Implementasi Kurikulum PAUD Berbasis Karakter dalam Pembentukan Kebiasaan Shalat Anak di TK IQRA’ Malang

Authors

  • Nur Hana Azizah Universitas Negeri Malang
  • Iftidatul Nurul Maiyah Universitas Negeri Malang
  • Ahmad Samawi Universitas Negeri Malang
  • Yudithia Dian Putra Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.61104/dz.v3i2.2780

Keywords:

PAUD, Kurikulum Karakter, Pembiasaan Shalat, Nilai Religius

Abstract

Pendidikan anak usia dini memiliki peran strategis dalam memperkuat karakter religius anak, yang menjadi dasar bagi pembentukan kebiasaan shalat melalui praktik harian yang konsisten dan bermakna. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi kurikulum berbasis karakter dalam mengembangkan kebiasaan shalat anak di TK IQRA’ Malang. Penelitian menggunakan desain deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai rutinitas keagamaan yang terintegrasi dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan shalat dilakukan melalui kegiatan shalat Dhuha berjamaah, doa harian, dan hafalan surah pendek yang diperkuat dengan pembelajaran menyenangkan, keteladanan guru, dan kolaborasi orang tua di rumah. Praktik tersebut menumbuhkan disiplin, kesadaran spiritual, dan regulasi diri pada anak usia dini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi pembiasaan shalat dalam kurikulum berbasis karakter efektif menanamkan nilai religius dan moral sejak dini serta memperkuat perkembangan holistik anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Berkowitz, M. W., & Grych, J. H. (2000). Early character development and education. Early Education and Development, 11(1), 55–72. https://doi.org/10.1207/s15566935eed1101_4

Chaudhary, G. K. (2015). Factors affecting curriculum implementation for students. International Journal of Applied Research, 1(12), 984–986.

Esih, E. (2020). Formation of children’s character through instilling moral and religious values in early childhood. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 38–44. https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v4i1.6210

Fitri, H., Chairanda, M., Khodijah, N., Rozana, S., & Susanti, S. (2025). Pelaksanaan kurikulum PAUD berbasis karakter dalam pembentukan kebiasaan sholat anak usia dini di TK ABA Kartini Cabang Binjai Kota. AJAD: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 290–296. https://doi.org/10.59431/ajad.v5i2.560

Nurlaela, L., Rahayu, W., & Apriyansyah, C. (2024). Pembentukan karakter religius anak usia dini melalui metode bercerita dengan media smart box di Kober As-Sirojj. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 5(1), 1–?. https://doi.org/10.37373/bemas.v5i1.1344

Octaviana, A., Oktariana, R., & Muzakir, U. (2021). Analisis peran guru dalam pembiasaan ibadah shalat dhuha pada anak usia dini di TK Save The Kids Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(1), 1–?.

Paujiah, P., Fitrianor, F., Hamdani, R., Mutmainah, A. S., Subandi, S. A., & Ramli, A. (2022). Pembiasaan salat duha sebagai implementasi visi sikap religius anak di taman kanak-kanak. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 8(2), 183–193. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i2.3122

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 782. https://peraturan.bpk.go.id/Details/138192/permendikbud-no-20-tahun-2018

Pitri, A., Hastuti, D., Wati, D. E., & Pramudyani, A. V. R. (2024). Penanaman karakter religius melalui pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Jurnal Pelita PAUD, 8(2), 1–?. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v8i2.3764

Puspita, Y., Ismawati, D., & Fauziddin, M. (2025). Penguatan peran guru dan orang tua dalam implementasi kurikulum PAUD berbasis karakter. Jurnal Medika, 4(2), 152–159. https://doi.org/10.31004/er2fj841

Raka, G., Mulyana, Y., & Markam, S. S. (2011). Pendidikan karakter di sekolah: Dari gagasan ke tindakan. PT Gramedia.

Salam, A., Ikhwanuddin, I., & Jamilah, S. (2022). Penanaman karakter religius anak usia dini melalui kegiatan keagamaan di sekolah. Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 4(1), 50–60. https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i1.816

Sari, G. M., Djazilan, M. S., Sunanto, S., & Rahayu, D. W. (2024). Penanaman karakter religius pada peserta didik melalui penerapan program Islamic full day school. Indonesian Research Journal in Education (IRJE), 4(3), 1–?. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.747

Sepiani, A. (2024). Peran pembiasaan shalat dalam membentuk regulasi diri anak usia dini di TK Mawar Tambun Selatan (Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta). UIN Jakarta Repository. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/81633/1/Skripsi_Anggi%20Sepiani_11200198000069.pdf

Setiawan, D. (2013). Peran pendidikan karakter dalam mengembangkan kecerdasan moral. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 53–63. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1287

Thompson, D., Bell, T., Andreae, P., & Robins, A. (2020). The role of teachers in implementing curriculum changes. Journal Science Education, 5(3), 245–250. https://doi.org/10.1145/2445196.2445272

Ulwan, A. N. (1995). Pendidikan anak dalam Islam. Pustaka Amani.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Utami, I., Khansa, A. M., & Devianti, E. (2020). Analisis pembentukan karakter siswa di SDN Tangerang 15. Fondatia, 4(1), 158–179. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.466

Wardana, S. A., & Mustofa, M. Y. (2025). Efektivitas kurikulum berbasis Al-Qur’an dalam pendidikan anak usia dini: Studi pada platform Alkindi Online Preschool dengan konsep Ibuku Guruku. Dzurriyat: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 1–?. https://doi.org/10.61104/dz.v3i2.1295

Yuliana, E., & Fadlillah, M. (2021). Penanaman karakter religius melalui program keagamaan pada anak usia dini di TK Aisyiyah Bungkal. Edupedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1–?. https://doi.org/10.24269/ed.v5i1.703

Downloads

Published

2025-12-07

How to Cite

Nur Hana Azizah, Iftidatul Nurul Maiyah, Ahmad Samawi, & Yudithia Dian Putra. (2025). Implementasi Kurikulum PAUD Berbasis Karakter dalam Pembentukan Kebiasaan Shalat Anak di TK IQRA’ Malang. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 122–130. https://doi.org/10.61104/dz.v3i2.2780

Issue

Section

Articles