,2 menjadi 86,4 dengan gain score 0,72 (kategori tinggi). Peningkatan ini menegaskan bahwa interaktivitas visual dan fitur kuis pada flashcard digital mampu memperkuat pemahaman konseptual dan keterampilan prosedural siswa dalam praktik bersuci. Kebaruan penelitian ini terletak pada integrasi metode flashcard dengan teknologi interaktif yang mengubah pembelajaran Fiqih dari model hafalan menuju pembelajaran berbasis eksplorasi dan pengalaman digital. Implikasi praktisnya, media ini tidak hanya meningkatkan hasil belajar, tetapi juga menumbuhkan motivasi dan partisipasi aktif siswa serta menjadi alternatif inovatif bagi guru dalam mengimplementasikan transformasi digital di madrasah
Downloads
References
Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2020). Media pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. New York, NY: Springer.
Daryanto, & Karim, S. (2020). Pembelajaran inovatif berbasis teknologi informasi. Yogyakarta: Gava Media.
Fitriani, S. (2023). Efektivitas penggunaan flashcard konvensional dalam pembelajaran hafalan fiqih. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 8(2), 145–157.
Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. Indiana University.
Harun, R., & Rofiq, A. (2024). Pengembangan media pembelajaran modular berbasis digital pada pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara, 6(1), 55–70.
Hidayat, R., Nasution, M., & Fauzan, A. (2024). Gamifikasi dalam pembelajaran digital di madrasah: Studi empiris pada siswa MTs. Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 12(2), 112–124.
Hidayati, N. (2023). Integrasi nilai-nilai Islam dalam media pembelajaran digital. Jurnal Tarbawi: Kajian Pendidikan Islam, 9(2), 88–102.
Husain, A., Asrori, M., & Endang, S. (2020). Model elaborasi bahan ajar thaharah untuk siswa MTs. Neliti.com.
Kamilah, M. (2022). Mentasi media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih kelas VII MTs Darul Ulum Kota Tangerang (Doctoral dissertation, UNUSIA).
Kemendikbudristek. (2020). Kurikulum mata pelajaran fiqih Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.
Kemendikbudristek. (2023). Laporan transformasi digital pendidikan Indonesia. Jakarta: Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan.
KSKK Madrasah. (2023). Laporan statistik pembelajaran madrasah tahun 2023. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kemenag RI.
Kurniawan, R., & Latifah, F. (2022). Implementasi media digital sederhana dalam pembelajaran madrasah di era Merdeka Belajar. Jurnal Al-Tarbawi, 7(1), 41–53.
Lestari, P., & Setiawan, D. (2024). Gamifikasi dan motivasi belajar pada siswa madrasah: Perspektif teknologi pendidikan Islam. EduTech Journal of Islamic Education, 5(1), 19–33.
Mulyatiningsih, E. (2016). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Muhlis, A. (2024). Pengembangan media pembelajaran berbasis Canva pada materi thaharah siswa kelas II SDN 05 Salamae Kota Palopo (Doctoral dissertation, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan).
Muslihah, S. (2022). Tantangan digitalisasi pendidikan Islam di madrasah: Solusi implementatif. Jurnal Transformasi Pendidikan Islam, 8(2), 145–160.
Nasrullah, A., & Halim, M. (2023). Pendekatan konstruktivisme dalam pendidikan Islam: Perspektif teori belajar modern. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 9(3), 210–225.
Pajriah, S., & Budiman, A. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran dual coding terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Jurnal Artefak, 4(1), 77–86.
Pratiwi, D. (2023). Media visual interaktif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa PAI. Jurnal Pendidikan Islam Kreatif, 4(2), 101–115.
Rahmah, M., Misbah, & Azis, R. (2024). Pengembangan bahan ajar fiqih berbasis multimedia interaktif di MTs Islamiyah Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1), 1–15.
Rahmawati, E. (2023). Efektivitas media interaktif terhadap motivasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3), 234–248.
Sugiyono. (2021). Metode penelitian dan pengembangan (R&D). Bandung: Alfabeta.
Suhendar, T., & Rohimah, N. (2023). Dual coding dalam pembelajaran digital: Implikasi terhadap hasil belajar fiqih. Jurnal Teknologi dan Pendidikan Islam, 11(1), 66–78.
Suryani, R., & Ramadhan, Y. (2023). Literasi digital guru madrasah dalam pengembangan media pembelajaran interaktif. Jurnal Pendidikan Islam Al-Afkar, 10(2), 156–170.
UNESCO. (2024). Digital education global report. Paris: UNESCO Publishing.
Utami, D. (2022). Kepraktisan penggunaan media digital dalam pembelajaran Agama Islam di MTs. Jurnal Cendekia Pendidikan Islam, 6(1), 23–37.
Wibowo, H., & Nurjanah, S. (2024). Pengaruh media interaktif terhadap peningkatan pemahaman konseptual siswa madrasah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 15(1), 72–85.
Yuliani, T., & Huda, F. (2024). Transformasi digital madrasah: Implementasi dan tantangan dalam pembelajaran fiqih. Jurnal Pendidikan Islam Rahmatan Lil’alamin, 3(1), 1–15.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Jarir, Jasiah Jasiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








This work is licensed under a