Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Berbasis Merill's First Principles of Instruction Dalam Mata Pelajaran Al-Quran Hadist

Authors

  • Meli Tri Khasanah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya
  • Jasiah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.615

Abstract

Pembelajaran Al-Qur'an Hadist di MTs Darul Amin Palangkaraya menghadapi berbagai tantangan, termasuk rendahnya perhatian siswa terhadap nilai-nilai spiritual, kesulitan dalam memahami materi, serta rendahnya motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan modul ajar berbasis Merrill’s First Principles of Instruction, yang mencakup lima prinsip utama: pembelajaran berbasis masalah, aktivasi pengetahuan awal, demonstrasi, aplikasi, dan integrasi ke kehidupan nyata. Metode penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D), dengan fokus pada tahap analisis kebutuhan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru membutuhkan modul ajar yang interaktif, kontekstual, dan mampu menyesuaikan dengan kemampuan siswa. Siswa membutuhkan pembelajaran yang lebih menarik serta aktivitas yang mendukung pengembangan karakter dan keterampilan sosial. Dengan menerapkan prinsip-prinsip Merrill’s First Principles of Instruction, modul ajar dapat membantu meningkatkan pemahaman, motivasi, dan keaktifan siswa dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadist.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji Silmi, T., & Hamid, A. (2023). Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis

Teknologi. Inspiratif Pendidikan, 12(1), 69–77.

https://doi.org/10.24252/ip.v12i1.37347

Fatmona, R. (2022). Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Al-Qur ’ an

Hadits Studi Kasus di Kelas IXA MTsN 1 Kepulauan Sula Rahma Fatmona

pendidikan Islam , khususnya di tingkat Madrasah Tsanawiyah ( MTs ). Mata yang

lebih inovatif dan efisien. ajaran Al-Qur’an. 8(2), 167–180.

Fayrus, & Slamet, A. (2022). Model Penelitian Pengembangan (R n D).

Fitriyani, T., & Saifullah, I. (2020). Analisis Kurikulum Mata Pelajaran Al-Qur’an

Hadis Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(2), 355.

https://doi.org/10.52434/jp.v14i2.1003

Hao, H., & Yamada. (2021). Review of Research on Content and Language Integrated

Learning Classes from the Perspective of the First Principles of Instruction. 1(1).

Islahiyah, I., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2021). Analisis Kebutuhan E-Modul

Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Barisan dan

Deret Kelas XI SMA. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran

Matematika, 3(1), 47. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v3i1.11135

Kasi, R. (2022). Pembelajaran Aktif : Mendorong Partisipasi Siswa. Jurnal

Pembelajaran, 1(1), 1–12.

Lau, E., Lei, C. U., Ng, J., Lui, K. S., Lam, K. H., Hew, T. K. H., & Tam, V. (2020).

Designing an autonomous vehicle system design course for COVID-19 remote

learning under first principles of instruction framework. Proceedings of 2020

IEEE International Conference on Teaching, Assessment, and Learning for

Engineering, TALE 2020, December, 460–466.

https://doi.org/10.1109/TALE48869.2020.9368449

Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka.

Tarbawi, 5(2), 130–138.

Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan

Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA:

Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480.

https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925

Nurhasanah, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sejarah

Perkembangan Islam Berbasis Macromedia Flash 8 untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Mahasiswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu

Pendidikan, 2(3), 148–1533. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1960

Puspitasari, N., Relistian. R, L., & Yusuf, R. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam

Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik. Atta’dib Jurnal

Pendidikan Agama Islam, 3(1), 57–68.

https://doi.org/10.30863/attadib.v3i1.2565

Salsabila, I. I., Jannah, E., & Juanda. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum

Merdeka. 3(1), 33–41.

Susanti, S., Aminah, F., Assa’diah, I. M., Aulia, M. W., & Angelika, T. (2024). Dampak

Negatif Metode Pengajaran Monoton Terhadap Motivasi Belajar Siswa.

PEDAGOFIK Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(2), 86–93.

Yuisman, D., & Juliana, R. (2024). Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam

Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka. NUR EL-ISLAM: Jurnal

Pendidikan dan Sosial Keagamaan, 10(2), 278–306.

https://doi.org/10.51311/nuris.v10i2.504

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Meli Tri Khasanah, & Jasiah. (2025). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Berbasis Merill’s First Principles of Instruction Dalam Mata Pelajaran Al-Quran Hadist. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 3(1), 24–30. https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.615

Issue

Section

Articles