Peran Rumah Baca Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Nesa Gusveriza Putri Universitas Negeri Padang
  • Adrias Adrias Universitas Negeri Padang
  • Aissy Zulkarnaini Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.927

Abstract

Kesenjangan kualitas pendidikan dan terbatasnya akses bahan bacaan di Indonesia mendorong pentingnya kehadiran rumah baca sebagai sarana pembelajaran nonformal untuk meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peran rumah baca dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur dengan pendekatan kualitatif yang mengkaji sumber-sumber akademik terkait peran rumah baca dalam meningkatkan literasi siswa SD. Data dianalisis secara deskriptif-kualitatif dengan mengelompokkan informasi berdasarkan tema utama yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rumah baca berkontribusi positif dalam membentuk kebiasaan membaca pada siswa SD melalui penyediaan bahan bacaan yang menarik dan mudah diakses. Kehadiran rumah baca menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, terutama bagi siswa yang kurang mendapat dukungan literasi di sekolah maupun di rumah. Strategi pengelolaan rumah baca yang efektif, seperti kegiatan membaca bersama dan diskusi buku, terbukti mampu meningkatkan motivasi siswa untuk membaca. Selain itu, rumah baca juga mampu menjembatani kesenjangan akses informasi di daerah yang kurang terjangkau fasilitas pendidikan formal. Jadi Rumah baca memiliki peran signifikan dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar dengan menyediakan akses literasi yang inklusif dan menarik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ama, R,. G,. T. (2024). Membangun Minat Baca pada Siswa Sekolah Dasar (Banyumas: Pena Persada), 23-27

Amri, F. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Membaca Siswa Kelas V

Se- Kecamatan Pandak Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi

, 2068

Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2 (1), 2

Indriyani, I., Raharjo, T. J., & Ilyas. (2017). Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat dalam Kemajuan Literasi pada Pondok Maos Guyub Kendal. Journal of Nonformal Education, 3(2), 132–139.

Istikomah, I. (2019). Peran Rumah Baca Nusa Pustaka Dalam Meningkatkan Minat

Baca Anak Sekolah Dasar (SD) Di Pambusuang. Emanasi: Jurnal Ilmu Keislaman Dan Sosial, 1–16.

Jannah, R,. I & Nisa, A,. K. (2023). Peranan Rumah Baca Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Kota Genteng. Literatify: Trends in Library Developments, 4 (1), 13-14

Ramadhanti, A,. Al bahij, A & Mufida, L. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Baca di Sekolah Dasar Tinjauan dari Perspektif Siswa dan Guru. Jurnal Universitas Muhammadiyah Jakarta, 1254

Sari, F., P. (2023). Peran Rumah Belajar Literasi Cahaya Permata dalam Peningkatan Minat Baca Anak di Desa Sukabaru Ketapang. Jurnal Pengabdian kepada

Masyarakat, 1 (1), 36

Suryaman, Qomaria, I,. N & Sari, T,. P. (2022). Pemberdayaan Rumah Baca Pelangi Sebagai Sarana Meningkatkan Literasi Membaca Anak Di Desa Palaan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3 (3), 305-306

Suwanto, S, A. (2017). Pengelolaan TBM Sebagai Sarana Meningkatkan Minat Baca

Masyarakat. Jurnal Universitas Diponegoro, 1 (1), 19-22

Syarqawi, dkk. (2022). Upaya Peningkatan Minat Membaca melalui Rumah Baca pada Anak di Desa Stabat Lama. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4 (4), 2148-2149

Downloads

Published

2025-05-01

How to Cite

Nesa Gusveriza Putri, Adrias Adrias, & Aissy Zulkarnaini. (2025). Peran Rumah Baca Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar . QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(2), 521–530. https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.927

Issue

Section

Articles