Peran Rumah Baca Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.927Abstract
Kesenjangan kualitas pendidikan dan terbatasnya akses bahan bacaan di Indonesia mendorong pentingnya kehadiran rumah baca sebagai sarana pembelajaran nonformal untuk meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peran rumah baca dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur dengan pendekatan kualitatif yang mengkaji sumber-sumber akademik terkait peran rumah baca dalam meningkatkan literasi siswa SD. Data dianalisis secara deskriptif-kualitatif dengan mengelompokkan informasi berdasarkan tema utama yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rumah baca berkontribusi positif dalam membentuk kebiasaan membaca pada siswa SD melalui penyediaan bahan bacaan yang menarik dan mudah diakses. Kehadiran rumah baca menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, terutama bagi siswa yang kurang mendapat dukungan literasi di sekolah maupun di rumah. Strategi pengelolaan rumah baca yang efektif, seperti kegiatan membaca bersama dan diskusi buku, terbukti mampu meningkatkan motivasi siswa untuk membaca. Selain itu, rumah baca juga mampu menjembatani kesenjangan akses informasi di daerah yang kurang terjangkau fasilitas pendidikan formal. Jadi Rumah baca memiliki peran signifikan dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar dengan menyediakan akses literasi yang inklusif dan menarik
Downloads
References
Ama, R,. G,. T. (2024). Membangun Minat Baca pada Siswa Sekolah Dasar (Banyumas: Pena Persada), 23-27
Amri, F. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Membaca Siswa Kelas V
Se- Kecamatan Pandak Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi
, 2068
Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2 (1), 2
Indriyani, I., Raharjo, T. J., & Ilyas. (2017). Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat dalam Kemajuan Literasi pada Pondok Maos Guyub Kendal. Journal of Nonformal Education, 3(2), 132–139.
Istikomah, I. (2019). Peran Rumah Baca Nusa Pustaka Dalam Meningkatkan Minat
Baca Anak Sekolah Dasar (SD) Di Pambusuang. Emanasi: Jurnal Ilmu Keislaman Dan Sosial, 1–16.
Jannah, R,. I & Nisa, A,. K. (2023). Peranan Rumah Baca Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Kota Genteng. Literatify: Trends in Library Developments, 4 (1), 13-14
Ramadhanti, A,. Al bahij, A & Mufida, L. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Baca di Sekolah Dasar Tinjauan dari Perspektif Siswa dan Guru. Jurnal Universitas Muhammadiyah Jakarta, 1254
Sari, F., P. (2023). Peran Rumah Belajar Literasi Cahaya Permata dalam Peningkatan Minat Baca Anak di Desa Sukabaru Ketapang. Jurnal Pengabdian kepada
Masyarakat, 1 (1), 36
Suryaman, Qomaria, I,. N & Sari, T,. P. (2022). Pemberdayaan Rumah Baca Pelangi Sebagai Sarana Meningkatkan Literasi Membaca Anak Di Desa Palaan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3 (3), 305-306
Suwanto, S, A. (2017). Pengelolaan TBM Sebagai Sarana Meningkatkan Minat Baca
Masyarakat. Jurnal Universitas Diponegoro, 1 (1), 19-22
Syarqawi, dkk. (2022). Upaya Peningkatan Minat Membaca melalui Rumah Baca pada Anak di Desa Stabat Lama. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4 (4), 2148-2149
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nesa Gusveriza Putri, Adrias Adrias, Aissy Zulkarnaini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.