Menakar Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era Pendidikan Modern

Authors

  • Syarifah Normawati Institut Agama Islam (IAI) Ar-Risalah Indragiri Hilir Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1064

Abstract

Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran strategis dalam membentuk karakter religius peserta didik, namun masih menghadapi tantangan dalam menjawab kebutuhan pendidikan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menakar sejauh mana kurikulum PAI mampu merespons tuntutan pendidikan modern yang menekankan nilai kontekstual, keterampilan abad 21, dan penguatan karakter Islami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research) yang menganalisis dokumen kebijakan, buku ajar, dan hasil penelitian dalam sepuluh tahun terakhir. Hasil analisis menunjukkan bahwa kurikulum PAI masih didominasi pendekatan kognitif-instruksional dan belum sepenuhnya mengakomodasi nilai moderasi, literasi digital, dan pembelajaran kolaboratif. Kurikulum Merdeka membuka peluang pembaruan, namun implementasinya masih terbatas karena kurangnya pelatihan guru dan materi ajar yang adaptif. Simpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa pembaruan kurikulum PAI diperlukan secara menyeluruh untuk memastikan kesesuaiannya dengan kebutuhan peserta didik masa kini, serta pentingnya mengembangkan model pembelajaran yang kontekstual, transformatif, dan berorientasi pada karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, I. (2021). Problematika kurikulum pendidikan Islam di era milenial. Malang: UIN Maliki Press.

Asadullah, M. N., Rahman, A., & Arif, S. (2023). Religious literacy and education for global citizenship. Journal of Education and Human Development, 12(1), 22–35.

Amin, M., & Lubis, M. (2021). Penguatan pendidikan multikultural melalui kurikulum PAI dalam membentuk karakter toleran. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 55–70.

Fauzan, M. (2020). Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan tantangannya di era revolusi industri 4.0. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 189–2

Hidayatullah, S. (2017). Transformasi kurikulum PAI di era digital. Jurnal Studi Keislaman, 13(1), 24–39.

Ma’arif Institute. (2022). Evaluasi Kurikulum PAI dalam Perspektif Moderasi Beragama. Jakarta: Ma’arif Institute.

Muhaimin. (2018). Rekonstruksi Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Nurlaelawati, E., & Parker, L. (2020). Islamic education in Indonesia: Between religious tradition and modernity. Contemporary Islam, 14(2), 145–162.

Qomaruddin, M. (2023). Peran guru dalam implementasi kurikulum PAI berbasis nilai humanis. Jurnal Edukasi Islam, 10(1), 102–115.

Reimers-Hild, C., & King, J. (2010). Six questions for entrepreneurial leadership and innovation in distance education. Online Journal of Distance Learning Administration, 13(1).

Rosyada, D. (2016). Pendidikan Islam dalam sistem pendidikan nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sukiman, & Machali, I. (2019). Desain pembelajaran Pendidikan Agama Islam di era digital. Yogyakarta: Deepublish.

Suryana, A., & Syamsuddin, A. (2019). Pendekatan tematik-integratif dalam pengembangan kurikulum PAI di sekolah dasar. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 88–98

Tyler, R. W. (2013). Basic principles of curriculum and instruction. University of Chicago Press.

Zuhdi, M. (2020). Recontextualizing Islamic education: A curriculum reform in Indonesia. Journal of Social Studies Education Research, 11(2), 65–81.

Downloads

Published

2025-05-08

How to Cite

Syarifah Normawati. (2025). Menakar Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era Pendidikan Modern. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(2), 619–625. https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1064

Issue

Section

Articles