Penilaian Dan Evaluasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pada Lembaga Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.829Abstract
Penilaian dan evaluasi pembelajaran adalah proses penting untuk mengukur keberhasilan belajar siswa, memberikan umpan balik, dan meningkatkan efektivitas pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan penilaian dan evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran pada lembaga pendidikan islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi kepustakaan untuk menganalisis berbagai metode, seperti evaluasi formatif, sumatif, self-assessment, dan peer assessment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penilaian dan evaluasi tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajarannya, tetapi juga sebagai pedoman bagi guru untuk memilih strategi pengajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Kajian ini menyoroti perlunya evaluasi sebagai suatu proses sistematis untuk mengumpulkan data yang berguna untuk menentukan keberhasilan pendidikan, baik melalui metode kuantitatif maupun kualitatif. Selain itu, beberapa jenis evaluasi seperti diagnostik, formatif, sumatif, evaluasi selfassessment, evaluasi peer-assessment, dan evaluasi berdasarkan data numerik dan deskriptif, masing-masing memiliki keunggulan tersendiri dalam mendorong kemajuan pembelajaran. Menurut penelitian ini, evaluasi holistik dapat membantu mengembangkan pembelajaran adaptif, meningkatkan kualitas sistem pendidikan, dan mendorong pengembangan keputusan yang lebih efektif pada tingkat tertinggi.Penelitian ini memajukan pengetahuan dengan memberikan gambaran menyeluruh tentang peran dan aplikasi berbagai jenis penilaian dan evaluasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
Downloads
References
Am, Zaimul. (2018). “Teknik Penilaian Hasil Pembelajaran”. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran
dan Pencerahan. 14, 02. https://doi.org/10.31000/rf.v14i02.901.
Andayani, Triasari, & Madani. Faisal. (2023). “Peran Penilaian Pembelajaran Dalam
Meningkatkan Prestasi Siswa di Pendidikan Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA. 9,
924–30. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4402.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Faiz, Alman, & Putra, Nugraha Permana, & Nugraha, Fajar. (2022). “Memahami
MaknaTes, Pengukuran (Measurement), Penilaian (Assessment), Dn Evaluasi
(Evaluation) Dalam Pendidikan.” Education and Development. 10, 3. 492–95.
Fitria, Nur Aidila, & Julyanur, Muhammad Yoga, & Widyanti, Eka. (2024). “Langkahlangkah Evaluasi Pembelajaran”. Pustaka: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan. 4, 3. 285–
https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i3.1572. Purwanto, Ngalim. (2013). Prinsip-Prinsip dan Tekhnik Evaluasi Pengajaran. Yogyakarta:
Pustak Belajar.
Raharjo, Resdianto Permata & Hardianto, Eko, & Fadhilasari, Icha. (2022) Evaluasi
Pembelajaran. Jawa Barat: Rumah Cermalang Indonesia Anggota Ikapi.
Rahayu, Yayu Nurhayati, dan Opan Arifuddin. (2020). Program Linear (Teori dan Aplikasi).
Bandung: Widina Bhakti Persada.
Rahman, Arief Aulia, & Cut Eva Nasyrah. (2019). Evaliasi Belajar. Ponorogo: Uwais
Insppirasi Indonesia.
Rokhyani, Ikka Ida. & Aman “Penerapan Tekhnik-Tekhnik Penilaian Pembelajaran Searah Di
MAN 1 Yogyakarta”
Sawaluddin, Sawaluddin. & Sidiq Muhammad. (2020). “Langkah-Langkah dan Teknik
Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam.” Jurnal PTK dan Pendidikan. 6, 1.
https://doi.org/10.18592/ptk.v6i1.3793.
Sudjana, Nana. (1995). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Sunaryati, Titin & Laely, Tazkia Aisha dkk. (2024). “Analisis Komprehensif Terhadap JenisJenis Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur”. Innovative: Journal
Of Social Science Research. 4, 4.
Syarief, Yusnita Nhyta & Halawati Halwa dkk. (2021) “Ciri-ciri, Prinsip-prinsip, Jenis dan
Proses Evaluasi Pendidikan” https://doi.org/10.31219/osf.io/tnszg.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Habibi Rangkuti, Meyniar Albina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.