Pendidikan Agama Untuk Lansia di Era Digital: Refleksi An -Nahl 70 dan Pemikiran Paulo Freire
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1080Abstract
Transformasi digital telah mengubah cara manusia berinteraksi dengan ilmu pengetahuan, termasuk dalam kategori pendidikan agama. Lansia, sebagai generasi yang sering terpinggirkan dalam arus digitalisasi, memerlukan pendidikan khusus agar tetap terlibat dalam proses pembelajaran spiritual. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi dan pendekatan pendidikan yang membebaskan. Dengan menggunakan metode kajian pustaka, studi ini menelaah literatur tafsir Al-Qur’an dan pemikiran pedagogis kritis Paulo Freire. Hasil kajian menunjukan bahwa QS. An-Nahl: 70 mengandung pesan mendalam tentang kondisi lansia yang mengalami kemunduran fisik dan mental sebagai bagian sunnatullah, namun tetap memiliki potensi spiritual yang dapat dikembangkan. Oleh karena itu, pendidikan agama bagi lansia di era digital perlu dirancang dengan pendekatan interaktif, empatik, dan berbasis teknologi yang mudah diakses. Kajian ini menegaskan pentingnya merancang model pendidikan agama yang memadukan nilai-nilai Qur’ani dengan prinsip emansipatoris.
Downloads
References
Affandi, E. R., Wahidin, U., & Sarifudin, A. (2024). Pembinaan Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan ketaatan beragama lanjut usia (Lansia). Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(4), 369–382.
Al Gufron, M., Rezeki, A., Nafi’Wijaya, W., & Suryo, K. (2024). MODEL PEMBELAJARAN BAGI MANULA. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 8(2), 106–115.
Azra, A. (1999). Pendidikan Islam: tradisi dan modernisasi menuju milenium baru. Logos Wacana Ilmu.
Freire, P. (1970). Pedagogy of the oppressed, New York (Herder & Herder) 1970.
Freire, P. (2000). Pedagogy of the oppressed (30th anniv. ed.). New York: Continuum, 35.
Freire, P. (2020). Pedagogy of the oppressed. In Toward a sociology of education (pp. 374–386). Routledge.
Freire, P. (2021). Education for critical consciousness.
Freire, P., & Shor, I. (1987). A pedagogy for liberation: Dialogues on transforming education.
Inayati, M., & Hasan, N. (2022). Revitalisasi Pendidikan Islam Tradisional Dalam Era Transformasi Digital. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 20(3), 486–500.
Machali, I., & Hidayah, N. S. (2014). Pendidikan Agama Islam Pada Santri Lanjut Usia Di Pondok Pesantren Sepuh Masjid Agung Payaman Magelang. AN NUR: Jurnal Studi Islam, 6(1).
Maulidi, R., & Badriyah, L. (2024). Kolaborasi Pendidikan Agama Islam Dan Teknologi Digital Dalam Membangun Karakter Siswa Di Era Society 5.0. Cendikia Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(9).
Muhammad, G., Zakiah, Q. Y., & Erihadia, M. (2021). Implementasi pendidikan karakter religius melalui media pembelajaran berbasis teknologi. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(4), 481–495.
Muttaqin, Z. (2024). Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Impementasi Platform E-Learning. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 18(3), 2153–2168.
Nafisah, U. (2021). Konsep Pendidikan Pembebasan dalam Perspektif Islam (Menurut Paulo Freire). Jurnal Penelitian Agama, 22(2), 199–212.
Nata, H. A. (2016). Pendidikan dalam perspektif Al-Qur’an. Prenada Media.
Parani, R., Purba, H., Nayda, K., & Christy, F. A. (2023). Literasi Digital Bagi Kelompok Lansia: Upaya untuk Mencegah Kejahatan di Ruang Digital. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 6, 1–8.
Prasetia, S. A., Fahmi, M., Alfiyah, H. Y., & Adienk, F. M. S. (2021). Menyandingkan pendidikan pembebasan Paulo Freire dengan pendidikan Islam. Jurnal TARBAWI, 10(1), 1–32.
Prastio, M. A., & Soraya, I. (2024). ANALISA PERUBAHAN PENDIDIKAN AGAMA MELALUI TRANSFORMASI ICT. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3670–3683.
Pribadi, B. A. (2017). Media & teknologi dalam pembelajaran. Prenada Media.
Quran kemenag. (n.d.). https://quran.kemenag.go.id/.
Rusady, M., Sholikhah, A. F., Aini, D., Muadlomah, A., Firnanda, D., Sugiarto, I. D., & Asrori, M. (2025). PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SPIRITUAL LANSIA DI PONDOK PANTI LANSIA AT-TAQWA LAMONGAN. Jurnal Ilmiah Research Student, 2(1), 277–286.
Salisah, S. K., Darmiyanti, A., & Arifudin, Y. F. (2024). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik di era digital tinjauan literatur. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 36–42.
Sulandari, S., Wijayanti, M., & Pornamasari, R. D. (2017). Keterlibatan lansia dalam pengajian: Manfaat spiritual, sosial, dan psikologis. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2).
Wahbah Az-Zuhaili. (2013). Tafsir Al-Munir: Aqidah, Syariah, Manhaj, Jilid 15 & 16 , Abdul Hayyie Al Kattani, Dkk., Penerjemah. Gema Insani.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kholif Sadiyah, Nasikhin, Fihris

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.