Dampak Globalisasi Terhadap Mutu Pendidikan Islam

Authors

  • Muhammad Makinuddin Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik (UNKAFA)
  • Mohammad Afwan Choiri Irsyadi Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik (UNKAFA)
  • Mihyiddin Mubarok Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik (UNKAFA)

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.1844

Keywords:

Globalisasi, Pendidikan Islam, Mutu Pendidikan, Strategi, Transformasi

Abstract

Globalisasi sebagai fenomena multidimensional membawa peluang sekaligus tantangan bagi pendidikan Islam. Di satu sisi, globalisasi memperluas akses terhadap teknologi, informasi, dan jejaring akademik yang mendorong inovasi pembelajaran; di sisi lain, ia menghadirkan ancaman berupa krisis identitas, komersialisasi pendidikan, serta dekadensi moral generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara kritis dampak globalisasi terhadap mutu pendidikan Islam serta merumuskan strategi penguatan yang relevan dengan tuntutan global. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif melalui telaah mendalam terhadap buku, jurnal, dan laporan penelitian internasional maupun nasional. Hasil kajian menunjukkan bahwa mutu pendidikan Islam ditentukan oleh kemampuan lembaga dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan pengetahuan modern, memperkuat kurikulum berbasis kompetensi abad ke-21, meningkatkan kapasitas guru, serta memanfaatkan teknologi digital secara kritis. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya transformasi pendidikan Islam yang adaptif, kompetitif, dan tetap berakar pada nilai Qur’ani agar mampu melahirkan generasi muslim yang unggul, berdaya saing global, sekaligus berakhlak mulia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Attas, S. M. N. (2018). Islam and secularism. IBFIM.

Alfurqan. (2015). Konsep pendidikan Islam Pondok Pesantren dan upaya pembenahannya. [Unpublished manuscript].

Altbach, P. G., & Knight, J. (2007). The internationalization of higher education: Motivations and realities. Journal of Studies in International Education, 11(3–4), 290–305. https://doi.org/10.1177/1028315307303542

Carnoy, M., & Rhoten, D. (2002). What does globalization mean for educational change? A comparative approach. Comparative Education Review, 46(1), 1–9. https://doi.org/10.1086/324053

Epstein, J. L. (2018). School, family, and community partnerships: Preparing educators and improving schools. Routledge.

Eriksen, T. H. (2019). Identity and globalization: Transforming the modern world. Pluto Press.

Firmansyah, F. (2020). Konsep pendidikan Islam dalam perspektif Al-Quran (Tinjauan metode pendidikan Islam dalam Surat Huud: 1–4). Jurnal CONTEMPLATE, 1(02), 45–59.

Firmansyah, F. (2022). Inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di perguruan tinggi umum (Studi kasus di Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung). al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 99–111. https://doi.org/10.29240/jpai.v7i1.3243

Firmansyah, F. (2022). Tinjauan filosofis tujuan pendidikan Islam. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5(1), 47–63.

Gaus, D. (2017). Pendidikan Islam Indonesia dan tantangan globalisasi: Perspektif sosio-historis. Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(1), 13–22.

Ginanjar, M. H. (2017). Tantangan dan peluang lembaga pendidikan Islam di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(08), 107–124. https://doi.org/10.30868/ei.v4i08.147

Hattie, J. (2012). Visible learning for teachers: Maximizing impact on learning. Routledge.

Held, D., & McGrew, A. (2007). Globalization theory: Approaches and controversies. Polity.

Hussin, R. (2019). Integration of knowledge in higher education: The Malaysian experience. IIUM Press.

Khair, N. (2019). Relasi Islam dan psikologi: Ikhtiar menuju integrasi keilmuan. ’Anil Islam: Jurnal Kebudayaan dan Ilmu Keislaman, 12(1), 63–89. https://doi.org/10.24042/ajsk.v12i1.3124

Knight, J. (2014). International education hubs: Student, talent, knowledge-innovation models. Springer. https://doi.org/10.1007/978-94-007-7025-6

Marginson, S. (2016). The worldwide trend to high participation higher education: Dynamics of social stratification in inclusive systems. Higher Education, 72(4), 413–434. https://doi.org/10.1007/s10734-016-0016-x

Menand, H. (2013). Globalization and education: 21st century instructional practices for urban teachers (Doctoral dissertation, University of North Carolina at Charlotte).

Mok, K. H. (2016). Massification of higher education, graduate employment and social mobility in the Greater China region. British Journal of Sociology of Education, 37(1), 51–71. https://doi.org/10.1080/01425692.2015.1111751

Nawi, M. A. M., Hamzah, M. I., Rahim, A. A., & Tamuri, A. H. (2012). The impact of globalization on current Islamic education. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 6(8), 74–78.

Rizvi, F., & Lingard, B. (2010). Globalizing education policy. Routledge.

Robertson, R. (2017). Globalisation: Social theory and global culture. Sage.

Setiawan, P., Salim, D., & Idris, M. (2013). Tantangan pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Iqra, 7(2), 123–138.

Spring, J. (2015). Globalization of education: An introduction. Routledge.

Stromquist, N. P., & Monkman, K. (2014). Globalization and education: Integration and contestation across cultures. Rowman & Littlefield.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. John Wiley & Sons.

Yasin, R. F. (2017). Konsep pendidikan Islam menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, 1(2), 247–257.

Downloads

Published

2025-08-18

How to Cite

Muhammad Makinuddin, Mohammad Afwan Choiri Irsyadi, & Mihyiddin Mubarok. (2025). Dampak Globalisasi Terhadap Mutu Pendidikan Islam. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(3), 1220–1229. https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.1844

Issue

Section

Articles