Strategi Integratif Pendekatan Psikologis dan Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Generasi Alpha
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i2.1027Abstract
Pendidikan karakter menjadi kebutuhan mendesak dalam membina Generasi Alpha yang tumbuh di era digital dan penuh disrupsi nilai. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi integratif antara pendekatan psikologis dan pendidikan Islam dalam pembentukan karakter Generasi Alpha melalui metode Systematic Literature Review (SLR) dengan protokol Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA). Hasil telaah terhadap 15 artikel ilmiah menunjukkan bahwa integrasi psikologi dan pendidikan Islam menjadi fondasi efektif dalam menanamkan nilai-nilai seperti empati, tanggung jawab, dan spiritualitas. Pendekatan psikologis seperti teori belajar sosial, penguatan hubungan emosional, dan penggunaan media naratif terbukti memperkuat proses internalisasi nilai. Di sisi lain, metode Islami seperti keteladanan, pembiasaan, dan refleksi Qur’ani secara konsisten mengarahkan peserta didik pada pembentukan karakter yang berakar pada nilai tauhid dan moralitas Islam. Selain itu, pemahaman tahap perkembangan anak dan integrasi teknologi dalam kurikulum karakter Islam dipandang krusial untuk menjawab tantangan generasi digital. Studi juga menekankan pentingnya keterlibatan keluarga dan masyarakat dalam mendukung pendidikan karakter berbasis nilai Qur’an dan Hadis
Downloads
References
Alamsyah, Muh. N., Umar, N. F., & Saman, A. (2023). Pengembangan Media Bimbingan Karier Animasi Motion Graphic Sebagai Layanan Informasi Karier Pada Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Educational Counseling, 7(2), 240–254. https://doi.org/10.30653/001.202372.265
Alhamuddin, A., Surbiantoro, E., & Erlangga, R. D. (2022). Character Education in Islamic Perspective: 4th Social and Humanities Research Symposium (SoRes 2021), Bandung, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220407.066
Aliyah, U., Wibowo, M. E., Purwanto, E., & Sunawan, S. (2024). Construct Social Emotional Learning (SEL) in the Islamic Paradigm for Muslim Students in Indonesia. Islamic Guidance and Counseling Journal, 7(2), 1–13. https://doi.org/10.25217/0020247500300
Arifani Maulida Rahman, S. R., & Abid, D. F. (2022). Tahap Perkembangan Moral Anak Perspektif Psikologi Pendidikan Islam. AKHLAQUL KARIMAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 35–50. https://doi.org/10.24235/oasis.v6i2.9935
Arliman, L. (2021). Pendidikan Karakter Dalam Tinjauan Psikologi. Ensiklopedia of Journal, 3(3), 181–186. https://doi.org/10.33559/eoj.v3i3.754
Azizah, U. N. (2024). Character Education and Moral Concepts from Lichona ’ s and Kohlberg ’ s Perspectives. Journal of Education and Religious Studies (JERS), 04(02), 59–66. https://doi.org/10.57060/jers.v4i02.129
Birhan, W., Shiferaw, G., Amsalu, A., Tamiru, M., & Tiruye, H. (2021). Exploring the context of teaching character education to children in preprimary and primary schools. Social Sciences & Humanities Open, 4(1), 100171. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2021.100171
Darwati, I., Abidin, Y., & Sutini, A. (2025). Internalization of Character Education in Learning for Generation Alpha to Foster Indonesia’s Golden Generation by 2045. International Conference on Elementary Education, 7(1), 345–358.
