Urgensi Pembelajaran Enterpreneurship Pada Anak Usia Sekolah Dasar

Authors

  • Novi Suryawati IAI Miftahul Ulum Tanjungpinang
  • Siti Mariyah IAI Miftahul Ulum,Tanjungpinang

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1059

Abstract

Peningkatan daya saing bangsa di era global menuntut penguatan pendidikan dasar sebagai fondasi pembentukan karakter dan keterampilan abad 21. Salah satu keterampilan penting tersebut adalah kewirausahaan yang sejalan dengan tuntutan inovasi dan kemandirian individu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi pembelajaran entrepreneurship pada anak usia sekolah dasar sebagai upaya membentuk generasi bermental wirausaha sejak dini. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) dengan menelaah literatur yang relevan dari buku, jurnal, dan dokumen akademik. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran entrepreneurship pada anak SD dapat melatih keberanian, kemandirian, kreativitas, serta kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah. Nilai-nilai tersebut penting ditanamkan sejak dini untuk membentuk karakter tangguh dan adaptif dalam menghadapi tantangan masa depan. Pendidikan kewirausahaan juga dapat menjadi sarana efektif dalam membentuk peserta didik yang inovatif dan memiliki etos kerja tinggi. Dengan demikian, integrasi entrepreneurship dalam pendidikan dasar merupakan strategi penting untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul, mandiri, dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arasti, Fayarjani, dan Imanipour “A Study Of Teaching Methods In Enterpreneurship Education For Graduate Students” Vol. 2, No. 1, Maret 2012

Brussel, Entrepreneurship Education in India : A Critical Assessment and a Proposed Framework, Technology Innovation Management, 2014

Dahlstedt, M., & Hertzberg, F. Schooling entrepreneurs: Entrepreneurship, governmentality and education policy in Sweden at the turn of the millennium. Journal of Pedagogy / Pedagogický Casopis, 2012

El Khuluqo, I. Early Childhood Entrepreneurship Education: a Brief Description of an Ideal Entrepreneurship Learning for Middle Childhood. IMC 2016 Proceedings,2017

Fayolle A, Entrepreneurship Education in Europe: Trends and Challenges, OECD LEED Programme, universities, innovation and entrepreneurship: good practice workshop. 2009

Kasmir. Kewirausahaan. Jakarta:.Raja Grafindo Persada, 2013

Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Pustaka Setia, 2011

Mestika Zed, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta : Yayasan Obor Indonesia, 2008

M. Nazir, Metode Penelitian, Jakarta : Ghalia Indonesia, 2003

Mwasalwiba, E. S, Entrepreneurship education: a review of its objectives, teaching methods, and impact indicators. Education and Training. 2010

Reimers-Hild, C. and King, J. Six questions for entrepreneurial leadership and innovation in distance education,Online Journal of Distance Learning administration, 2010

Ronstadt, R. C,Entrepreneurship, Dover, MA: Lord Publishing Co., p. 1984

Shapero, A, Entrepreneurship and Economic Development, Wisconsin: project ISEED, LTD., The Center for Venture Management, Summer, p, 1975

Smith, W., & Chimucheka, T. Entrepreneurship, Economic Growth and Entrepreneurship Theories. Mediterranean Journal of Social Sciences, 2014

Syafii Antonio. Ensiklopedia Leadership & Manajemen Muhammad SAW. Jakarta:Tazkia, 2010

Downloads

Published

2025-05-08

How to Cite

Novi Suryawati, & Siti Mariyah. (2025). Urgensi Pembelajaran Enterpreneurship Pada Anak Usia Sekolah Dasar. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(2), 611–618. https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1059

Issue

Section

Articles