Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Berbasis Merill's First Principles of Instruction Dalam Mata Pelajaran Al-Quran Hadist
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.615Abstract
Pembelajaran Al-Qur'an Hadist di MTs Darul Amin Palangkaraya menghadapi berbagai tantangan, termasuk rendahnya perhatian siswa terhadap nilai-nilai spiritual, kesulitan dalam memahami materi, serta rendahnya motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan modul ajar berbasis Merrill’s First Principles of Instruction, yang mencakup lima prinsip utama: pembelajaran berbasis masalah, aktivasi pengetahuan awal, demonstrasi, aplikasi, dan integrasi ke kehidupan nyata. Metode penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D), dengan fokus pada tahap analisis kebutuhan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru membutuhkan modul ajar yang interaktif, kontekstual, dan mampu menyesuaikan dengan kemampuan siswa. Siswa membutuhkan pembelajaran yang lebih menarik serta aktivitas yang mendukung pengembangan karakter dan keterampilan sosial. Dengan menerapkan prinsip-prinsip Merrill’s First Principles of Instruction, modul ajar dapat membantu meningkatkan pemahaman, motivasi, dan keaktifan siswa dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadist.
Downloads
References
Aji Silmi, T., & Hamid, A. (2023). Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis
Teknologi. Inspiratif Pendidikan, 12(1), 69–77.
https://doi.org/10.24252/ip.v12i1.37347
Fatmona, R. (2022). Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Al-Qur ’ an
Hadits Studi Kasus di Kelas IXA MTsN 1 Kepulauan Sula Rahma Fatmona
pendidikan Islam , khususnya di tingkat Madrasah Tsanawiyah ( MTs ). Mata yang
lebih inovatif dan efisien. ajaran Al-Qur’an. 8(2), 167–180.
Fayrus, & Slamet, A. (2022). Model Penelitian Pengembangan (R n D).
Fitriyani, T., & Saifullah, I. (2020). Analisis Kurikulum Mata Pelajaran Al-Qur’an
Hadis Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(2), 355.
https://doi.org/10.52434/jp.v14i2.1003
Hao, H., & Yamada. (2021). Review of Research on Content and Language Integrated
Learning Classes from the Perspective of the First Principles of Instruction. 1(1).
Islahiyah, I., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2021). Analisis Kebutuhan E-Modul
Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Barisan dan
Deret Kelas XI SMA. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran
Matematika, 3(1), 47. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v3i1.11135
Kasi, R. (2022). Pembelajaran Aktif : Mendorong Partisipasi Siswa. Jurnal
Pembelajaran, 1(1), 1–12.
Lau, E., Lei, C. U., Ng, J., Lui, K. S., Lam, K. H., Hew, T. K. H., & Tam, V. (2020).
Designing an autonomous vehicle system design course for COVID-19 remote
learning under first principles of instruction framework. Proceedings of 2020
IEEE International Conference on Teaching, Assessment, and Learning for
Engineering, TALE 2020, December, 460–466.
https://doi.org/10.1109/TALE48869.2020.9368449
Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka.
Tarbawi, 5(2), 130–138.
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan
Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA:
Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480.
https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925
Nurhasanah, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sejarah
Perkembangan Islam Berbasis Macromedia Flash 8 untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Mahasiswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu
Pendidikan, 2(3), 148–1533. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1960
Puspitasari, N., Relistian. R, L., & Yusuf, R. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam
Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik. Atta’dib Jurnal
Pendidikan Agama Islam, 3(1), 57–68.
https://doi.org/10.30863/attadib.v3i1.2565
Salsabila, I. I., Jannah, E., & Juanda. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum
Merdeka. 3(1), 33–41.
Susanti, S., Aminah, F., Assa’diah, I. M., Aulia, M. W., & Angelika, T. (2024). Dampak
Negatif Metode Pengajaran Monoton Terhadap Motivasi Belajar Siswa.
PEDAGOFIK Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(2), 86–93.
Yuisman, D., & Juliana, R. (2024). Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka. NUR EL-ISLAM: Jurnal
Pendidikan dan Sosial Keagamaan, 10(2), 278–306.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Meli Tri Khasanah, Jasiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.