Elihami, E. (2021). An innovation of character of Islamic religious studies education towards education 4.0 in Elementary School: Bibliometric Reviews. Jurnal Basicedu, 6(1), 146–156. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1832
Espinosa Zárate, Z., Ahedo, J., & Rumayor, M. (2023). Friendship and character education: A systematic review. Revista Española de Pedagogía, 81(284), 143–169. https://doi.org/10.22550/REP81-1-2023-08
Fakhruddin, A. U. (2018). Penguatan Pembelajaran Melalui Value Based Education. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(1), 37–49. https://doi.org/10.14421/jpai.2017.141-03
Fauzi, A., & Hasanah, A. (2024). Landasan Pendidikan Karakter dalam Pandangan Teori Perkembangan Moral Kognitif. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 7(1), 34–41. https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i1.22346
Haidar, G. A., & Maulani, H. (2025). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Siswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 234–241.
Haque, A., Khan, F., Keshavarzi, H., & Rothman, A. E. (2016). Integrating Islamic Traditions in Modern Psychology: Research Trends in Last Ten Years. Journal of Muslim Mental Health, 10(1), 75–100. https://doi.org/10.3998/jmmh.10381607.0010.107
Hasibuan, R. H., Nurhasanah, S. P., Harahap, A. Z., Ningsih, A. D., ST, M. P., Annisa, A., Bantali, A., & Gunawan, H. (2023). Pengembangan Konsep Dasar Pendidikan AUD pada Generasi Alpha. Penerbit Adab.
Hayati, N., & Pratami, F. (2023). Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Psikologi Pendidikan islam dalam kajian hadish. Al-Mu’tabar:Jurnal Ilmu Hadis, 3(1), 35–48. https://doi.org/10.56874/jurnal%20ilmu%20hadis.v3i1.1102
Herawati, A., Sinta, P. D., Marati, S. N., & Sari, H. P. (2025). Peran Pendidikan Islam Dalam Membangun Karakter Generasi Muda di Tengah Arus Globalisasi. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 370–380.
Hidayat, B., Putra, A. A., & Harahap, M. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Psikologi Islami. Generasi Emas, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2254
Hidayati, R., Rahman, A., Nuryana, Z., & Yusutria, Y. (2022). Character education and the rise of mental health in Muhammadiyah Boarding School. International Journal of Public Health Science (IJPHS), 11(1), 170. https://doi.org/10.11591/ijphs.v11i1.20889
Höfrová, A., Balidemaj, V., & Small, M. A. (2024). A systematic literature review of education for Generation Alpha. Discover Education, 3(1), 125. https://doi.org/10.1007/s44217-024-00218-3
Husaini, M. A., Harahap, N., & Murtafiah, N. H. (2023). Project-Based Learning of The Quran in Islamic Education Management: An Innovative Approach in Integrated Islamic School. 07(1), 214–221.
Iqbal, M., Panjaitan, A. Y., Helvirianti, E., Nurhayati, N., & Ritonga, Q. S. P. (2024). Relevansi Pendidikan Karakter dalam Konteks Pendidikan Islam: Membangun Generasi Berkarakter Islami. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 13–22. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.568
Ismail, I. (2016). Character Education Based on Religious Values: An Islamic Perspective. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 21(1), 41–58. https://doi.org/10.19109/td.v21i1.744
Khanip, A., Sutiyono, A., & Susilo, E. (2024). Strategi Pembelajaran Pai Bagi Generasi Alpha (Studi Lapangan Di Sd Darul Qur’an School Kota Semarang). JISER: Journal of Islamic and Scientific Education Research, 01(01), 32–42.
Kurniasih, N., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2024). Core Ethical Values Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4), 5617–5628.
Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. Handbook of Child Psychology, 4(1), 696–749.
