Peran Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMA Negeri 17 Tanjung Jabung Barat

Authors

  • Ani Yuliana Universitas Abdul Chalim Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.2120

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Kedisiplinan, Karakter

Abstract

Kedisiplinan merupakan fondasi penting dalam membentuk karakter siswa yang bertanggung jawab, berakhlak, dan berkomitmen terhadap nilai-nilai Islam. Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah hadir bukan sekadar untuk transfer pengetahuan, tetapi juga sebagai instrumen pembinaan sikap dan perilaku disiplin yang sesuai dengan tuntunan syariat. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui kegiatan keagamaan di SMA Negeri 17 Tanjung Jabung Barat, sekaligus menelaah faktor pendukung dan penghambat dalam implementasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang dianalisis melalui reduksi data, penyajian, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI berperan melalui keteladanan, pemberian nasihat, penegakan aturan, pembiasaan, serta motivasi berkelanjutan sehingga tercipta suasana belajar yang tertib dan religius. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya sinergi antara sekolah, orang tua, dan siswa dalam menginternalisasi nilai disiplin, agar pembentukan karakter tidak hanya berhenti di ruang kelas, tetapi menjadi budaya yang berkelanjutan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid. (2015). Belajar dan pembelajaran. PT Remaja Rosda Karya.

Abin, S. M. (2012). Psikologi kependidikan perangkat sistem pengajaran modul. PT Remaja Rosdakarya.

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25–38.

Akrim. (2020). Ilmu pendidikan dalam perspektif Islam. CV Bildung Nusantara.

Al-Attas, S. M. N. (2018). Islam and secularism. Ta’dib International.

Alhamuddin. (2019). Politik kebijakan pengembangan kurikulum di Indonesia sejak zaman kemerdekaan hingga reformasi (1947–2013). Prenadamedia Group.

Amral, A. (2020). Hakikat belajar dan pembelajaran. Deepublish Publisher.

Dahwadin, & Syifa, F. (2019). Motivasi dan pembelajaran pendidikan agama Islam. CV Mangku Bumi Media.

Djamarah, S. B. (2010). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2017). Strategi belajar mengajar. Rineka Cipta.

Fadhillah, M. (2019). Pendidikan karakter anak usia dini. Ar-Ruzz Media.

Fauzan, F., dkk. (2019). Analisis kurikulum pendidikan agama Islam di Indonesia dan Thailand: Studi kebijakan kurikulum 2013 dan kurikulum 2008 di tingkat SMA. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(2), 177–190.

Gunawan, H. (2017). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasinya. Alfabeta.

Hamid, H., & Saebani, B. A. (2021). Pendidikan karakter perspektif Islam. CV Mustika Setia.

Hasan, N., & Bagir, Z. A. (2022). Education and morality in Indonesian schools: Between ideals and realities. Journal of Moral Education, 51(3), 367–381. https://doi.org/10.1080/03057240.2021.1883692

Hasrudin. (2021). Ilmu pendidikan Islam kontemporer. UIN Press.

Janah, F., dkk. (2022). Kurikulum pendidikan Islam: Hakikat dan komponen pengembangan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 101–115.

Kim, M., & Schallert, D. L. (2022). Teachers as role models: Effects on student discipline and motivation. Teaching and Teacher Education, 113, 103660. https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.103660

Kymlicka, W. (2011). Kewargaan multikultural (F. B. Hardiman, Trans.). Pustaka LP3ES Indonesia.

Lexy, J. M. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Lickona, T. (2020). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.

Martunis, Y. (2018). Profesionalisme guru dan implementasi. Gaung Persada.

Marno, & Idris, M. (2008). Strategi dan metode pengajaran. Ar-Ruzz Media.

Marzuki. (2002). Metodologi riset. BP UII.

Matthew, B. M., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative data analysis: A sourcebook of new methods. Sage Publications.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). Sage Publications.

Mulyasa, E. (2009). Menjadi guru profesional. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2011). Manajemen pendidikan. Alfabeta.

Mulyasa, E. (2020). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Remaja Rosdakarya.

Muhibbin, S. (2008). Psikologi pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Mukhtar. (2013). Metode praktis penelitian deskriptif kualitatif. GP Press.

Naim, N. (2014). Islam dan pluralisme agama. Aura Pustaka.

Nurhasanah, B. (2018). Pendidikan agama Islam di perguruan tinggi umum. Aswaja Presindo.

OECD. (2023). Education at a glance 2023: OECD indicators. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/69096873-en

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. https://www.kemenag.go.id/file/dokumen/PP5507.pdf

Powerdarminta, W. J. S. (2001). Kamus umum bahasa Indonesia (3rd ed.). Balai Pustaka.

Roestiyah, N. K. (2016). Strategi belajar mengajar. Rineka Cipta.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2019). Organizational behavior (18th ed.). Pearson.

Saputra, M., dkk. (2021). Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Subagyo, J. (2006). Metode penelitian dalam teori dan praktek. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kualitatif. Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suparman, T. (2020). Kurikulum dan pembelajaran. CV Sarnu Untung.

Syafi’i, U. B. D. (2010). Strategi belajar mengajar. Rineka Cipta.

Tatang, S. (2012). Ilmu pendidikan. CV Pustaka Setia.

Tuti, R. (2021). Teori pembelajaran dan praktik pendidikan Islam. UIN Press.

UNESCO. (2021). Reimagining our futures together: A new social contract for education. UNESCO Publishing.

Wakhid, A. (2009). Cara mudah mengembangkan profesi guru. Sabda Media.

Wahyuni, S., dkk. (2022). Dasar-dasar pengembangan kurikulum. PT Nasya Expanding Management.

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Widianti. (2019). Implementasi pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai religius pada peserta didik SMP Muhammadiyah 3 Metro Lampung. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 55–67.

Witarsa, & Ruhyana, R. (2021). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasinya. Yrama Widya.

Yamin, M. (2018). Profesionalisme guru dan implementasi. Gaung Persada.

Yuliana, A. (2022). Model kurikulum pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Darul-Hikmah Pamulang Jakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 201–215.

Zaini, M. (2020). Manajemen kurikulum terintegrasi: Kajian di pesantren dan madrasah. Pustaka Ilmu.

Downloads

Published

2025-08-31

How to Cite

Ani Yuliana. (2025). Peran Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMA Negeri 17 Tanjung Jabung Barat. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(3), 1414–1421. https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.2120

Issue

Section

Articles