Pengaruh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Terhadap Akhlak Siswa

Authors

  • Maisun Nurrotul Jannah UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten
  • Fitri Hilmiyati UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Juhji UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.311

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh projek penguatan profil pelajar pancasila gaya hidup berkelanjutan terhadap akhlak siswa. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survei dan di analisis melalui regresi linear sederhana. Penelitian dilakukan pada siswa kelas 5 dan kelas 6 SDN Gorowong 05 Parungpanjang, Kabupaten Bogor tahun ajaran 2023-2024. Sebanyak 77 siswa menjadi sampel pada penelitian ini karena jumlah populasi kurang dari 100 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Projek penguatan profil pelajar pancasila tema gaya hidup berkelanjutan terhadap akhlak siswa fase C hal ini berdasarkan pada hasil penelitian yang telah didapat dan diuji melalui aplikasi IBM SPSS Statistics version 23 diperoleh hasil t hitung sebesar 5,781 lebih besar dari t tabel 1,665 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan diperoleh persamaan Y = 35,845 + 0,583X Koefisien regresi tersebut bernilai positif, dapat dikatakan bahwa arah pengaruh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tema gaya hidup berkelanjutan  terhadap variabel Akhlak siswa  adalah positif shingga Ha diterima dan H0 ditolak dan didapat bahwa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tema gaya hidup berkelanjutan (X) berpengaruh sebesar 30,8% terhadap variabel Akhlak siswa (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrew, dkk. (2021). Metodologi Penelitian Ilmiah. Medan: Yayasan Kita Menulis

Hidayat, Muhammad Ahsan, dkk. (2023). Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Degradasi Moral. Journal Of Mult Multidisciplinary Studies, No.1

Jariyah, Siti Ainun. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, Vol. 1, No. 1

Mahalia, Mari. (2022). Membangun Karakter Pelajar Pancasila Melalui Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. BAHUSACCA: Pendidikan Dasar Dan Manajemen Pendidikan, Vol. 3, No. 2

Musta’inuz Zahrah and Latifatul Inayati. Pengaruh (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) P5 Dalam Pembelajaran PAI Terhadap Pembentukan Akhlak Siswa Di SMPN 1 Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2023/2024.

Rachmawati, Nugraheni, dkk. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 6, No. 3

Sugianto, Endang Wahju, dkk. ( 2018). Metodologi Penelitian Sosial: Teori dan Praktik. STAIN Kediri Press: Jawa Timur

Sumiarti, dkk. (2021). Tujuan Pendidikan Islam Menurut Al-Ghazali Ditinjau Dari Perspektif Hadis. El-Sunnah: Jurnal Kajian Hadis Dan Integrasi Ilmu Vol. 1, No. 2

Supriyadi, Edi. (2017). Pengembangan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Pendidikan Teknik Boga Busana, Vol. 5, No. 1

Suyono. (2018). Analisis Regresi Untuk Penelitian. Jakarta: deepublish

Yulia, Halimatun.dkk. (2021). Potret Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Akhlak Pada Peserta Didik. Jurnal Taushiah FAI UISU, Vol. 11, No. 2.

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Jannah, M. N., Hilmiyati, F., & Juhji. (2024). Pengaruh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Terhadap Akhlak Siswa. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 2(2), 64–72. https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.311

Issue

Section

Articles