Representasi Wanita Muslim Dalam Iklan Wardah Sebagai Medium Dakwah

Authors

  • Fadia Haya Rahmi Hanum Institut Agama Islam (IAI) Ar-Risalah Inhil, Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1087

Abstract

Konteks iklan-iklan dalam produk Wardah memperlihatkan representasi wanita muslim sering ditempatkan dalam narasi tertentu yang membawa pesan moral, budaya, dan agama. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan representasi perempuan muslim dalam iklan wardah yang ditayangkan di televisi nasional dan saluran YouTube resmi Wardah sebagai medium dakwah terutama bagi kaum perempuan. Penelitian ini mengeksplorasi penggambaran yang terkandung dalam penampilan dan perilaku wanita muslim dalam iklan produk Wardah melalui pendekatan kualitatif dan disajikan secara deskriptif. Data dikumpulkan dari iklan televisi dan saluran YouTube resmi Wardah lalu diolah menggunakan metode analisis wacana visual dengan menggunakan teori representasi, konsep dakwah, dan komunikasi islam kontekstual. Studi ini menemukan bahwa representasi wanita muslim dalam iklan Wardah menggambarkan perempuan muslim sebagai individu yang percaya diri, modern, dan beriman, menggunakan visual dan cerita untuk menginspirasi dan memotivasi tanpa muatan dakwah yang eksplisit. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Wardah merepresentasikan wanita muslim sebagai pemberdayaan dan pertumbuhan pribadi melalui penyampaikan dakwah secara kultural atau simbolik sebagai gaya hidup positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalina, D. (2020). Etika dakwah dalam iklan produk halal di media televisi. Jurnal Komunikasi Islam dan Penyiaran, 5(2), 101–115.

Cangara, H. (2007). Pengantar ilmu komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Harjadi, D., Kartika, N. E., & Gunawan, W. H. (2021). Islamic marketing strategy in building Indonesia halal business ecosystem. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(3), 1225–1237. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR

Fayaz, N. (2020). The branded Muslim woman: A qualitative study into the symbolic boundaries negotiated around the portrayal of Muslim women in brand cultures (Media@LSE Working Paper Series). London School of Economics and Political Science.

Hall, S. (1997). Representation: Cultural representations and signifying practices. London: Sage.

Hidayat, M. (2019). Representasi gender dalam iklan Islami di televisi Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 50–65.

Heryanto, A. (2011). Identitas dan kenikmatan: Politik budaya layar Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Nasution, A. (2018). Iklan halal sebagai media dakwah visual: Studi kasus Wardah dan Zoya. Komunika: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 12(1), 45–58.

Salsabila, N. (2022). Representasi gaya hidup wanita Muslim dalam iklan Wardah versi “In My Life”. Panangkaran, 24(2), 113–127. https://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/panangkaran/article/view/0202-02

Kusumaningtyas, A. D., Tabroni, I., & Effendi, M. R. (2023). Women with hijab in the advertisement: Between identity politics, religious commodification and the deconstruction on the meaning of beauty. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(1), 1–12.

Qudratullah, & Malik, I. A. (2024). Beyond the domestic space: The beauty of women in hijab in the commercials. Musãwa: Jurnal Studi Gender dan Islam, 23(1), 114–126. https://doi.org/10.24239/musawa.Vol23.Iss1.2024

Wardah Official. (2021, July 1). Wardah Beauty Moves You Campaign [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=aGw4HwPRHsU

Wardah Official. (2023, May 10). Wardah Saling Menguatkan [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=F6MfmV-u2kc

Wardah Official. (2024, February 14). Wardah Teruskan Langkah Baikmu [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=cLGDt7MZ_ms

Wardah Official. (2025, March 8). Wardah Menangkan Langkah Kebaikan [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=0C69Bhu0F7k

Downloads

Published

2025-05-13

How to Cite

Rahmi Hanum, F. H. (2025). Representasi Wanita Muslim Dalam Iklan Wardah Sebagai Medium Dakwah. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(2), 687–697. https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1087

Issue

Section

Articles