Peran Ayah terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak dalam Buku Gentle Parenting vs VOC Parenting

Tinjauan Psikologi Anak

Authors

  • Nur Hana Azizah Universitas Negeri Malang
  • Zaitun Nur Rizqi Ilahi Universitas Negeri Malang
  • Pramono Universitas Negeri Malang
  • Muh Arafik Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.61104/dz.v3i2.2837

Keywords:

Peran Ayah, Komunikasi, Regulasi Emosi, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis representasi peran ayah dalam membentuk perkembangan sosial-emosional anak sebagaimana digambarkan dalam buku Gentle Parenting vs VOC Parenting karya Titiek Limarty. Kajian ini berfokus pada empat aspek utama, yaitu pembentukan sosial-emosional, pengaruh empati ayah terhadap regulasi emosi, pola komunikasi ayah dalam pengembangan kompetensi sosial, serta peran dukungan ayah terhadap kepercayaan diri dan kemandirian anak. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus, melalui analisis isi terhadap teks buku serta literatur pendukung terkait psikologi perkembangan, teori keterikatan, dan pengasuhan anak. Hasil kajian menunjukkan bahwa dalam pendekatan Gentle Parenting, ayah direpresentasikan sebagai figur pengasuhan yang hangat, responsif, dan empatik sehingga mampu memperkuat regulasi emosi, rasa percaya diri, dan keterampilan sosial anak. Sebaliknya, pola VOC Parenting yang bersifat otoriter dan menekankan kepatuhan tanpa dialog emosional berpotensi menimbulkan hambatan dalam pengungkapan emosi, pengambilan inisiatif, dan perkembangan sosial-emosional anak. Temuan ini menegaskan bahwa keterlibatan ayah yang konsisten dan suportif memiliki kontribusi terhadap pembentukan secure attachment, kontrol diri, serta kemandirian anak sejak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyati, T., & Zaidah, V. M. (2024). Dampak psikologis ayah terhadap perkembangan anak usia dini. Khazanah Pendidikan, 18(1). https://doi.org/10.30595/jkp.v18i1.21220

Arpa, D. (2021). Analisis peran ayah sebagai pendidik dalam pembentukan kemandirian anak usia 5–6 tahun. Ananda: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 123–137. https://doi.org/10.25077/jip.5.2.123-137.2021

Bytamar, M. J., Saed, O., & Khakpoor, S. (2020). Emotion regulation difficulties and academic procrastination. Frontiers in Psychology, 11, 1–9. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.524588

Chairunisa, D., & Nasution, R. (2024). Analisis perilaku komunikasi anak-anak broken home di Dusun IX Desa Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi. https://doi.org/10.30743/jdkik.v2i1.8750

Fahira, K. F., & Ahmadi, A. (2024). Peran ayah dalam perkembangan kepribadian anak dalam novel One Big Family: Tinjauan psikologi anak. KLAUSA: Kajian Linguistik, Pembelajaran Bahasa, dan Sastra, 8(1). https://doi.org/10.33479/klausa.v8i1.946

Hendriani, W., Tedjadipura, A. A., Khaerunnisa, S. M., Wulandari, P. Y., & Cahyono, R. (2024). Peran ayah dalam pengasuhan yang memperkuat resiliensi digital anak. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 17(2), 132–145. https://doi.org/10.24156/jikk.2024.17.2.132

Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78. https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Limarty, T. (2025). Gentle parenting vs VOC parenting: Mengasuh anak dengan bahagia dan batasan yang jelas. Penerbit Terang Sejati.

Mufarrohah, A. F., & Diana, R. R. (2024). Peran ayah dalam mendukung perkembangan sosial anak usia dini di Desa Tamberu Laok Sokobanah Sampang. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 501–510. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i2.14673

Novela, T. (2019). Dampak pola asuh ayah terhadap perkembangan anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 16–29. https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3200

Nurmalasari, F., Fitrayani, N., Paramitha, W. D., & Azzahra, F. (2024). Dampak ketiadaan peran ayah (fatherless) terhadap pencapaian akademik remaja: Kajian sistematik. Jurnal Psikologi, 1(4), 1–14. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2567

Putri, W. (2021). Menanggapi fenomena anak-anak yang mengemis dalam perspektif perkembangan psikososial. Buana Gender: Jurnal Studi Gender dan Anak, 6(1). https://doi.org/10.22515/bg.v6i1.1351

Qodariah, L., & Pebriani, L. V. (2016). Recognizing young children’s expressive styles of emotions (2–6 years old). In Proceedings of the 3rd International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2016) (pp. 58–63). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icece-16.2017.10

Rahma, S. A., Ikhsan, A. P. P., & Yemima, D. (2024). Dampak pengabaian orang tua terhadap regulasi emosi anak. Jurnal Psikologi, 1(4). https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2649

Ratningsih, O., Sadiah, R. A., Nurhayati, S., & Widiastuti, N. (2021). Father parenting role in the child’s social-emotional development. Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 10(1), 47–53. https://doi.org/10.22460/empowerment.v10i1p47-53.2130

Saifullah, S., & Djuwairiyah, D. (2019). Peran keberfungsian sistem keluarga pada regulasi emosi remaja. Maddah: Jurnal Komunikasi dan Konseling Islam, 1(2), 82–93. https://doi.org/10.35316/maddah.v1i2.510

Salsabila, N. R., & Hanif, M. (2024). Peran orangtua dalam perkembangan anak pada masa kanak-kanak. DZURRIYAT: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 120–128. https://doi.org/10.61104/dz.v2i2.395

Setyawan, D. (2017, November 12). Peran ayah terkait pengasuhan dalam keluarga sangat kurang. Komisi Perlindungan Anak Indonesia. https://www.kpai.go.id/publikasi/peran-ayah-terkait-pengetahuan-dan-pengasuhan-dalam-keluarga-sangat-kurang

Sun, Y., & Nolan, C. (2021). Emotion regulation strategies and stress in Irish college students and Chinese international college students in Ireland. Journal of International Students, 11(4), 853–873. https://doi.org/10.32674/jis.v11i4.2516

Whitney, S. D., Prewett, S., Wang, Z., & Chen, H. (2018). Fathers’ importance in adolescents’ academic achievement. International Journal of Child, Youth and Family Studies, 8(3–4), 101–122. https://doi.org/10.18357/ijcyfs83/4201718073

Yani, D. A. (2020). Pengaruh peer attachment terhadap regulasi emosi pada mahasiswa yang mengikuti organisasi daerah (Publikasi No. 201610230311022) [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang].

Downloads

Published

2025-12-07

How to Cite

Nur Hana Azizah, Zaitun Nur Rizqi Ilahi, Pramono, & Muh Arafik. (2025). Peran Ayah terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak dalam Buku Gentle Parenting vs VOC Parenting: Tinjauan Psikologi Anak. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 131–138. https://doi.org/10.61104/dz.v3i2.2837

Issue

Section

Articles