Lickona, T. (1996). Eleven Principles of Effective Character Education. Journal of Moral Education, 25(1), 93–100. https://doi.org/10.1080/0305724960250110
Maidugu, U. A., & Isah, A. T. (2024). Islamic Education and its Value: A Vital Means for the Formation National Character. Bulletin of Islamic Research, 2(4), 725–744. https://doi.org/10.69526/bir.v2i4.165
McCrindle, M. (2021). Generation Alpha. Hachette Australia. https://books.google.co.id/books?id=nmQQEAAAQBAJ
Mustafa, M. (2020). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Azkia : Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 15(2), 1–9. https://doi.org/10.58645/jurnalazkia.v15i2.13
Nazmudin, D., Asmuni, A., & Zuhri, S. (2022). Konsepsi Pendidikan Karakter Menurut Al-Zarnuji Dan Thomas Lickona. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 1–23. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v7i2.11836
Page, M. J., McKenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., Shamseer, L., Tetzlaff, J. M., Akl, E. A., Brennan, S. E., Chou, R., Glanville, J., Grimshaw, J. M., Hróbjartsson, A., Lalu, M. M., Li, T., Loder, E. W., Mayo-Wilson, E., McDonald, S., … Moher, D. (2021). The PRISMA 2020 statement: An updated guideline for reporting systematic reviews. BMJ, n71. https://doi.org/10.1136/bmj.n71
Purnami, I. G. A. M., & Wijana, I. N. (2024). Membentuk Karakter Generasi Alpha Melalui Ajaran Panca Sradha. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(10), 275–280. https://doi.org/10.5281/ZENODO.11238705
Putri, R., Lestari, P. T., Anisa, D. S., Mustofa, R., & Maruti, E. S. (2024). Memahami Karakteristik Generasi Z dan Generasi Alpha: Kunci Efektif Pendidikan Karakter di Sekolah. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar.
Roihatul Jannah. (2023). Islamic Education Character Education Concepts. DIROSAT: Journal of Education, Social Sciences & Humanities, 1(1), 7–12. https://doi.org/10.58355/dirosat.v1i1.2
Safiah, N. A., Suhada, A. S., Rosli, N. A. A., & Ismiah, N. (2025). Implementation of effective teaching based on Islamic educational psychology in early childhood. EDUSOSHUM Journal of Islamic Education and Social Humanities, 5(3), 275–289.
Salisah, S. K., Darmiyanti, A., & Arifudin, Y. F. (2024). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Karakter Anak Generasi Alpha Di Era Metaverse. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 8(01), 1–10. https://doi.org/10.35706/wkip.v8i01.11372
Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(1), 49–58. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.214
Sihotang, H. (2025). Understanding Alpha Generation: Education and Careers. KUKIMA : Kumpulan Karya Ilmiah Manajemen, 4(1), 35–44. https://doi.org/10.54367/kukima.v4i1.4763
Solihin, I., Hasanah, A., & Fajrussalam, H. (2020). Core Ethical Values of Character Education Based on Islamic Values in Islamic Boarding Schools. International Journal on Advanced Science, Education, and Religion, 3(2), 21–33. https://doi.org/10.33648/ijoaser.v3i2.51
Swargiary, K. (2024). The Impact of Digital Learning Environments on Cognitive, Social, and Emotional Development in Generation Alpha Children: A Comparative Analysis. https://doi.org/10.2139/ssrn.4904338
Syarnubi, S., Mansir, F., Purnomo, M. E., Harto, K., & Hawi, A. (2021). Implementing Character Education in Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 77–94. https://doi.org/10.15575/jpi.v7i1.8449
Walker, D. I., & Thoma, S. J. (2017). Moral and Character Education. In D. I. Walker & S. J. Thoma, Oxford Research Encyclopedia of Education. Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/acrefore/9780190264093.013.119
Yati, R. (2021). Permasalahan Krisis Pendidikan Karakter Pada Siswa dalam Perspektif Psikologi Pendidikan. https://doi.org/10.31219/osf.io/a3c6e
Zain, S. H. W., Wilis, E., & Sari, H. P. (2024). Peran Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Masyarakat Berbasis Nilai-Nilai Al-Qur’an dan Hadis. Jurnal Pendidikan Islam, 2(4), 199–215.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 St. Nuralimah, Muh. Nur Alamsyah, Nur Wahyu Ningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.