Konsep Pemikiran Al Ghazali Dalam Pendidikan Agama Islam Era Society 5.0

Authors

  • Choirul Anam Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
  • M. Zainul Muqorrobin Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
  • Candra Pernama Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
  • Tamrin Fathoni Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.318

Abstract

Kemudahan penggunaan teknologi digital mempengaruhi semua orang di masyarakat di era masyarakat 5.0. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan konsep pemikiran al-ghazali dalam pendidikan agama islam era society 5.0. Pendekatan penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan, dimana selutuh data diambil melalui buku dan jurnal ilmiah, dengan analisis data reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa pemikiran Imam al-Ghazali mengenai gagasan pendidikan masih tepat dan layak diterapkan di era society 5.0, terbukti dengan banyaknya aspek yang masih bisa dimanfaatkan dan relevan dengan situasi yang dihadapi. Tantangan dan permasalahan yang dihadapi dalam hal ini sangat berbeda. Saat ini, pendidik harus fokus pada pentingnya penanaman nilai-nilai karakter. Dalam masyarakat 5.0, peran pendidik sangat penting dalam memanfaatkan media yang lengkap, canggih, dan mutakhir seperti laptop dan komputer dengan perangkat medianya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Devi Syukri Azhari, Mustapa, ‘Konsep Pendidikan Islammenurut Imam Al-Ghazali’, Jurnal ReviewPendidikan Dan Pengajaran, Volume 4.2 (2021) <https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/2865/1869>

Didi Supardi, Abdul Ghofar, Mahbub Nuryadien, ‘Konsep Pendidikan Moral Imam Al Ghazali Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam Di Indonesia’, Jurnal Al Tarbawi Al Haditsah, 1.2 (2016) <https://jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1235>

Moh. Zaini, Noorthaibah, Siti Julaiha, ‘Pendidik Dalam Perspektif Iimam Al Ghazali Dan Relevansinya Di Era Society 5.0’, Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, Vol. 11(1).1 (2024), 174–93 <https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/EDUSAINTEK/article/view/1001/659>

Muhammad Nasikin, Khojir, ‘Rekonstruksi Pendidikan Islam Di Era Society 5.0’, Cross-Border, 4.2 (2021) <https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/977/783>

PUTRA, ARY ANTONY, ‘Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al-Ghazali’, Jurnal Al-Thariqah, 1.1 (2016) <https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/617/319>

Putra, Pristian Hadi, ‘Tantangan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Society 5.0’, Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19.02 (2019), 99–110 <https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.458>

Ulayan nasri, M. TAbibuddin, ‘Paradigma Moderasi Beragama: Revitalisasi Fungsi Pendidikan Islam Dalam Konteks Multikultural Perspektif Pemikiran Imam Al-Ghazali’, Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8.4 (2023)

Downloads

Published

2024-08-03

How to Cite

Anam, C., Muqorrobin, M. Z., Pernama, C., & Fathoni, T. (2024). Konsep Pemikiran Al Ghazali Dalam Pendidikan Agama Islam Era Society 5.0. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 2(2), 73–79. https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.318

Issue

Section

Articles