Persepsi Guru Terhadap Kurikulum Merdeka di MTs Miftahul Ulum Cermenan Ngoro Jombang

Authors

  • Abriel Ainani Musyafa Universitas Hasyim Asy Ari
  • Khoirul Umam Universitas Hasyim Asy Ari

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1209

Abstract

Kurikulum Merdeka menjadi upaya pemerintah untuk merespon tantangan pendidikan pasca-pandemi, memberikan kebebasan bagi guru dan sekolah menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan dan konteks lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Miftahul Ulum Cermenan Ngoro Jombang terhadap Kurikulum Merdeka, termasuk tantangan dan peluang dalam implementasinya. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan analisis literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan persepsi guru yang bervariasi, dengan kecenderungan positif bagi guru yang memahami dan mendapatkan dukungan, serta kecenderungan negatif bagi yang kurang pemahaman dan merasa terbebani. Hambatan utama mencakup keterbatasan fasilitas, adaptasi pembelajaran berbasis proyek, dan kesiapan guru yang berbeda. Kesimpulannya, persepsi guru menjadi faktor kunci dalam kesuksesan implementasi Kurikulum Merdeka, dan peningkatan sosialisasi, pelatihan, serta komunikasi yang baik antara pihak terkait menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan kurikulum baru ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Almarisi, Kelebihan Dan Kekurangan Kurikulum Merdeka Pada Pmbelajaran Sejarah Dala Perspektif Historis, Mukadimah:”Jurnal Pendidkan Sejarah Dan Ilmu Ilmu Sosial, 2023.111-117

Hidayat, S. Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan Abad 21. Jakarta: Pt Bumi Aksara. 2022

Mulyasa, E. Menjadi Guru Penggerak: Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya. 2020

Mulyasa. Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta: Pt Bumi Aksara. 2021

Prastowo, A. Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Gava Media. 2021

Rahayu Nurul, Wawancara (Jombang, 21 Januari 2025)

Restian, S. Agustian, Rahmad. Rahman, J Ananda, R. &Witarsa, R. Standar Proses Pendidikan Nasional: Implementasi Dan Analisis Terhadap Komponen Guru Matematika Di Sd Muhammadiyah 027 Batubelah. Desember – Januari 2022. 489-504

Siti Maisaroh Wawancara (Jombang 22 Januari 2025)

Sekarwati, & Fauziati, E. Kurtilas dalam Perspektif Pendidika Progresivisme. “Jurnal Pendidikan dan Sains Lentera Arfak, 1 Mei 2022

Sunarni, Hari Karyono, Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar Jurnal on Education, No 02, (2023), 1613-1620.

Syafi’uddin, Wawancara (Jombang,20 Januari 2025)

Downloads

Published

2025-05-27

How to Cite

Abriel Ainani Musyafa, & Khoirul Umam. (2025). Persepsi Guru Terhadap Kurikulum Merdeka di MTs Miftahul Ulum Cermenan Ngoro Jombang. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(2), 860–868. https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1209

Issue

Section

Articles