Penerapan Metode Appreciative Inquiry Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Dalam Pelatihan Kewirausahaan

Authors

  • Fauziah Sri Wahyuni Universitas Tanjungpura, Kota Pontianak, Kalimantan Barat
  • Patrisia Rahayu Utami Universitas Tanjungpura, Kota Pontianak, Kalimantan Barat
  • Muhammad Nur Imanulyaqin Universitas Tanjungpura, Kota Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.924

Abstract

Rendahnya keaktifan peserta menjadi salah satu masalah pada proses pelaksanaan program pelatihan dan pendidikan entrepreneur langit di Doktor Parfum Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan peserta pada program pelatihan kewirausahaan melalui metode Appreciative Inquiry. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan enam peserta sebagai partisipan. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan dokumentasi, dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Appreciative Inquiry meningkatkan keaktifan peserta dari 80,30% (Siklus 1) menjadi 90,70% (Siklus 3), dengan peningkatan signifikan pada partisipasi diskusi (42%), perencanaan usaha kreatif, dan interaksi fasilitator-peserta. Siklus 4-D Appreciative Inquiry (Discovery-Dream-Design-Destiny) berhasil membangun pengetahuan kolaboratif, sesuai prinsip andragogi dan konstruktivisme sosial. Kesimpulan Appreciative Inquiry mengubah pelatihan pasif menjadi pembelajaran partisipatif berbasis kekuatan yang terbukti meningkatkan keaktifan peserta serta merekomendasikan integrasinya dalam pendidikan kewirausahaan nonformal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, A. M. (2019). Pemberdayaan Komunitas Berbasis Appreciative Inquiry Di Pulau Tubeket Mentawai Sumatra Barat. Jurnal Bina Ummat: Membina dan Membentengi Ummat, Volume 2 (Nomor 01), 107–128. https://doi.org/https://doi.org/10.38214/jurnalbinaummatstidnatsir.v2i01.41

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Clandinin, D. J., & Connelly, F. M. (2000). Narrative inquiry: Experience and story in qualitative research. Jossey-Bass.

Cooperrider, D. L., & Whitney, D. (2005). Appreciative inquiry: A positive revolution in change. Berrett-Koehler.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design (5 ed.). SAGE.

Edwardsyah, E., Suryana, Y., & Danuwijaya, A. A. (2021). Strength-based training for SME development. Journal of Entrepreneurship Education, 24(3), 1–15.

Kamaruzaman, Rahman, A., Alfan Sidik, M., Firdaus, Sudanto, Lumintang, A., Vathul Jannah, W., & Aulia Bidari, D. (2022). Peningkatan Minat Bakat dan Kemampuan Berwirausaha Komunitas Pebisnis Muda Melalui Pelatihan Kewirausahaan. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 978–986. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i4.11030

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner. Springer.

Knowles, M. S. (1984). Andragogy in action. Jossey-Bass.

Mertler, C. A. (2011). Action research: Improving schools and empowering educators (3 ed.). SAGE.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaäna, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4 ed.). SAGE.

Nadilia, U. (2024). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Metode Picture And Picture Pada Mata Pelajaran Fiqih. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.61104/jq.v2i1.150

Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tentang Standar Nasional Pendidikan. (2022). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2022, 1–16. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/196151/pp-no-4-tahun-2022

Prasetyo, A. R., H, D. E., & Ardhiani, L. (2020). Appreciative Inquiry Training to Improve Career Maturity as a Working Capital in Students. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 9(2), 84–97. https://doi.org/10.12928/jehcp.v9i2.14231

Resdasari, E., Sutanto, E. M., & Hidayat, A. (2020). Appreciative inquiry training improves career maturity in university students. Journal of Educational and Social Research, 10(3), 45–56.

Therik, W. M. (2019). Appreciative inquiry for community transformation. Routledge.

Whitney, D., & Trosten-Bloom, A. (2016). The power of appreciative inquiry (2 ed.). Berrett-Koehler.

Wibowo, A., Suryana, & Kaltum, U. (2020). Appreciative inquiry-based entrepreneurship training for SMEs. Journal of Entrepreneurship Education, 23(4), 1–12.

Wibowo, H., Rusyidi, B., & Irfan, M. (2020). Workshop Appreciative Inquiry dan Pelatihan Kewirausahaan untuk Membangun Etos Wirausaha Islam Pelaku UMKM Desa Cibodas Kabupaten Bandung tindakan yang mendorong individu melakukan aksi kreatif dan inovatif yang disertai besar sebagai energi untuk membang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 216–225.

Downloads

Published

2025-05-01

How to Cite

Sri Wahyuni, F., Patrisia Rahayu Utami, & Muhammad Nur Imanulyaqin. (2025). Penerapan Metode Appreciative Inquiry Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Dalam Pelatihan Kewirausahaan. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(2), 491–501. https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.924

Issue

Section

Articles