Pengembangan Media Pembelajaran Boardgame Pada Materi Qurban Dan Aqiqah Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa

Authors

  • Rita Juliawati Universitas Islam Negeri Palangkaraya
  • Jasiah Jasiah Universitas Islam Negeri Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i4.2647

Keywords:

Boardgame, pelajaran fiqih, qurban dan aqiqah, keaktifan siswa, pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan sebagai respon terhadap rendahnya keaktifan siswa dalam pembelajaran Fikih, khususnya pada materi qurban dan aqiqah yang selama ini masih didominasi metode ceramah. Kebaruan penelitian ini terletak pada pengembangan boardgame “Board of Knowledge” yang secara khusus dirancang untuk menyajikan materi qurban dan aqiqah dalam bentuk permainan edukatif yang interaktif. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model 4D yang dibatasi pada tahap Define, Design, dan Develop, melibatkan 34 siswa kelas IX MTs Terpadu Berkah Palangkaraya. Hasil validasi ahli mencapai 85% yang menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan, sementara respons siswa sebesar 88,75% menggambarkan peningkatan minat, motivasi, dan keterlibatan mereka dalam pembelajaran. Temuan ini menegaskan bahwa boardgame dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif untuk memperkuat pengalaman belajar Fikih. Secara praktis, media ini dapat digunakan guru untuk menciptakan pembelajaran yang lebih partisipatif, sedangkan secara akademik penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan media berbasis permainan dalam mata pelajaran Fikih

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifah, I., Setiawan, B., & Hakim, S. (2025). Pengembangan Media Belajar Smartcard Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas Viii Di Smpn 1 Jombang Pada Materi Unsur Dan Senyawa. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 7(1), 192–202. https://doi.org/10.29100/.v7i1.5714

Aziza, N. (2024). Pengembangan Board Game Kekayaan Budaya Indonesia Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Kelas Iv Mi Raden Fatah. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 74–87. https://doi.org/10.18860/ijpgmi.v3i1.7698

Drestanta, I. N., Nelvita, W. N., Priskasari, A. D., Latifa, N. K., & Novianto, A. (2025). Pengembangan Media Board Game VOKUBA (Volume Kubus dan Balok) pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 17(01), 577–598.

Hosnia, H., Habiddin, H., & Rudiyanto, R. (2025). Pengembangan Media Board Game “Ekosistem Simbioterra” untuk Memfasilitasi Pemahaman dan Kolaborasi Siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 15(3), 1–8.

Iqbal, M., & Erizar, E. (2025). Metode & Strategi Pembelajaran Active Learning. In PT Nafal Global Nusantara (Vol. 1, Issue 1). http://www.biblioteca.pucminas.br/teses/Educacao_PereiraAS_1.pdf%0Ahttp://www.anpocs.org.br/portal/publicacoes/rbcs_00_11/rbcs11_01.htm%0Ahttp://repositorio.ipea.gov.br/bitstream/11058/7845/1/td_2306.pdf%0Ahttps://direitoufma2010.files.wordpress.com/2010/

Muchtar, R., Bustanul Iman RN, & Amir Faqihuddin Assafari. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Board Game Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Indonesian Journal of Islamic Educational Review, 2(2), 100–110. https://doi.org/10.58230/ijier.v2i2.329

Ningtyas, S. I. (2023). Penggunaan Media Board Game Sebagai Media. Reseacrh and Development Journal of Education, 9(2), 871–880.

Nurrahmah, S. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Materi Qurban dan Aqiqah Melalui Pembelajaran Kooperatif Model TGT Tahun Pelajaran 2021/2022. KASTA : Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya Dan Terapan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.58218/kasta.v1i1.7

Nursirwan, H., Arief, Z. A., & Hartono, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Board Game Zakuma Berbasis Wordwall Di SMP Cendekia Baznas Cibungbulang Kabupaten Bogor. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(3), 51.

Rifai, A. (2018). Pengembangan Media pembelajaran dan Sumber Belajar (Teori dan Praktik). https://repository.syekhnurjati.ac.id/4107/1/Buku Pengembangan Media pembelajaran dan Sumber Belajar.pdf

Rizki Nur Aisah, Dian Nuzulia Armariena, & Marleni. (2024). Pengembangan Board Game Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Iv. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 14(2), 156–162. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v14i2.16032

Saiful Anwar, & Jasiah Jasiah. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Educaplay untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran SKI. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 355–373. https://doi.org/10.61132/jbpai.v3i1.913

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran dengan Model Pengembangan 4D pada Mata Pelajaran Agama Hindu [Development of Learning Video Media with 4D Development Model in Hindu Religion Subjects]. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166.

Downloads

Published

2025-11-29

How to Cite

Rita Juliawati, & Jasiah, J. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Boardgame Pada Materi Qurban Dan Aqiqah Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(4), 1586–1594. https://doi.org/10.61104/jq.v3i4.2647

Issue

Section

Articles