Penilaian Dan Evaluasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pada Lembaga Pendidikan Islam

Authors

  • Muhammad Habibi Rangkuti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Meyniar Albina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.829

Abstract

Penilaian dan evaluasi pembelajaran adalah proses penting untuk mengukur keberhasilan belajar siswa, memberikan umpan balik, dan meningkatkan efektivitas pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan penilaian dan evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran pada lembaga pendidikan islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi kepustakaan untuk menganalisis berbagai metode, seperti evaluasi formatif, sumatif, self-assessment, dan peer assessment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penilaian dan evaluasi tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajarannya, tetapi juga sebagai pedoman bagi guru untuk memilih strategi pengajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Kajian ini menyoroti perlunya evaluasi sebagai suatu proses sistematis untuk mengumpulkan data yang berguna untuk menentukan keberhasilan pendidikan, baik melalui metode kuantitatif maupun kualitatif. Selain itu, beberapa jenis evaluasi seperti diagnostik, formatif, sumatif, evaluasi selfassessment, evaluasi peer-assessment, dan evaluasi berdasarkan data numerik dan deskriptif, masing-masing memiliki keunggulan tersendiri dalam mendorong kemajuan pembelajaran. Menurut penelitian ini, evaluasi holistik dapat membantu mengembangkan pembelajaran adaptif, meningkatkan kualitas sistem pendidikan, dan mendorong pengembangan keputusan yang lebih efektif pada tingkat tertinggi.Penelitian ini memajukan pengetahuan dengan memberikan gambaran menyeluruh tentang peran dan aplikasi berbagai jenis penilaian dan evaluasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Am, Zaimul. (2018). “Teknik Penilaian Hasil Pembelajaran”. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran

dan Pencerahan. 14, 02. https://doi.org/10.31000/rf.v14i02.901.

Andayani, Triasari, & Madani. Faisal. (2023). “Peran Penilaian Pembelajaran Dalam

Meningkatkan Prestasi Siswa di Pendidikan Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA. 9,

924–30. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4402.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Faiz, Alman, & Putra, Nugraha Permana, & Nugraha, Fajar. (2022). “Memahami

MaknaTes, Pengukuran (Measurement), Penilaian (Assessment), Dn Evaluasi

(Evaluation) Dalam Pendidikan.” Education and Development. 10, 3. 492–95.

Fitria, Nur Aidila, & Julyanur, Muhammad Yoga, & Widyanti, Eka. (2024). “Langkahlangkah Evaluasi Pembelajaran”. Pustaka: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan. 4, 3. 285–

https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i3.1572. Purwanto, Ngalim. (2013). Prinsip-Prinsip dan Tekhnik Evaluasi Pengajaran. Yogyakarta:

Pustak Belajar.

Raharjo, Resdianto Permata & Hardianto, Eko, & Fadhilasari, Icha. (2022) Evaluasi

Pembelajaran. Jawa Barat: Rumah Cermalang Indonesia Anggota Ikapi.

Rahayu, Yayu Nurhayati, dan Opan Arifuddin. (2020). Program Linear (Teori dan Aplikasi).

Bandung: Widina Bhakti Persada.

Rahman, Arief Aulia, & Cut Eva Nasyrah. (2019). Evaliasi Belajar. Ponorogo: Uwais

Insppirasi Indonesia.

Rokhyani, Ikka Ida. & Aman “Penerapan Tekhnik-Tekhnik Penilaian Pembelajaran Searah Di

MAN 1 Yogyakarta”

Sawaluddin, Sawaluddin. & Sidiq Muhammad. (2020). “Langkah-Langkah dan Teknik

Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam.” Jurnal PTK dan Pendidikan. 6, 1.

https://doi.org/10.18592/ptk.v6i1.3793.

Sudjana, Nana. (1995). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Sunaryati, Titin & Laely, Tazkia Aisha dkk. (2024). “Analisis Komprehensif Terhadap JenisJenis Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur”. Innovative: Journal

Of Social Science Research. 4, 4.

Syarief, Yusnita Nhyta & Halawati Halwa dkk. (2021) “Ciri-ciri, Prinsip-prinsip, Jenis dan

Proses Evaluasi Pendidikan” https://doi.org/10.31219/osf.io/tnszg.

Downloads

Published

2025-02-06

How to Cite

Muhammad Habibi Rangkuti, & Meyniar Albina. (2025). Penilaian Dan Evaluasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pada Lembaga Pendidikan Islam. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 3(1), 358–366. https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.829

Issue

Section

Articles