Persepsi Guru Terhadap Kurikulum Merdeka di MTs Miftahul Ulum Cermenan Ngoro Jombang
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1209Abstract
Kurikulum Merdeka menjadi upaya pemerintah untuk merespon tantangan pendidikan pasca-pandemi, memberikan kebebasan bagi guru dan sekolah menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan dan konteks lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Miftahul Ulum Cermenan Ngoro Jombang terhadap Kurikulum Merdeka, termasuk tantangan dan peluang dalam implementasinya. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan analisis literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan persepsi guru yang bervariasi, dengan kecenderungan positif bagi guru yang memahami dan mendapatkan dukungan, serta kecenderungan negatif bagi yang kurang pemahaman dan merasa terbebani. Hambatan utama mencakup keterbatasan fasilitas, adaptasi pembelajaran berbasis proyek, dan kesiapan guru yang berbeda. Kesimpulannya, persepsi guru menjadi faktor kunci dalam kesuksesan implementasi Kurikulum Merdeka, dan peningkatan sosialisasi, pelatihan, serta komunikasi yang baik antara pihak terkait menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan kurikulum baru ini.
Downloads
References
Ahmad Almarisi, Kelebihan Dan Kekurangan Kurikulum Merdeka Pada Pmbelajaran Sejarah Dala Perspektif Historis, Mukadimah:”Jurnal Pendidkan Sejarah Dan Ilmu Ilmu Sosial, 2023.111-117
Hidayat, S. Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan Abad 21. Jakarta: Pt Bumi Aksara. 2022
Mulyasa, E. Menjadi Guru Penggerak: Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya. 2020
Mulyasa. Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta: Pt Bumi Aksara. 2021
Prastowo, A. Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Gava Media. 2021
Rahayu Nurul, Wawancara (Jombang, 21 Januari 2025)
Restian, S. Agustian, Rahmad. Rahman, J Ananda, R. &Witarsa, R. Standar Proses Pendidikan Nasional: Implementasi Dan Analisis Terhadap Komponen Guru Matematika Di Sd Muhammadiyah 027 Batubelah. Desember – Januari 2022. 489-504
Siti Maisaroh Wawancara (Jombang 22 Januari 2025)
Sekarwati, & Fauziati, E. Kurtilas dalam Perspektif Pendidika Progresivisme. “Jurnal Pendidikan dan Sains Lentera Arfak, 1 Mei 2022
Sunarni, Hari Karyono, Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar Jurnal on Education, No 02, (2023), 1613-1620.
Syafi’uddin, Wawancara (Jombang,20 Januari 2025)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abriel Ainani Musyafa, Khoirul Umam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.