Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di Era Revolusi Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.935Abstract
Revolusi Industri 4.0 telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam sistem pendidikan. Pendidikan Islam menghadapi tantangan untuk tetap relevan dalam membentuk karakter religius peserta didik di tengah arus digitalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik serta mengidentifikasi strategi yang tepat untuk diterapkan di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kajian pustaka (library research) untuk menggali literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai keimanan, akhlak, dan spiritualitas melalui pendekatan pembelajaran yang holistik dan integratif. Pemanfaatan teknologi, keteladanan guru, serta integrasi nilai-nilai Islam dalam seluruh mata pelajaran merupakan strategi efektif dalam membentuk karakter religius di era digital. Pendidikan Islam juga menjadi penyeimbang dalam menghadapi dampak negatif globalisasi dan teknologi. Kesimpulannya, pendidikan Islam memiliki kontribusi penting dalam membentuk karakter religius peserta didik yang mampu menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0 secara moral dan spiritual.
Downloads
References
Andriyani, R. (2022). Pengaruh Pembiasaan Ibadah terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1), 45–56.
Daryanto dan Karim Syaiful (2018). Pendidikan Karakter di Era Globalisasi, Yogyakarta: Gava Media.
Farida, L. (2021). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Digital di Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 3(2), 102–114
Fauziyah, R. (2021). Adaptasi pendidikan agama Islam di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi, 5(1), 45-60.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Penguatan Pendidikan Karakter, (Jakarta: Kemendikbud, 2017), hlm. 45.
Lestari, S. (2022). Peran Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1), 57–68.
Levina, A., Novoa, P., & Santana, M. (2016). Digital transformation in educational systems: Insights and implications. Journal of Educational Technology & Society, 19(4), 75-88.
Miftahul Jannah (2019). Metode Dan Strategi Pembentukan Karakter Religius yang Ditetapkan di SDTQ-T An Najah Pondok Pesantren cindai Alus Martapura, dalam Al-Madrasah: Jurnal Pendididkan Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 4, No. 1, Juli-Desember. 90.
Moleong, L. J. (2016). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa (2016) Manajemen dan Implementasi Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara.
Mustari (2015). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: PT Remaja Grafindo Persada.
Nurhasanah (2010). “Peran Guru dalam Membentuk Karakter Religius Siswa”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8 No. 2. 143.
Rianawati (2015). Implementasi Nilai-Nilai Karakter pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Tingkat SLTA, Pontianak: IAIN Pontianak Press.
Sari, N. (2021). Integrasi Nilai-nilai Keislaman dalam Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Qodiri, 17(1), 88–99.
Sheikhalizadeh, M., & Piralaiy, S. (2017). The role of digital tools in religious education: Challenges and opportunities. Journal of Religious Education, 42(3), 219-232.
Suryani, N. (2020). Pendidikan agama Islam di era digital: Pengaruh media sosial terhadap karakter siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 13(2), 134-145.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Afni, Aulia Arifa, Herlini Puspika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.