Pendidikan Inklusi di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

(Mahasiswa Difabel Punya Tempat Untuk Bersinergi)

Authors

  • Maimunah Permata Hati Hasibuan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Fiqi Nurmanda Sari UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • M. Syahran Jailani UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v2i1.153

Abstract

Sebelum adanya pusat kajian disabilitas, mahasiswa difabel tidak terlalu mendapat perhatian, terkhusus pada saat memasuki semester 6 yang menghadapi kuliah kerja nyata. Pada tahun 2019 UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menciptakan pusat kajian disabilitas dan mengkoordinir mahasiswa difabel. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana kuliah kerja nyata mahasiswa difabel pada UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengembangan potensi diri pada mahasiswa difabel terbilang baik dan melalui progress yang meningkat juga didukung oleh fasilitas kampus dan kerjasama dari pihak-pihak kampus. Tujuannya adalah ingin menyukseskan pendidikan inklusi ramah disabilitas dan memberikan wadah bagi mahasiswa difabel untuk mengembangkan potensi serta pendidikan yang setara dengan mahasiswa lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI | PENDIS artikel dibrowsing pada tanggal 11 september 2023 pukul 12:00 WIB

Freeman, S.F.N., & Alkin, M.C. (2000) Academic and Social Attainments of Children with Mental Retardation in General Education and Special Education Settings. Remedial and Special Education, 21(1), 3-26.

Kaulina, A., Voita, D., Trubina, I., & Voits, T. (2016). Children with Special Educational Needs and Their Inclusion in the Educational System: Pedagogical and Psychological Aspects. Signum Temporis, 8(1), 37–42.

Pratiwi, J.C. (2015). Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus : Tanggapan Terhadap Tantangan Kedepannya Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.

Pendidikan Inklusif (Pengertian, Prinsip, Model, Tujuan dan Karakteristik) - KajianPustaka artikel dibrowsing pada tanggal 11 september 2023 pukul 12:30 WIB

Pendidikan Inklusif: Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Kebijakan Hukumnya di Indonesia - Medcom.id artikel dibrowsing pada tanggal 11 september 2023 pukul 13:30 WIB

Pendidikan Inklusi Sebagai Solusi Pendidikan Untuk Semua (Penerapan Pendidikan Inklusi di SDN Bromantakan 56 Surakarta) | Arum | BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) (uisu.ac.id) artikel dibrowsing pada tanggal 11 september 2023 pukul 14:00 WIB

Stubbs, S. (2008). Inclusive Education When There Are Few Resources, edited by Oslo: The Atlas Alliance.

Yusuf, M., Choiri, S., & Supratiwi, M. (2017). Evaluasi Kebijakan Pendidikan Inklusif di Tingkat Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 4(2), 147-154

Downloads

Published

2024-05-15

How to Cite

Permata Hati Hasibuan, M., Nurmanda Sari, F., & Jailani, M. S. (2024). Pendidikan Inklusi di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi: (Mahasiswa Difabel Punya Tempat Untuk Bersinergi). QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 2(1), 17–23. https://doi.org/10.61104/jq.v2i1.153

Issue

Section

Articles