Urgensi Pembelajaran Enterpreneurship Pada Anak Usia Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1059Abstract
Peningkatan daya saing bangsa di era global menuntut penguatan pendidikan dasar sebagai fondasi pembentukan karakter dan keterampilan abad 21. Salah satu keterampilan penting tersebut adalah kewirausahaan yang sejalan dengan tuntutan inovasi dan kemandirian individu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi pembelajaran entrepreneurship pada anak usia sekolah dasar sebagai upaya membentuk generasi bermental wirausaha sejak dini. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) dengan menelaah literatur yang relevan dari buku, jurnal, dan dokumen akademik. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran entrepreneurship pada anak SD dapat melatih keberanian, kemandirian, kreativitas, serta kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah. Nilai-nilai tersebut penting ditanamkan sejak dini untuk membentuk karakter tangguh dan adaptif dalam menghadapi tantangan masa depan. Pendidikan kewirausahaan juga dapat menjadi sarana efektif dalam membentuk peserta didik yang inovatif dan memiliki etos kerja tinggi. Dengan demikian, integrasi entrepreneurship dalam pendidikan dasar merupakan strategi penting untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul, mandiri, dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi nasional.
Downloads
References
Arasti, Fayarjani, dan Imanipour “A Study Of Teaching Methods In Enterpreneurship Education For Graduate Students” Vol. 2, No. 1, Maret 2012
Brussel, Entrepreneurship Education in India : A Critical Assessment and a Proposed Framework, Technology Innovation Management, 2014
Dahlstedt, M., & Hertzberg, F. Schooling entrepreneurs: Entrepreneurship, governmentality and education policy in Sweden at the turn of the millennium. Journal of Pedagogy / Pedagogický Casopis, 2012
El Khuluqo, I. Early Childhood Entrepreneurship Education: a Brief Description of an Ideal Entrepreneurship Learning for Middle Childhood. IMC 2016 Proceedings,2017
Fayolle A, Entrepreneurship Education in Europe: Trends and Challenges, OECD LEED Programme, universities, innovation and entrepreneurship: good practice workshop. 2009
Kasmir. Kewirausahaan. Jakarta:.Raja Grafindo Persada, 2013
Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Pustaka Setia, 2011
Mestika Zed, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta : Yayasan Obor Indonesia, 2008
M. Nazir, Metode Penelitian, Jakarta : Ghalia Indonesia, 2003
Mwasalwiba, E. S, Entrepreneurship education: a review of its objectives, teaching methods, and impact indicators. Education and Training. 2010
Reimers-Hild, C. and King, J. Six questions for entrepreneurial leadership and innovation in distance education,Online Journal of Distance Learning administration, 2010
Ronstadt, R. C,Entrepreneurship, Dover, MA: Lord Publishing Co., p. 1984
Shapero, A, Entrepreneurship and Economic Development, Wisconsin: project ISEED, LTD., The Center for Venture Management, Summer, p, 1975
Smith, W., & Chimucheka, T. Entrepreneurship, Economic Growth and Entrepreneurship Theories. Mediterranean Journal of Social Sciences, 2014
Syafii Antonio. Ensiklopedia Leadership & Manajemen Muhammad SAW. Jakarta:Tazkia, 2010
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Novi Suryawati, Siti Mariyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.