Implementasi Psikologi Manajemen Dalam Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Kondusif di Lembaga Pendidikan

Authors

  • Frisca Nur Kumala Sari UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Nur Azizatur Rohmah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Fairus Tahta Alifana UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Siti Zumrotun Khasanah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Nadya Noer Safitri UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Mu’alimin UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1078

Abstract

Lingkungan kerja yang kondusif di lembaga pendidikan merupakan faktor kunci dalam meningkatkan kinerja dan kesejahteraan staf serta tenaga pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi psikologi manajemen dalam menciptakan lingkungan kerja yang ideal, dengan fokus pada interaksi antara faktor internal (kepemimpinan, komunikasi, budaya organisasi) dan eksternal (perubahan teknologi, sosial, ekonomi). Metode penelitian menggunakan pendekatan studi pustaka, dengan data dikumpulkan dari buku, jurnal ilmiah, dokumen lembaga pendidikan, dan situs web terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip psikologi manajemen, seperti motivasi, komunikasi efektif, dan kepemimpinan transformasional, berperan signifikan dalam membentuk lingkungan kerja yang produktif dan suportif. Implementasinya tercermin dalam penyusunan kurikulum, strategi pembelajaran, bimbingan konseling, serta peningkatan motivasi peserta didik. Namun, tantangan seperti resistensi terhadap perubahan, keterbatasan sumber daya, dan kurangnya dukungan manajemen masih menjadi hambatan. Untuk mengatasi hal ini, penelitian merekomendasikan pelatihan staf, pemberdayaan sumber daya manusia, dan pendekatan manajemen yang adaptif. Temuan ini memberikan kontribusi teoretis dan praktis bagi pengembangan lingkungan kerja yang kondusif di lembaga pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amarta, Y., Marsidin, S., & Sulastri, S. (2022). Peran Psikologi Manajemen dalam Membangun Lingkungan Kerja yang Kondusif di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 11299–11305.

Aswadi Lubis. (2015). Lingkungan Kerja Yang Kondusif Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Al-MASHARIF, 3, No. 1, 34–50.

Bank, W. (2021). Keadaan Keuangan Pendidikan Global.

Benedictus Aditya. (2023). Dinamika Kreatif Manajemen Strategis Dinamika Kreatif Manajemen Strategis. 7 Juni 2023, 06(1), 12–27.

Caso, A. (2013). Meningkatkan mutu Pendidikan. Journal of Petrology, 369(1), 1689–1699.

Desni Yuniarni, D. (2022). Strategi Psikologi Manajemen Dalam Meningkatkan Pendidikan Di Mts Sukaramai. Lokakarya, 1(1), 28. https://doi.org/10.30821/lokakarya.v1i1.1449

Desni Yuniarni, Sriwaty, I., Yanthi, D., Pambudhi, Y. A., Satwika, P. A., Nurhayati, S. A., Yusuf, D. M., Haryanto, R. D., Salim, N. A., Rifandi, A., Sulaiman, Anggraeni, S., Qalbi, L. O. S., & Donal Ortega, S. (2024). Psikologi Manajemen (R. T. Herdiani (ed.)). EUREKA MEDIA AKSARA.

Ingersoll, R. (2020). Tujuh Tren: Transformasi Tenaga Pengajar. Laporan Penelitian CPRE.

Leithwood, K., & Sun, J. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Prestasi Siswa. Administrasi Pendidikan Triwulanan.

Maslach, C., & Leiter, M. . (2021). The Truth About Burnout. Jossey-Bass.

Robbins, S.P., & Judge, T. . (2019). Perilaku Organisasi. Pearson.

San Putra, & Wildansyah Lubis. (2023). Implementasi Psikologi Manajemen dalam Membangun Lingkungan Kerja yang Kondusif di Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 5(2), 169–181. https://doi.org/10.51339/isyrof.v5i2.1531

Selwyn, N. (2020). Pendidikan dan Teknologi: Isu-isu Utama dan Perdebatan. Bloomsbury Akademik.

Shockley-Zalabak, P. (2020). Dasar-Dasar Komunikasi Organisasi. Pearson.

Turkle, S. (2017). Merebut Kembali Percakapan: Kekuatan Bicara di Era Digital. Penguin Books.

UNESCO. (2020). Laporan Pemantauan Pendidikan Global: Inklusi dan Pendidikan.

Downloads

Published

2025-05-22

How to Cite

Kumala Sari, F. N., Rohmah, N. A., Alifana, F. T., Khasanah , S. Z., Safitri, N. N., & Mu’alimin. (2025). Implementasi Psikologi Manajemen Dalam Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Kondusif di Lembaga Pendidikan. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(2), 811–819. https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1078

Issue

Section

Articles