Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Bilangan Cacah di Sekolah Dasar (SD) Daarut Tauhiid Batam
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.439Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pendekatan kontekstual diterapkan dalam pengajaran bilangan cacah di SD Daarut Tauhiid Batam. Pendekatan ini dipilih untuk mempermudah siswa dalam memahami konsep bilangan cacah melalui konteks kehidupan sehari-hari, dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu yang melibatkan siswa kelas 1 dan 2 di SD Daarut Tauhiid Batam sebagai sampel. Data diperoleh melalui tes pemahaman konsep bilangan cacah sebelum dan sesudah penerapan pendekatan kontekstual, serta kuesioner motivasi belajar siswa. Hasil analisis statistik menunjukkan adanya peningkatan yang berarti dalam pemahaman konsep bilangan cacah setelah penerapan pendekatan ini. Pendekatan kontekstual juga terbukti berdampak positif terhadap motivasi belajar siswa. Temuan penelitian ini membuktikan bahwa pendekatan kontekstual efektif dalam meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa pada pembelajaran bilangan cacah di tingkat sekolah dasar.
Downloads
References
Andayani, E., & Hidayat, R. (2020). Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Handayani, T., & Yulianti, M. (2018). Implementasi pendekatan kontekstual untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika ditingkat sekolah dasar. Jakarta: Universitas Terbuka Press.
Nugraha, I., & Sari, R. (2021). Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2).
Pratama, F., & Wulandari, N. (2020). Pengaruh pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 14(4).
Putri, A. M., & Rizki, F. (2021). Peningkatan pemahaman konsep bilangan cacah melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1).
Rahmawati, S., & Pratama, Y. (2023). Efektivitas pendekatan kontekstual dalam pengajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2).
Santoso, D. (2019). Metode pengajaran matematika di sekolah dasar. Bandung: Alfabeta.
Suharto, R. (2021). Analisis penerapan pendekatan kontekstual dalam pengajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 12(1).
Wahyuni, L. (2022). Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(3).
Yuliana, S. (2019). Pembelajaran matematika berbasis kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 10(2).
Saputra, T. (2019). Metode pembelajaran aktif dan kontekstual dalam pendidikan dasar. Bandung: Alfabeta.
Ramdani, D. (2021). Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(3).
Rusman. (2022). Model-Model Pembelajaran: Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, W. (2023). Model Pembelajaran dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Prenada Media.
Siswono, T. Y. E. (2020). Strategi Pembelajaran Matematika Berbasis Inquiry. Yogyakarta: Deepublish.
Supriyadi, S. (2022). Penerapan Model Problem-Based Learning dalam Pengajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1)
Trianto, T. (2021). Model Pembelajaran Inovatif yang Berbasis Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Yulianti, S. (2019). Pembelajaran Inovatif untuk Pendidikan Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Yuliana, R. (2022). Inovasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan, 10(2)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Isropil Siregar, Anisa Lutvi Mahfurin, Bitcar Batubara; Putri Andini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.