Pola Pendampingan Individual Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Beribadah Shalat Anak Berkebutuhan Khusus di SLBN Jombang

Authors

  • Nabila Nur Cahyani Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Shohibus Surur Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1152

Abstract

Pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) tidak hanya mencakup pengetahuan umum, tetapi juga pengajaran agama yang mendukung perkembangan spiritual mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola pendampingan individual guru dalam meningkatkan keterampilan beribadah shalat anak berkebutuhan khusus di SLBN Jombang. Menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis studi kasus, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan informan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan wali murid, serta diuji keabsahannya melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pendampingan individual guru bersifat personal dan fleksibel, menyesuaikan kebutuhan siswa dan melibatkan kolaborasi dengan orang tua untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif. Keterampilan shalat diajarkan secara individual dengan memperhatikan syarat, rukun, dan praktik yang disesuaikan, serta dilakukan evaluasi berkala pada perkembangan individu. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya kolaborasi berkelanjutan antara guru dan orang tua untuk memastikan terciptanya lingkungan inklusif yang mendukung perkembangan spiritual dan religius anak berkebutuhan khusus

Downloads

Download data is not yet available.

References

Frastica, A., Sari, M., & Elfiadi, E. (2021). Peningkatan Kemampuan Praktik Ibadah Shalat Melalui Metode Demonstrasi pada Anak Usia 4-5 Tahun di SBB Al-Hikmah Aceh Utara. Seulanga: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 97–109.

Hanaa, H., & Evani, E. M. (2022). Peran penting guru pembimbing khusus dalam pendidikan inklusi di SDI Al-Muttaqin. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(3), 167–171.

Hasbullah, H. (2015). Dasar-dasar Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.

Jannatul, L. (2019). Pembelajaran Ibadah Shalat Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Luar Biasa Negeri Kepahing (Skripsi). Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Lazar, F. L. (2020). Pentingnya pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 12(2), 99–115.

Lisa, R. (2024). Proses Pendampingan Oleh Guru Pendamping dalam Pembelajaran Sistem Isyarat Bahasa Indonesia pada Siswa Tunarungu di Sd SLB ABC Balung Jember (Skripsi). Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Muadzin, A. M. A. (2021). Konsepsi Peran Guru Sebagai Fasilitator dan Motivator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 171–186.

Pitaloka, A. A. P., Fakhiratunnisa, S. A., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep dasar anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 26–42.

Rohma, S. (2023). Upaya Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Shalat Pada Anak Usia 3-4 Tahun di PGTK Plus Al-Afkar Bungurasih Tengah Waru Sidoarjao. Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Suhardjono. (2006). Pendidikan Agama Islam untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Depdiknas.

Sunaryo, & Sunardi. (2006). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus: Pendekatan Pendidikan Inklusif dan Pendidikan Khusus. Depdiknas.

Zuhri, S. W. (2013). Penelitian Studi Kasus. UTM Press.

Downloads

Published

2025-05-29

How to Cite

Nabila Nur Cahyani, & Shohibus Surur. (2025). Pola Pendampingan Individual Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Beribadah Shalat Anak Berkebutuhan Khusus di SLBN Jombang . QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(2), 927–936. https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1152

Issue

Section

Articles