Efektivitas Metode Talaqqi Terhadap Kemudahan Menghafal Al-Qur’an Pada Program Tahfidz

Authors

  • Haulah Nahwa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Dwi Priyanto UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.1824

Keywords:

Talaqqi, Tahfidz Al-Qur’an, Efektivitas Pembelajaran

Abstract

Menghafal Al-Qur’an merupakan tradisi keilmuan yang bernilai mulia dalam Islam, namun praktiknya sering menghadapi kendala berupa kesulitan menjaga kelancaran bacaan, konsistensi hafalan, dan pemahaman tajwid yang benar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan metode talaqqi dan kemudahan yang dirasakan siswa dalam menghafal Al-Qur’an di SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan analisis data meliputi reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa metode talaqqi diterapkan secara terstruktur dan berkesinambungan melalui pengulangan hafalan, koreksi bacaan, serta bimbingan spiritual yang menumbuhkan motivasi dan rasa percaya diri siswa. Metode ini terbukti efektif meminimalkan kesalahan bacaan, meningkatkan daya ingat, serta membentuk kedisiplinan belajar, sehingga relevan untuk diadopsi oleh lembaga pendidikan Islam lainnya guna mengoptimalkan program tahfidz Al-Qur’an

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah Acim, S. (2022). Metode Pembelajaran dan Menghafal Al-Quran. Lembaga Ladang Kata. https://repository.uinmataram.ac.id/91/4/Metode%20Pembelajaran%20dan%20Menghafal%20Al-Quran_compressed.pdf

Dharmawan, D. (2023). Pelaksanaan Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahsin Al-Qur`An Di Markaz Ruhama` El-Khairi Pekanbaru.

Husen, K., Hidqayatullah, & Arifin, M. (2025). Pendekatan Metode Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Al Qur’an dan Hadits. Qosim: Jurnal Pendidikan, Sosial, & Humaniora, 3(1), 303–217. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/qosim

’Ilmi, R., Suhadi, & Faturrohman, M. (2021). Peningkatan Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi. Al’Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 18–35. https://jurnal.iimsurakarta.ac.id/index.php/alulum/article/view/114

Nur Amaliah, I., Nuraini, E., & Imam Pamungkas, M. (2018). Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Dengan Metode Talaqqi (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Asih Putera Kota Cimahi).

Sidiq, U., & Miftahul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. CV.Nata Karya. Https://Repository.Iainponorogo.Ac.Id/484/1/Metode%20penelitian%20kualitatif%20di%20bidang%20pendidikan.Pdf

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (21st ed.). Alfabeta.

Tria Ningsih, E. (2024). Penerapan Metode Talaqqi Dalam Menghafal Al-Qur’an Kelas Vii Di Smp Pgri 2 Bandar Sribhawono. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9352/1/Skripsi%20evi%20tria%20ningsih%20-%201901011061-Pai.Pdf

Wahid, Abd. H., & Naviyah, S. (2021). Tiga Golongan Penghafal Al-qur’an Dalam Surah Fatir Ayat 32 Perspektif Adi Hidayat. Jurnal Online Studi Al-Qur An, 17(01), 131–146. https://doi.org/10.21009/jsq.017.1.07

Downloads

Published

2025-08-02

How to Cite

Haulah Nahwa, & Dwi Priyanto. (2025). Efektivitas Metode Talaqqi Terhadap Kemudahan Menghafal Al-Qur’an Pada Program Tahfidz. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(3), 1073–1080. https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.1824

Issue

Section

Articles