Model Pendidikan Religius untuk Karakter Generasi Alfa di SMP Khas Kempek
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.1644Keywords:
Pendidikan religius, Generasi Alfa, Karakter, SMP Khas KempekAbstract
Generasi Alfa hidup di era digital dengan arus informasi tanpa batas yang menghadirkan peluang perkembangan intelektual sekaligus risiko degradasi moral. Penelitian ini bertujuan merumuskan model pendidikan religius yang efektif dalam membentuk karakter generasi Alfa di SMP Khas Kempek. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus intrinsik, melibatkan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dokumentasi, dan kuesioner yang dianalisis melalui model Miles dan Huberman dengan validitas data dijamin melalui triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan religius diimplementasikan melalui kegiatan salat berjamaah, doa bersama, bimbingan membaca Al-Qur’an, kultum, serta kegiatan sunnah yang diperkuat oleh lingkungan pesantren dan peran guru sebagai teladan. Model ini terbukti membentuk disiplin, tanggung jawab, toleransi, solidaritas sosial, serta meningkatkan motivasi belajar siswa. Kesimpulannya, pendidikan religius bukan hanya penguat spiritualitas, melainkan juga strategi strategis untuk menyiapkan generasi Alfa yang kokoh menghadapi tantangan globalisasi dengan karakter Islami yang berintegritas
Downloads
References
Arthur, J., Kristjánsson, K., & Walker, D. (2021). The Routledge international handbook of character education. Routledge.
Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik pendidikan nasional 2022. Jakarta: BPS.
Creswell, J. W. (2013). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Epstein, J. L. (2011). School, family, and community partnerships: Preparing educators and improving schools. Routledge.
Harari, Y. N. (2020). 21 lessons for the 21st century. New York: Spiegel & Grau.
Hasan, M. (2014). Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai keislaman. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kompas. (2023). Media sosial dan generasi Alfa: Tantangan pendidikan karakter. Diakses dari https://www.kompas.com
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Laporan tahunan pendidikan Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Lickona, T. (2012). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. New York: Bantam.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Muhaimin. (2001). Paradigma pendidikan Islam: Upaya mengefektifkan pendidikan agama Islam di sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Pew Research Center. (2019). The future of well-being in a tech-saturated world. Washington, D.C.: Pew Research Center.
Putnam, R. D. (2000). Bowling alone: The collapse and revival of American community. New York: Simon & Schuster.
Sa’diyah, N., & Az-Zahra, A. (2023). Pengaruh budaya religius terhadap pembentukan karakter peserta didik. Jurnal Pendidikan Karakter Islami, 15(2), 95–108. https://doi.org/10.1234/jpki.v15i2.2023
Smith, C., & Denton, M. L. (2005). Soul searching: The religious and spiritual lives of American teenagers. Oxford University Press.
Stake, R. E. (1995). The art of case study research. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Sterling, S. (2001). Sustainable education: Re-visioning learning and change. Totnes: Green Books.
The Conversation. (2023). How social media shapes religious identity among Gen Alpha. Diakses dari https://www.theconversation.com
Tilaar, H. A. R. (2004). Multikulturalisme: Tantangan-tantangan global masa depan dalam transformasi pendidikan nasional. Jakarta: Grasindo.
Tilaar, H. A. R. (2012). Pendidikan, kebudayaan dan masyarakat madani Indonesia. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78.
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 195.
Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter: Konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Amir Pakihudin, Ahmad Khomaini Syafeie

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.