Problematika dan Solusi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di Kelas III Sekolah Dasar Perti Padang
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.608Abstract
Pendidikan sangat penting bagi setiap individu dalam meningkatkan pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis problematika dan solusi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas III di Sekolah Dasar PERTI Padang. Untuk memudahkan proses penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis peroleh menunjukan bahwa kurikulum merdeka sudah diterapkan di Sekolah Dasar PERTI Kota Padang. Problematika yang terdapat di Sekolah Dasar PERTI Kota Padang, yaitu kurangnya motivasi perserta didik terhadap materi ajar, materi ajar kelas III BAB I kurang dipahami peserta didik, dan kurangnya alokasi waktu pembelajaran. Sedangkan solusinya, yaitu pelatihan dan pengembangan professional, penggunaaan media pembelajaran, meningkatkan motivasi peserta didik, dan kolaborasi dengan orang tua.
Downloads
References
Amalia, J., & Achadi, M. W. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Materi PAI pada Kelas 10 SMK Negeri 1 Depok Yogyakarta. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i1-3
Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas dan Peran Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 40–50. https://doi.org/10.33654/jpl.v17i1.1803
Aulia, M. H., Fakhruddin, A., & Surahman, C. (2024). Pemetaan Capaian Pembelajaran Dan Materi Ajar Pai Dan Budi Pekerti Elemen Al-Quran Dalam Kurikulum Merdeka. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 103–117. https://doi.org/10.47498/tadib.v16i1.3138
Azis, A., Rosyadi, R., & Andriana, N. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar dengan Storybook Berbasis Al-Qur’an di Sekolah Dasar Fase A. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i2.971
Dahniar, D. (2021). Problematika Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Guru, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i2.230
Hanafie, I., Fauzan, U., & Malihah, N. (2024). Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Kerangka Berpikir Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran PAI Jenjang SMA pada Kurikulum Merdeka. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 18(2), Article 2.
Helaluddin, & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Hidayati, N., Yusuf, A., Nasir, M., & Kirom, A. (2023). Relevansi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan Dimensi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.22
Inkiriwang, R. R. (2020). Kewajiban negara dalam penyediaan fasilitas pendidikan kepada masyarakat menurut undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidkan nasional. Lex Privatum, 8(2). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/lexprivatum/article/view/29792
Jadidah, A. (2021). Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam: Problematika dan Solusi. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v6i1.4347
Khalijah, S., & Zuliana, Z. (2024). Analisis Isi Materi Pendidikan Agama Islam pada Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.956
Marwah, R. S. (2023). Problematika Pendidikan Agama Islam dan Upaya Merespon Perkembangan Abad 21. Islamic Journal of Education, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.54801/ijed.v2i2.195
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Ramadhon, R., & Khoiriyadi, I. (2021). Problematika Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.56832/edu.v1i2.39
Setiawan, A. A., Johan. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Susilowati, E. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132.
Tsalitsa, A., Putri, S. N., Rahmawati, L., Azlina, N., & Fawaida, U. (2020). Problematika Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum Tingkat SMA. Tarbawiyah : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v4i1.1950
Yoni, I. (2020). Permasalahan Pembelajaran PAI dan Solusinya di SD 1 Peganjaran. Al Hikmah: Journal of Education, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.54168/ahje.v1i1.4
Zahir, A., Nasser, R., Supriadi, S., & Jusrianto, J. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SD Kabupaten Luwu Timur. Jurnal IPMAS, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.54065/ipmas.2.2.2022.228
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nabilah Jihana, Sasmi Nelwati, Misra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.