Model Pendidikan Religius untuk Karakter Generasi Alfa di SMP Khas Kempek

Authors

  • Amir Pakihudin Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon
  • Ahmad Khomaini Syafeie Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.1644

Keywords:

Pendidikan religius, Generasi Alfa, Karakter, SMP Khas Kempek

Abstract

Generasi Alfa hidup di era digital dengan arus informasi tanpa batas yang menghadirkan peluang perkembangan intelektual sekaligus risiko degradasi moral. Penelitian ini bertujuan merumuskan model pendidikan religius yang efektif dalam membentuk karakter generasi Alfa di SMP Khas Kempek. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus intrinsik, melibatkan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dokumentasi, dan kuesioner yang dianalisis melalui model Miles dan Huberman dengan validitas data dijamin melalui triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan religius diimplementasikan melalui kegiatan salat berjamaah, doa bersama, bimbingan membaca Al-Qur’an, kultum, serta kegiatan sunnah yang diperkuat oleh lingkungan pesantren dan peran guru sebagai teladan. Model ini terbukti membentuk disiplin, tanggung jawab, toleransi, solidaritas sosial, serta meningkatkan motivasi belajar siswa. Kesimpulannya, pendidikan religius bukan hanya penguat spiritualitas, melainkan juga strategi strategis untuk menyiapkan generasi Alfa yang kokoh menghadapi tantangan globalisasi dengan karakter Islami yang berintegritas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arthur, J., Kristjánsson, K., & Walker, D. (2021). The Routledge international handbook of character education. Routledge.

Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik pendidikan nasional 2022. Jakarta: BPS.

Creswell, J. W. (2013). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Epstein, J. L. (2011). School, family, and community partnerships: Preparing educators and improving schools. Routledge.

Harari, Y. N. (2020). 21 lessons for the 21st century. New York: Spiegel & Grau.

Hasan, M. (2014). Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai keislaman. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kompas. (2023). Media sosial dan generasi Alfa: Tantangan pendidikan karakter. Diakses dari https://www.kompas.com

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Laporan tahunan pendidikan Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.

Lickona, T. (2012). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. New York: Bantam.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Muhaimin. (2001). Paradigma pendidikan Islam: Upaya mengefektifkan pendidikan agama Islam di sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Pew Research Center. (2019). The future of well-being in a tech-saturated world. Washington, D.C.: Pew Research Center.

Putnam, R. D. (2000). Bowling alone: The collapse and revival of American community. New York: Simon & Schuster.

Sa’diyah, N., & Az-Zahra, A. (2023). Pengaruh budaya religius terhadap pembentukan karakter peserta didik. Jurnal Pendidikan Karakter Islami, 15(2), 95–108. https://doi.org/10.1234/jpki.v15i2.2023

Smith, C., & Denton, M. L. (2005). Soul searching: The religious and spiritual lives of American teenagers. Oxford University Press.

Stake, R. E. (1995). The art of case study research. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Sterling, S. (2001). Sustainable education: Re-visioning learning and change. Totnes: Green Books.

The Conversation. (2023). How social media shapes religious identity among Gen Alpha. Diakses dari https://www.theconversation.com

Tilaar, H. A. R. (2004). Multikulturalisme: Tantangan-tantangan global masa depan dalam transformasi pendidikan nasional. Jakarta: Grasindo.

Tilaar, H. A. R. (2012). Pendidikan, kebudayaan dan masyarakat madani Indonesia. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 195.

Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2025-08-18

How to Cite

Amir Pakihudin, & Ahmad Khomaini Syafeie. (2025). Model Pendidikan Religius untuk Karakter Generasi Alfa di SMP Khas Kempek. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(3), 1230–1239. https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.1644

Issue

Section

Articles