Kemampuan Strategik Pimpinan Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Pendidikan Dilembaga Pendidikan Islam

Authors

  • Maimunah Permata Hati Hasibuah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Maisah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Lukman Hakim UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.113

Abstract

Kemampuan strategis kepemimpinan dalam meningkatkan motivasi kerja pendidik di lembaga pendidikan Islam adalah aspek krusial dalam menjamin kualitas pendidikan. Dalam konteks ini, laporan ini mengeksplorasi hubungan antara kepemimpinan yang efektif dan motivasi kerja pendidik dalam lingkungan pendidikan Islam. Melalui penelaahan literatur dan analisis, dengan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan analisis data dengan reduksi, penyajian dan verifikasi. didapati bahwa pemimpin yang mampu memberikan arahan yang jelas, dukungan, serta menciptakan lingkungan yang mendukung dan memberikan penghargaan mampu meningkatkan motivasi kerja para pendidik. Faktor-faktor seperti partisipasi dalam pengambilan keputusan, peluang pengembangan profesional, konsistensi dalam komunikasi, dan inspirasi visi kepemimpinan turut berperan penting dalam membentuk motivasi para pendidik. Hasilnya menunjukkan bahwa pemimpin yang mampu memadukan strategi-strategi ini dapat menciptakan lingkungan kerja yang memotivasi, berdampak positif pada kualitas pengajaran, serta pertumbuhan profesional para pendidik di lembaga pendidikan Islam. Hal ini menegaskan pentingnya peran strategis kepemimpinan dalam meningkatkan motivasi kerja pendidik dan secara langsung mempengaruhi kualitas pendidikan yang dihasilkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Permata Hati Hasibuah, M., Maisah, & Hakim, L. (2023). Kemampuan Strategik Pimpinan Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Pendidikan Dilembaga Pendidikan Islam. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 96–105. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.113

Issue

Section

Articles