Spiritual Intelligence (SQ) and Their Relationship with Intellectual Intelligence (IQ) of MI Quhas School Students
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.292Abstract
Kecerdasan spiritual berkaitan erat dengan kecerdasan intelektual. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kecerdasan spiritual dan hubungannya dengan kecerdasan intelektual siswa MI Quhas Kota Jambi. Dalam penelitian ini, siswa MI Quhas Kota Jambi akan dievaluasi berdasarkan tingkat kecerdasan spiritual dan kecerdasan intelektual serta keterkaitannya satu sama lain. Dengan teknik pengambilan sampel secara lengkap, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang didasarkan pada data yang dikumpulkan dan dibahas di atas, siswa MI Quhas Kota Jambi menunjukkan hubungan antara kecerdasan spiritual dan kecerdasan intelektual yang didominasi oleh siswa yang memperoleh skor “sangat baik” (31,25%), “baik” (35,42%), “sedang” (20,83%), dan “rendah” (12,50%). Mengenai kecerdasan intelektual siswa, siswa berada pada kategori “sangat baik” dengan 35,42%, kategori “baik” dengan 37,50%, kategori “sedang” dengan 18,75%, dan kategori “rendah” dengan sisanya 8,33%. Kaitan yang signifikan antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual siswa juga dapat disimpulkan dari hasil uji korelasi. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual siswa dipengaruhi secara signifikan oleh kecerdasan spiritual.
Downloads
References
Alwi, M., Fatmawati, F., & Ismail, I. (2021). Pengaruh Iq, Eq, Dan Sq Terhadap Motivasi Mengajar. Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam, 1(2), 92–106, https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v1i2.559.
Anam, H., & Ardillah, L. (2016). Pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual dan kecerdasan sosial terhadap pemahaman akuntansi. JST (Jurnal Sains Terapan), 2(1), https://doi.org/10.32487/jst.v2i1.118.
Ansoriy, Z., & Gontor, U. (2021). Kebiasaan Membaca Al Qur’an dan Implikasinya Terhadap Kecerdasan Intelektualitas Mahasiswa. Osf Preprints.
Antara, A. S., Widyani, A. A. D., & Vipraprastha, T. (2022). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Karakteristik Individu Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Roman Distribution Center Denpasar. Emas, 3(2), 25–35.
Aridhona, J. (2017). Hubungan antara kecerdasan spiritual dan kematangan emosi dengan penyesuaian diri remaja. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(3), 224–233.
Asholihah, N. F. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Perilaku Belajar, Perilaku Budaya, Dan Kepercayaan Diri Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 14(1).
Cahyani, S. I., & Pratama, M. P. (2021). Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kompetensi dan Kepemimpinan Terhadap Keterikatan Kerja Kepala Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sempor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(6), 1168–1179.
Darlis, E., Tanjung, A. R., & Tarigan, E. (2015). Analisis Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Manajerial pada Hotel-Hotel Berbintang 3 di Pekanbaru.
Daud, F. (2012). Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 243–255.
Farida, U. N. (2019). Hubungan Tingkat Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Sosial Terhadap Self Efficacy Pada Siswa Kelas XI Di MAN 4 Madiun. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 9(01), 25–34, https://doi.org/10.33367/ji.v9i01.964.
Hakim, L. (2021). Analisis Kurikulum 2013 Dalam Membantupeningkatan Kecerdasan Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(1), 1–38, https://doi.org/10.36835/jipi.v19i1.3636.
Handayani, S. (2019). Kecerdasan Spiritual Dan Prestasi Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Godean). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2).
Hanum, S. (2020). Pendidikan Kecerdasan Intelektual Berbasis Al-Qur’an. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 2(1), 98–107, https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v2i1.441.
Hartini, T. (2017). Pengaruh Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Terhadap Perilaku Sosial Siswa SMPN 1 Kadugede Kabupaten Kuningan. Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 1, 1–16, 10.24235/oasis.v1i2.1317.
Irma, I. F. (2021). Penguatan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Melalui Pembelajaran Alquran Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah. JURNAL ILMIAH INNOVATIVE (Jurnal Pemikiran Dan Penelitian), 8(01).
Jaeni, J., Badjuri, A., & Fadhila, Z. R. (2019). Effect of Good Corporate Governance, Profitability and Leverage on Tax Avoidance Behavior Before and After Tax Amnesty (Empirical study on manufacturing company listed in Indonesia Stock Exchange period 2015-2016). 149–154.
Kusmiyati, Y., Meilani, N., & Ismail, S. (2013). Kadar hemoglobin dan kecerdasan intelektual anak. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional (National Public Health Journal), 8(3), 109–114, http://dx.doi.org/10.21109/kesmas.v8i3.353.
Kusuma, I. C., & Rizki, L. M. (2017). Pengaruh Intelegence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), Dan Spiritual Quotient (SQ) Terhadap Pemahaman Akuntansi Siswa Di Smk Sumpah Pemuda 2. JURNAL AKUNIDA, 3(1), 29–39.
Marhamah, Layli. “Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Siswa Di SD Bina Taruna III Kec. Medan Marelan.” Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Agama Islam Dan Humaniora 2, no. 02 (2020): 48–48, https://doi.org/10.30821/alfatih.v1i1.1
Lubis, R. R. (2018). Optimalisasi Kecerdasan Spiritual Anak. Jurnal Al-Fatih, 1(1), 1–18.
Masni, H. (2017). Peran pola asuh demokratis orangtua terhadap pengembangan potensi diri dan kreativitas siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(1), 58–74, http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v6i1.41
Masni, H. (2018). Urgensi pendidikan dalam mengembangkan potensi diri anak. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 8(2), 275–286, http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v8i2.110.
Nurhasanah, N., Endang, B., & Lestari, S. (2016). Analisis Layanan Bimbingan dan Konseling Tentang Potensi Diri pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(12), http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i12.23230.
Priadi, A. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Semarak, 1(3), 62–77.
Ratnasari, S. L., Sari, W. N., Siregar, Y., Susanti, E. N., & Sutjahjo, G. (2022). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa di Kota Batam. 440–448
Ratnasari, S. L., Supardi, S., & Nasrul, H. W. (2020). Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Kinerja Karyawan. Journal of Applied Business Administration, 4(2), 98–107, https://doi.org/10.30871/jaba.v4i2.1981.
Risela, D. A. (2017). Pengaruh Iq, Eq Dan Sq Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Mengenai Akuntansi Kreatif. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 6(1), 50–65, 10.21831/nominal.v6i1.14332.
Rohmah, N. (2018). Integrasi kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosi (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) dalam meningkatkan etos kerja. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(2), 77–102.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.
Saleh, A. H. (2015). Sufi Governance: Aplikasi Ilmu Tasawuf Dalam Pemerintahan. UNIVERSUM: Jurnal KeIslaman Dan Kebudayaan, 9(2).
Suparto, M. (n.d.). Kecerdasan Emosional Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam.
Wachidah, N. R., & Habibie, M. L. H. (2021). Kecerdasan Spritual dan Emosional dalam Pendidikan Tahfizd Al-Qur’an. Qiro’ah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(2), 65–99.
Wahidah, E. Y. (2016). Pembinaan Karyawati untuk Mengembangkan Spiritual Quetiont Melalui Implementasi Program Tahsin, Tafsir Dan Tahfidz Al Quran Berbasis Masjid di KPP Pratama Bojonegoro.
Yuriza, P. E., Adisyahputra, A., & Sigit, D. V. (2018). Correlation between higher-order thinking skills and level of intelligence with scientific literacy on junior high school students. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 13–21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arsyad, Safitriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.