Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru
(Studi di Madrasah Aliyah Ummul Qur’an An-Nurani Tembilahan)
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v2i1.139Abstract
Kepala madrasah memiliki peran penting dalam kemajuan lembaga pendidikan islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran, faktor penghambat dan faktor pendukung dan upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan profesional guru Pendidikan Agama Islam. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dan guru Pendidikan Agama Islam dijadikan sebagai informan tambahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala madrasah dalam meningkatkan profesional guru Pendidikan Agama Islam yaitu menjalin hubungan yang harmonis antara kepala sekolah dengan guru, saling terbuka terhadap sesama guru, memberikan kesempatan mengembangkan profesi kepada guru melalui pelatihan, saling terbuka dan memberikan kritik maupun saran, meningkatkan kemampuan dengan pendidikan dan pelatihan, menetapkan dan merancang materi, media dan metode, mengembangkan instrumen yang digunakan, mengevaluasi guru agar tetap semangat, dan melakukan rapat bersama guru. Upaya yang dilakukan kepala madrasah profesional guru Pendidikan Agama Islam yaitu memfasilitasi dan mendorong agar para guru dapat terus menerus meningkatkan kompetensinya, memberikan kesempatan yang luas kepada para guru untuk dapat mengembangkan potensi melalui berbagai kegiatan pendidikan dan pelatihan, mengalokasikan anggaran mengajar guru, kepala madrasah melakukan komunikasi yang baik kepada tenaga kependidikan, menjalankan sikap disiplin, memberikan berbagai penghargaan kepada guru secara efektif, dan memberikan dorongan kepada guru untuk giat dalam bekerja.
Downloads
References
Abdul Azis Faradi. (2022). Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Man 1 Lombok Barat Tahun Pelajaran 2021/2022. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 8, No. 1. https://doi.org/10.18592/moe.v8i1.6261
Agus Sujarwo. (2017). Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Madrasah Aliyah Kabupaten Lampung Timur. UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2601
Anwar, Desy. Tanpa Tahun Terbit. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya : Amelia.
Danim, Sudarwan. 2010. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
Herabudin, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2009
H. Aziz. (2019). Persepsi guru PAI tentang pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah dengan kreativitas guru dalam mengajar. AL Murabi.
Ibrahim Bafadal, Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara, 2003
Iskandar Agung,Yufridawati, Pengembangan Pola Kerja Harmonis dan Sinergis Antara Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas, Jakarta: Bestari Buana Murni, 2013
M. Uzer Usman. Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosda Karya. Bandung. 1995.
M. Yusuf, dkk. (2023). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. INTIZAM:Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 6, No. 2.
Puspitasari, dkk. (2020). Pengaruh Manajemen Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru. JMKSP: Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, Vol. 6, No. 1.
Rugaiyah, Atiek Sismiati. Profesi Kependidikan. Ghalia Indonesia. Bogor. 2011.
Sahertian, Konsep-Konsep dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta, 2000
Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta. 2003.
Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Raja Grafindo,2002
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Intan Kumala Dewi, Nurul Istiqomah, Susi Susanti, Yulia Utami, Suryani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.