Peran Guru Pendidikan Agama Islam Pada Integrasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila di Madrasah

Authors

  • Nurul Khofifah Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik
  • Anfa Regita Ayu Pratiwi Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik
  • Nafi’atul Ilmi Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.309

Abstract

Pendidikan Agama Islam sangat penting dalam membentuk karakter siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran guru pendidikan agama islam pada integrasi nilai-nilai profil pelajar pancasila di madrasah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan, dengan teknik pengumpulan data dokumentasi, dan teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sebagai fasilitator proyek profil siswa pancasila, guru pendidikan agama islam harus mampu menciptakan materi yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan menggunakan media yang kuat untuk membantu siswa lebih memahami materi pelajaran. Enam kompetensi: iman, bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, beragamnya global, penalaran kritis, kreativitas, dan kemandirian dikembangkan sebagai karakteristik esensial profil siswa pancasila. tingkat profesionalisme yang tinggi diperlukan dari guru pendidikan agama islam, yang juga memiliki peran kepemimpinan dalam menerapkan kurikulum pembelajaran mandiri dan menghidupkan cita-cita profil siswa pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bujangga, Hendriyanto. ANALISIS PEMBELAJARAN PAI PADA SEKOLAH UMUM. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam. Vol. 14 No. 1 Juni 2022, 35 – 47.

https://uin-malang.ac.id/blog/post/read/131101/analisis-pengembangan-materi-pendidikan-agama-islam-pai.html

Satria, R. et al. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta Pusat: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2022

Tim Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2022

Ulfah, Chindria Wati Kartiwan, Fauziah Alkarimah, Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Volume 7, Issue 2, 2023, pp. 239-246.

Utami. Ratnasari Dyah, Yulian Rizky Nurhantara, Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Berbasis Merdeka Belajar. Jurnal Elementaria Edukasia. Volume 6, No. 2, Juni 2023

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Khofifah, N., Regita Ayu Pratiwi, A., & Ilmi, N. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Pada Integrasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila di Madrasah. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 2(2), 29–35. https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.309

Issue

Section

Articles