Integrasi Ilmu Kependidikan dengan Nilai Kearifan Lokal: Strategi Inovatif untuk Meningkatkan Relevansi Pendidikan

Authors

  • S.M. Yusuf Institut Agama Islam (IAI) Ar-Risalah Inhil Riau
  • Syarifah Kamariah Institut Agama Islam (IAI) Ar-Risalah Inhil Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.1359

Abstract

Pendidikan di Indonesia menghadapi tantangan besar dalam menjaga relevansi kurikulum dengan nilai-nilai budaya lokal di tengah arus globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merumuskan strategi inovatif yang dapat mengintegrasikan ilmu kependidikan dengan nilai kearifan lokal guna meningkatkan relevansi pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, yang menelaah literatur ilmiah dari jurnal terakreditasi, prosiding, buku akademik, dan laporan kebijakan pendidikan yang diterbitkan dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir (2015–2025). Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran mampu memperkuat identitas budaya, meningkatkan keterlibatan siswa, dan membentuk karakter peserta didik. Strategi yang ditemukan mencakup pendekatan kontekstual, pembelajaran berbasis proyek, serta kolaborasi antara guru, orang tua, dan masyarakat. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan integrasi tersebut sangat bergantung pada peningkatan kompetensi guru, inovasi dalam desain pembelajaran, dan dukungan lintas sektor. Oleh karena itu, strategi integrasi ilmu kependidikan dengan kearifan lokal menjadi langkah strategis dalam membangun pendidikan yang relevan, berkarakter, dan adaptif terhadap tantangan abad ke-21

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayat, R. (2023). Kearifan lokal sebagai sumber penguatan karakter peserta didik. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(2), 185–197.

Kemendikbudristek. (2022). Profil Pelajar Pancasila: Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Nurhadi, N., & Sumarsono, R. (2018). Kendala guru dalam penerapan pembelajaran berbasis kearifan lokal. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(1), 47–56.

Putra, A. D. (2017). Pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Jurnal Pendidikan Nusantara, 5(1), 21–34.

Rahman, S., Hidayah, N., & Suryani, L. (2019). Ilmu kependidikan dalam pembangunan karakter bangsa. Jurnal Kependidikan, 45(3), 234–246.

Sari, R. M., Wibowo, P., & Susanto, H. (2021). Globalisasi dan erosi budaya lokal: tantangan bagi pendidikan Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial Indonesia, 10(2), 112–125.

Syamsuddin, S., Hasan, M., & Lestari, Y. (2020). Peran kearifan lokal dalam membangun identitas budaya siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(1), 66–79.

Suyadi, S., Kurniawan, D., & Adi, P. (2022). Peran guru dalam mengintegrasikan budaya lokal dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(3), 122–136.

Wijaya, A., & Sutrisno, B. (2021). Kearifan lokal sebagai inovasi pembelajaran kontekstual. Jurnal Inovasi Pendidikan, 13(2), 105–117.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

S.M. Yusuf, & Syarifah Kamariah. (2024). Integrasi Ilmu Kependidikan dengan Nilai Kearifan Lokal: Strategi Inovatif untuk Meningkatkan Relevansi Pendidikan . QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 2(2), 200–206. https://doi.org/10.61104/jq.v2i2.1359

Issue

Section

Articles