Analisis Minat Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 39 Lubuk Linggau

Authors

  • Angelia Dwi Astuti Universitas PGRI Silampari
  • Yunita Appriyana Universitas PGRI Silampari
  • Episiasi Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.619

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis minat matematika siswa kelas IV SD Negeri 39 Lubuklinggau menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif persentase. Seluruh siswa kelas IV menjadi populasi, dengan kelas IV A yang dipilih sebagai sampel. Instrumen yang digunakan adalah angket non-tes, yang memiliki 10 pernyataan yang dirancang guna melakukan pengukuran terhadap peningkatan minat siswa melalui penerapan model pembelajaran TGT. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan angket. Berdasarkan hasil kuesioner bahwa tiga dari empat indikator yang diuji memperoleh hasil yang tinggi. Seperti rasa senang yang mendapat presentase sebesar 100%, ketertarikan untuk belajar sebesar 87%, menunjukkan perhatian saat belajar dan keterlibatan dalam belajar yang memperoleh sama besar 64%. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diketahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) pada peserta didik kelas IV dapat meningkatkan minat belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Crismasanti, Y. D. (2017). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika melalui Tipe Soal Open Ended pada Materi Pecahan (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW).

Delina, Afrilianto, M., & Rohaeti, E. E. (2018). Confidence Siswa Smp Melalui Pendekatan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inofatif, 1(3), 281–288. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.281-288

Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi tujuan pembelajaran matematika di tingkat SD/MI. Jakarta:Depdiknas.

Dwi Utami, W. Y. (2013). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Permainan TekaTeki. Jiv, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.21009/jiv.0801.1

Flora Siagian, R. E. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Junal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122-131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93

Fonna, M., &Mulyadi, R. (2021). Analisis Self-Esteem Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Dewantara dalam Pembelajaran Matematikadi Masa Pandemi Covid-19. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 2 (1), 11-18.

Hikmah, M., Anwar, Y., & Hamid, R. (2018). Penerapan model pembelajaran team games tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi dunia hewan kelas X di SMA Unggul Negeri 8 Palembang. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya, 5(1), 46-55.

Koriaty, S., &Agustini, M. D. (2016) Pengembangan Model Pembelajaran Game Edukasi Untuk Meningkatkan Minat Siswa Kelas X TKL SMK 7 Pontianak. Jurnal Edukasi, 14(2), 277-288.

Nirmalasari, J. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Tgt (Teams Games Tournament) Terhadap Kemampuan Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Siswa Kelas X Bahasa Sma Negeri 1 Driyorejo Gresik. Mahasiswa Mandarin Unesa, 1-6. Retrieved from

https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mandarin/article/view/15862

Nurhayati, N., Egok, A. S., & Aswarliansyah, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9118-9126.

Purnamasari, Y. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) The Influence Of Teams Games-Tournament (Tgt) Cooperative Learning On Self Regulated Learning As Well As Mathematical Reasoning And Connection Abilities Of SMPN 1 Tasikmalaya Student. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1).

Puspita, T., & Fauziah, I. R. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa Smp Kelas Viii Di Kota Bandung Terhadap Pembelajaran Matematika. Journal on Education, 01(02), 174–178.

Rohmasari, D. N. (2017). Minat Siswa Terhadap Pelajaran Matematika dan Hubungannya Dengan Metode Pembelajaran dan Efikasi Diri.

Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri Karangroto 04 Semarang. Mimbar Ilmu, 23(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16494

Solihah, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1).

Sugiyono, F. X. (2017). Neraca Pembayaran: Konsep, Metodologi dan Penerapan (Vol. 4). Pusat Pendidikan Dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:CV Alfabeta.

Widyaningsih, F., & Sanusi, N. M. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament ( TGT ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Pecahan. Jkpm, 1(2), 17–23.

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Angelia Dwi Astuti, Yunita Appriyana, & Episiasi. (2025). Analisis Minat Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 39 Lubuk Linggau. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 3(1), 172–179. https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.619

Issue

Section

Articles