Nilai-Nilai Toleransi Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Darul Ulum Tapen Jombang
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1052Abstract
Interaksi sosial siswa di lingkungan sekolah yang majemuk memerlukan penguatan nilai-nilai toleransi agar tercipta hubungan yang harmonis dan inklusif. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai toleransi sebagai bagian dari karakter keagamaan dan sosial peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran nilai-nilai toleransi dalam meningkatkan kualitas interaksi sosial siswa melalui pembelajaran PAI di SMA Darul Ulum Tapen Jombang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi kasus, melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari siswa, guru PAI, dan kepala sekolah. Data dianalisis secara induktif untuk memahami dinamika penerapan toleransi dalam kehidupan sosial siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mampu berinteraksi secara terbuka dan harmonis melalui berbagai aktivitas seperti diskusi kelompok dan kegiatan ekstrakurikuler, meskipun terdapat hambatan seperti rasa canggung dan kecemasan sosial. Sekolah telah merespons tantangan ini dengan program konseling dan pelatihan keterampilan sosial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran PAI berdampak positif terhadap peningkatan kualitas interaksi sosial siswa dan memperkuat semangat persatuan di lingkungan sekolah
Downloads
References
Ahmadi, D. (2008). Interaksi simbolik: Suatu pengantar. Mediator.
Arisandi, Y. (2019). Antropologi kesehatan dalam konteks keperawatan. Jawa Tengah: PT Nasya Expanding Management.
Budiyanto, B., Mangun, & Kurniawan, S. (2017). Strategi dan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.
Darmodiharjo, D., & Shidarta. (2006). Pokok-pokok filsafat hukum. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Devi, D. A. (2020). Toleransi beragama. Alprin.
Faisal, A., & Setiawan, A. (2024). Optimalisasi peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai toleransi antar umat beragama pada peserta didik. Al-Rabwah: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Falaq, D. A., Abdurrobil, et al. (2025). Kemampuan pemahaman matematika menggunakan konteks budaya lokal. Sulawesi Tengah: CV Feniks Muda Sejahtera.
Handayani, F. R. (2018). Mengelola konflik meningkatkan efektivitas organisasi. Balai Diklat Kepemimpinan Magelang.
Idris, S. (2017). Internalisasi nilai dalam pendidikan. Yogyakarta: Darussalam Publishing.
Khotimah. (2013). Toleransi beragama. Jurnal Ushuluddin, 2, Juli.
Maryati, K., & Suryawati, J. (2006). Sosiologi. Esis.
Mikkelsen, B. (2011). Metode penelitian partisipatoris dan upaya pemberdayaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Muhaimin. (2012). Paradigma pendidikan Islam: Upaya mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munawir, et al. (2024). Analisis penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 9.
Murfiah, U. (2017). Pembelajaran terpadu: Teori & praktik terbaik di sekolah. Bandung: Refika Aditama.
Mustah, J. (2017). Manajemen pendidikan: Teori, kebijakan, dan praktik. Jakarta: Kencana.
Pitaloka, D. L. (2021). Peran guru dalam menanamkan nilai toleransi pada anak usia dini di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5.
Purwanto, Y., et al. (2019). Internalisasi nilai moderasi melalui Pendidikan Agama Islam di perguruan tinggi umum. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 17(2).
Sapari, Y. (2025). Etika dan filsafat komunikasi. Yogyakarta: K-Media.
Sari, S. F., Sundari, N., & Mashudi, E. (2024). Pola interaksi sosial pada anak usia dini dengan keterlambatan bicara (speech delay). PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini.
Setiadi, E. M., Hakam, K. A., & Effendi, R. (2017). Ilmu sosial dan budaya dasar. Jakarta: Kencana.
Sunariyanto, B. (2017). Mencoba untuk tidak menyerah. Ponorogo: Wade.
Wahid, A. (2010). Al-Qur’an kitab toleransi. Pustaka Oasis
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ristina Amelya, Jasminto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.