Peran Ayah terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak dalam Buku Gentle Parenting vs VOC Parenting
Tinjauan Psikologi Anak
DOI:
https://doi.org/10.61104/dz.v3i2.2837Keywords:
Peran Ayah, Komunikasi, Regulasi Emosi, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis representasi peran ayah dalam membentuk perkembangan sosial-emosional anak sebagaimana digambarkan dalam buku Gentle Parenting vs VOC Parenting karya Titiek Limarty. Kajian ini berfokus pada empat aspek utama, yaitu pembentukan sosial-emosional, pengaruh empati ayah terhadap regulasi emosi, pola komunikasi ayah dalam pengembangan kompetensi sosial, serta peran dukungan ayah terhadap kepercayaan diri dan kemandirian anak. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus, melalui analisis isi terhadap teks buku serta literatur pendukung terkait psikologi perkembangan, teori keterikatan, dan pengasuhan anak. Hasil kajian menunjukkan bahwa dalam pendekatan Gentle Parenting, ayah direpresentasikan sebagai figur pengasuhan yang hangat, responsif, dan empatik sehingga mampu memperkuat regulasi emosi, rasa percaya diri, dan keterampilan sosial anak. Sebaliknya, pola VOC Parenting yang bersifat otoriter dan menekankan kepatuhan tanpa dialog emosional berpotensi menimbulkan hambatan dalam pengungkapan emosi, pengambilan inisiatif, dan perkembangan sosial-emosional anak. Temuan ini menegaskan bahwa keterlibatan ayah yang konsisten dan suportif memiliki kontribusi terhadap pembentukan secure attachment, kontrol diri, serta kemandirian anak sejak usia dini
Downloads
References
Ariyati, T., & Zaidah, V. M. (2024). Dampak psikologis ayah terhadap perkembangan anak usia dini. Khazanah Pendidikan, 18(1). https://doi.org/10.30595/jkp.v18i1.21220
Arpa, D. (2021). Analisis peran ayah sebagai pendidik dalam pembentukan kemandirian anak usia 5–6 tahun. Ananda: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 123–137. https://doi.org/10.25077/jip.5.2.123-137.2021
Bytamar, M. J., Saed, O., & Khakpoor, S. (2020). Emotion regulation difficulties and academic procrastination. Frontiers in Psychology, 11, 1–9. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.524588
Chairunisa, D., & Nasution, R. (2024). Analisis perilaku komunikasi anak-anak broken home di Dusun IX Desa Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi. https://doi.org/10.30743/jdkik.v2i1.8750
Fahira, K. F., & Ahmadi, A. (2024). Peran ayah dalam perkembangan kepribadian anak dalam novel One Big Family: Tinjauan psikologi anak. KLAUSA: Kajian Linguistik, Pembelajaran Bahasa, dan Sastra, 8(1). https://doi.org/10.33479/klausa.v8i1.946
Hendriani, W., Tedjadipura, A. A., Khaerunnisa, S. M., Wulandari, P. Y., & Cahyono, R. (2024). Peran ayah dalam pengasuhan yang memperkuat resiliensi digital anak. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 17(2), 132–145. https://doi.org/10.24156/jikk.2024.17.2.132
Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78. https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
Limarty, T. (2025). Gentle parenting vs VOC parenting: Mengasuh anak dengan bahagia dan batasan yang jelas. Penerbit Terang Sejati.
Mufarrohah, A. F., & Diana, R. R. (2024). Peran ayah dalam mendukung perkembangan sosial anak usia dini di Desa Tamberu Laok Sokobanah Sampang. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 501–510. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i2.14673
Novela, T. (2019). Dampak pola asuh ayah terhadap perkembangan anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 16–29. https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3200
Nurmalasari, F., Fitrayani, N., Paramitha, W. D., & Azzahra, F. (2024). Dampak ketiadaan peran ayah (fatherless) terhadap pencapaian akademik remaja: Kajian sistematik. Jurnal Psikologi, 1(4), 1–14. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2567
Putri, W. (2021). Menanggapi fenomena anak-anak yang mengemis dalam perspektif perkembangan psikososial. Buana Gender: Jurnal Studi Gender dan Anak, 6(1). https://doi.org/10.22515/bg.v6i1.1351
Qodariah, L., & Pebriani, L. V. (2016). Recognizing young children’s expressive styles of emotions (2–6 years old). In Proceedings of the 3rd International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2016) (pp. 58–63). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icece-16.2017.10
Rahma, S. A., Ikhsan, A. P. P., & Yemima, D. (2024). Dampak pengabaian orang tua terhadap regulasi emosi anak. Jurnal Psikologi, 1(4). https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2649
Ratningsih, O., Sadiah, R. A., Nurhayati, S., & Widiastuti, N. (2021). Father parenting role in the child’s social-emotional development. Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 10(1), 47–53. https://doi.org/10.22460/empowerment.v10i1p47-53.2130
Saifullah, S., & Djuwairiyah, D. (2019). Peran keberfungsian sistem keluarga pada regulasi emosi remaja. Maddah: Jurnal Komunikasi dan Konseling Islam, 1(2), 82–93. https://doi.org/10.35316/maddah.v1i2.510
Salsabila, N. R., & Hanif, M. (2024). Peran orangtua dalam perkembangan anak pada masa kanak-kanak. DZURRIYAT: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 120–128. https://doi.org/10.61104/dz.v2i2.395
Setyawan, D. (2017, November 12). Peran ayah terkait pengasuhan dalam keluarga sangat kurang. Komisi Perlindungan Anak Indonesia. https://www.kpai.go.id/publikasi/peran-ayah-terkait-pengetahuan-dan-pengasuhan-dalam-keluarga-sangat-kurang
Sun, Y., & Nolan, C. (2021). Emotion regulation strategies and stress in Irish college students and Chinese international college students in Ireland. Journal of International Students, 11(4), 853–873. https://doi.org/10.32674/jis.v11i4.2516
Whitney, S. D., Prewett, S., Wang, Z., & Chen, H. (2018). Fathers’ importance in adolescents’ academic achievement. International Journal of Child, Youth and Family Studies, 8(3–4), 101–122. https://doi.org/10.18357/ijcyfs83/4201718073
Yani, D. A. (2020). Pengaruh peer attachment terhadap regulasi emosi pada mahasiswa yang mengikuti organisasi daerah (Publikasi No. 201610230311022) [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang].
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Hana Azizah, Zaitun Nur Rizqi Ilahi, Pramono, Muh Arafik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








This work is licensed under a