Implementasi Psikologi Manajemen Dalam Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Kondusif di Lembaga Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1078Abstract
Lingkungan kerja yang kondusif di lembaga pendidikan merupakan faktor kunci dalam meningkatkan kinerja dan kesejahteraan staf serta tenaga pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi psikologi manajemen dalam menciptakan lingkungan kerja yang ideal, dengan fokus pada interaksi antara faktor internal (kepemimpinan, komunikasi, budaya organisasi) dan eksternal (perubahan teknologi, sosial, ekonomi). Metode penelitian menggunakan pendekatan studi pustaka, dengan data dikumpulkan dari buku, jurnal ilmiah, dokumen lembaga pendidikan, dan situs web terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip psikologi manajemen, seperti motivasi, komunikasi efektif, dan kepemimpinan transformasional, berperan signifikan dalam membentuk lingkungan kerja yang produktif dan suportif. Implementasinya tercermin dalam penyusunan kurikulum, strategi pembelajaran, bimbingan konseling, serta peningkatan motivasi peserta didik. Namun, tantangan seperti resistensi terhadap perubahan, keterbatasan sumber daya, dan kurangnya dukungan manajemen masih menjadi hambatan. Untuk mengatasi hal ini, penelitian merekomendasikan pelatihan staf, pemberdayaan sumber daya manusia, dan pendekatan manajemen yang adaptif. Temuan ini memberikan kontribusi teoretis dan praktis bagi pengembangan lingkungan kerja yang kondusif di lembaga pendidikan.
Downloads
References
Amarta, Y., Marsidin, S., & Sulastri, S. (2022). Peran Psikologi Manajemen dalam Membangun Lingkungan Kerja yang Kondusif di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 11299–11305.
Aswadi Lubis. (2015). Lingkungan Kerja Yang Kondusif Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Al-MASHARIF, 3, No. 1, 34–50.
Bank, W. (2021). Keadaan Keuangan Pendidikan Global.
Benedictus Aditya. (2023). Dinamika Kreatif Manajemen Strategis Dinamika Kreatif Manajemen Strategis. 7 Juni 2023, 06(1), 12–27.
Caso, A. (2013). Meningkatkan mutu Pendidikan. Journal of Petrology, 369(1), 1689–1699.
Desni Yuniarni, D. (2022). Strategi Psikologi Manajemen Dalam Meningkatkan Pendidikan Di Mts Sukaramai. Lokakarya, 1(1), 28. https://doi.org/10.30821/lokakarya.v1i1.1449
Desni Yuniarni, Sriwaty, I., Yanthi, D., Pambudhi, Y. A., Satwika, P. A., Nurhayati, S. A., Yusuf, D. M., Haryanto, R. D., Salim, N. A., Rifandi, A., Sulaiman, Anggraeni, S., Qalbi, L. O. S., & Donal Ortega, S. (2024). Psikologi Manajemen (R. T. Herdiani (ed.)). EUREKA MEDIA AKSARA.
Ingersoll, R. (2020). Tujuh Tren: Transformasi Tenaga Pengajar. Laporan Penelitian CPRE.
Leithwood, K., & Sun, J. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Prestasi Siswa. Administrasi Pendidikan Triwulanan.
Maslach, C., & Leiter, M. . (2021). The Truth About Burnout. Jossey-Bass.
Robbins, S.P., & Judge, T. . (2019). Perilaku Organisasi. Pearson.
San Putra, & Wildansyah Lubis. (2023). Implementasi Psikologi Manajemen dalam Membangun Lingkungan Kerja yang Kondusif di Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 5(2), 169–181. https://doi.org/10.51339/isyrof.v5i2.1531
Selwyn, N. (2020). Pendidikan dan Teknologi: Isu-isu Utama dan Perdebatan. Bloomsbury Akademik.
Shockley-Zalabak, P. (2020). Dasar-Dasar Komunikasi Organisasi. Pearson.
Turkle, S. (2017). Merebut Kembali Percakapan: Kekuatan Bicara di Era Digital. Penguin Books.
UNESCO. (2020). Laporan Pemantauan Pendidikan Global: Inklusi dan Pendidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Frisca Nur Kumala Sari, Nur Azizatur Rohmah, Fairus Tahta Alifana, Siti Zumrotun Khasanah , Nadya Noer Safitri, Mu’alimin Safitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.