Penerapan Model Problem Base Learning (PBL) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Nadia Saputri Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangkaraya
  • Putri Anggalia P.S Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1112

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) di era kontemporer menghadapi tantangan dalam menanamkan nilai-nilai keislaman secara kontekstual dan aplikatif. Model pembelajaran konvensional sering kali belum mampu mendorong keterlibatan aktif serta pemikiran kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai Islam dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui analisis terhadap 20 artikel ilmiah yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL dalam pembelajaran PAI secara konsisten berdampak positif terhadap peningkatan hasil belajar, kemampuan berpikir tingkat tinggi, kolaborasi, kemandirian belajar, serta penguatan nilai-nilai Islam dalam konteks kehidupan nyata. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa PBL layak diterapkan secara luas dalam pembelajaran PAI karena mampu menciptakan proses belajar yang bermakna, membentuk karakter Islami siswa, serta mendorong mereka menjadi pembelajar aktif yang reflektif, kritis, dan berdaya saing

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, R. D., Hunaida, W. L., & Muqit, A. (2025). Model problem based learning berbasis media sosial: Inovasi pembelajaran untuk penanaman nilai-nilai Islami. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(3).

Al Aziiz, M. S., & Kurnia, D. (2024). Model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan PBJL (Project Based Learning). Rayah Al-Islam, 8(4), 55–68.

Albaab, A. S., Qurratina, N. S., & Asrohah, H. (2025). Tinjauan sistematis implementasi problem-based learning pada pembelajaran pendidikan agama Islam dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 77–91

Alaika, M., Sutikno, S., Rohmah, D. E., Julio, F. A., & Sari, F. U. (2024). Penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan budaya literasi ilmiah mahasiswa PAI UIN Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(Special Issue 1), 55–67.

Azizah, R. U. (2024). Systematic literature review: Pengaruh model pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 88–101.

Erviani, D. (2024). Implementasi problem based learning (PBL) dalam meningkatkan kompetensi siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 133–145.

Hidayati, I. N., Maulidin, S., & Kholifah, S. (2024). Implementasi problem based learning (PBL) pada proses pembelajaran PAI: Studi di SMK Pelita Bangun Rejo. Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 112–124.

Hijriah, S., & Yusuf, I. (2024). Implementasi model problem based learning pada pelajaran PAI dalam meningkatkan daya pikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: SEROJA, 3(3), 44–53.

Khalil, Y. S. H., & Arifin, S. (2024). Implementasi problem based learning dalam pendidikan agama Islam: Analisis perspektif pendidikan karakter di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(6), 9545–9556.

Kurnia, A. M. B., Sutikno, S., Rohmah, D. E., Julio, F. A., & Sari, F. U. (2023). Penerapan model pembelajaran problem-based learning dalam meningkatkan budaya literasi ilmiah mahasiswa PAI UIN Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(Special Issue 1), 45–57.

Mufidah, A., & Subhi, M. R. (2023). Model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu peserta didik dalam pembelajaran PAI. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(5), 98–109.

Nur Rohman, N., & Syaifi, M. (2025). Penerapan model pembelajaran problem basic learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar PAI Kurikulum Merdeka kelas IV SDN Gendro 2 Tutur Pasuruan. Jurnal Pendidikan Educandum, 5(1), 22–34.

Pangestu, A., Setiawan, A., & Rahmawati, L. (2024). Implementasi model pembelajaran problem based learning di SMP Negeri 9 Kota Metro. Al-Mujib: Jurnal Multidisipliner, 1(2), 77–88.

Qadri, M. A., Irawan, R., Dewi, R., Khairunnisa, & Zulaiha, S. (2024). Implementasi model pembelajaran problem-based learning pada pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII SMP IT Ar-Ridha Pantai Cermin. IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(4), 190–203.

Ramadani, S. (2024). Penerapan metode pembelajaran PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti SD Negeri 050650 P. Rambung. JURNAL SIKLUS: Penelitian Tindakan Kelas (PTK), 2(2), 55–67.

Sahilul Albaab, A., Qurratina, N. S., & Asrohah, H. (2025). Tinjauan sistematis implementasi problem-based learning pada pembelajaran pendidikan agama Islam dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 70–84

Seroja, S. H., Yusuf, I., & Lestari, D. (2024). Implementasi model problem-based learning dalam meningkatkan daya pikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan: SEROJA, 3(3), 101–110.

Shidiq Al Aziiz, M., & Kurnia, D. (2024). Model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan PBJL (Project Based Learning). Rayah Al-Islam, 8(4), 50–63.

Wahyudi, G. F., Suriansyah, A., & Rafianti, W. R. (2024). Analisis efektivitas penerapan model PBL dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 223–234.

Zamroni, M. R. S. (2023). Dampak metode pembelajaran problem based learning terhadap pengembangan pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 8(4), 67–78.

Downloads

Published

2025-05-15

How to Cite

Nadia Saputri, & Putri Anggalia P.S. (2025). Penerapan Model Problem Base Learning (PBL) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(2), 751–761. https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1112

Issue

Section

Articles