Pengembangan Silabus Adaptif Dalam Menyongsong Era Digitalisasi Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.810Abstract
Perkembangan teknologi digital telah memberikan dampak yang signifikan terhadap dunia pendidikan, khususnya dalam menciptakan proses pembelajaran yang lebih fleksibel, interaktif, dan relevan dengan kebutuhan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengembangan silabus adaptif dalam rangka mendukung digitalisasi pendidikan. Penelitian menggunakan pendekatan studi pustaka untuk menganalisis konsep, tantangan, dan implementasi silabus adaptif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pengembangan silabus adaptif menjadi hal yang sangat penting dalam menghadapi tantangan era digitalisasi pendidikan. Silabus yang adaptif memungkinkan proses pembelajaran untuk lebih fleksibel, personal, dan responsif terhadap perkembangan teknologi yang terus berubah. Dalam konteks ini, silabus tidak hanya berfungsi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, tetapi juga untuk menyesuaikan dengan kebutuhan siswa yang beragam serta memfasilitasi pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Beberapa manfaat utama dari silabus adaptif adalah meningkatkan keterlibatan dan kolaborasi siswa, mempersiapkan mereka dengan keterampilan abad ke-21, serta memberikan ruang untuk eksplorasi dan kreativitas
Downloads
References
Aprianti, W. (2024). Harmoni Kurikulum: Pendekatan Holistik MTS An-Nakhil dalam Pengembangan Pendidikan. Journal Transformation of Mandalika, 5(5), 294-298.
Botifar, M., Ifnaldi, I., & Khair, U. (2024). Pengembangan Silabus Dan Materi Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia Berbasis Literasi Komprehensif. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 20(1), 32-44.
Fitra, E. (2023). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pengembangan Silabus Dan RPP Melalui Pola Pembinaan Profesional Dengan Pendekatan Kooperatif Di SMA Negeri 14 Medan Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 9-19.
Jannah, M., & Ulfah, M. (2024). Implementasi Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi Di Sekolah Dasar Negeri 01 Kelapa Gading Timur. Journal Education and Government Wiyata, 2(1), 9-16.
Nurzannah, N., Syamsuyurnita, S., & Pasaribu, M. (2023). Pengembangan Silabus dan Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Kemuhammadiyahan di Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).
Sahir, Syafrida Hafni. (2021). Metodologi Penelitian. 1st ed. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia. Sari, R., Fadli, M., &
Suawaludin, S. (2024). Silabus Dalam Kurikulum KMMB. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 216-225.
Setiawan, A., & Hakim, R. M. A. (2024). Analisis Pentingnya Pembuatan Silabus Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Baru di Perusahaan Penjual Mobil. SKETSA BISNIS, 11(1), 92-105.
Simbolon, N. T. B., Hasibuan, S. Y., Lubis, R. S., & Fatmaira, Z. (2024). Pengembangan Silabus Untuk Buku Pelajaran Tingkat 1a Wisma Bahasa: Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2926-2932
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hamidah, Meyniar Albina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.