Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.310Abstract
Pendidikan memiliki peran yang sangat berpengaruh dalam membentuk karakter peserta didik di setiap era, termasuk di era revolusi industri 4.0. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan karakter siswa melalui pendidikan agama Islam di sekolah. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan jenis studi pustaka (library research), teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi pada buku dan jurnal ilmiah, dengan teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter siswa melalui pendidikan agama Islam dibentuk dengan pembelajaran akidah sebagai dasar agama, pembelajaran al-qur an dan hadits sebagai pedoman hidup dan sebagai pedoman hukum dalam beribadah, dan pembelajaran akhlak sebagai pedoman. memandu. untuk perilaku baik atau buruk. Pendidikan yang berkualitas adalah pendidikan yang mampu membentuk karakter peserta didiknya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah individu harus membiasakan diri dengan realisasi ajaran yang selaras dengan ajaran Islam agar memiliki kepribadian yang arif.
Downloads
References
Bali, M. M. E. I. B., & Hajriyah, H. B. (2020). Modernisasi Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. MOMENTUM : Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 9(1), 42–62. https://doi.org/10.29062/mmt.v9i1.64
Ifadah, L., & Utomo, S. T. (2019). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Al-Ghazali, 2(2), 52.
Irmalia, S. (2020). Peran Orang Tua dalam pembentukan karakter anak sejak dini. Jurnal EL HAMRA, 5(1), 32–37
Jaelani. (2022). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(5), 866–876. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i5.596.
Jailani, A., Rochman, C., & Nurmila, N. (2019). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Jujur pada Siswa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 257–264.
Khasanah, U., & Herina. (2019). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0).
Lisnawati. (2021). Urgency of islamic education in shaping the character of students in the era of the 4.0 industrial revolution. Al-Muta’aliyah: Journal of Islamic Education (JIE), 06(01), 37–48. https://doi.org/10.51700/jie.v6i1
Marina Sifa, R., Aini Riski Harahap, A., Khairat, M., Halimsyah Rambe, A., Widya Putri, F., Azuardini Ginting, F., & Agus Setiani, E. (2022). Implementasi Budaya dan Pendidikan Karakter dalam Membentuk Karakter Islami di SD Nurfadilah.
Megawangi, R., & Dina. (2016). Seri Pendidikan Karakter: Sekolah Berbahaya Bagi Perkembangan Karakter Anak. Indonesia Heritage Foundation (IHF).
Muslim, A. (2022). Pendidikan Spiritualitas Keagamaan Generasi Alfa pada Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(3), 519–535.
Ningsih, T. (2019). Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Revolosi Industri 4.0 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 220–231. https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.3049
Rahmasari, N. S., & Mubarok, R. (2022). Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Al Manam: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 2(2), 65–74.
Salsabilla, M., Izzati, N., Chaerani, P., & Putri, N. A. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlak pada Siswa Sekolah Dasar Di Era Revolusi Industri 4.0 (Vol. 20).
Yasin, M. (2020). Implementasi Pemikiran KH Hasyim Asyari tentang Etika Murid kepada Guru (Studi atas Pembentukan Karakter Siswa di SMP Maarif Sangatta Utara). Al-Rabwah, 14(02), 136–152.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mohamad Furqon
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.