Upaya Guru PAI Memotivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 1 Gumelar

Authors

  • Khilmayatus Sovia UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Fauzi Fauzi UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i4.2484

Keywords:

Motivasi Belajar, Pembelajaran Berdiferensiasi, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Motivasi belajar merupakan faktor penting yang menentukan keberhasilan peserta didik dalam memahami dan menguasai materi pelajaran, termasuk pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Fenomena rendahnya motivasi belajar yang disebabkan oleh metode pembelajaran monoton mendorong guru untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi sebagai solusi strategis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 1 Gumelar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dilakukan secara fleksibel melalui diferensiasi konten, proses, dan produk yang disesuaikan dengan minat dan kemampuan siswa. Strategi ini terbukti menumbuhkan semangat belajar, meningkatkan keterlibatan siswa, serta membangun suasana belajar yang lebih bermakna dan menyenangkan. Implikasi penelitian ini menegaskan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dapat dijadikan pendekatan efektif untuk memotivasi peserta didik dalam pembelajaran PAI di era Kurikulum Merdeka

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfath, A., Usman, A., & Utomo, A. P. (2024). Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Journal Education Research and Development, 132–140. https://jinnovative.org/index.php/Innovative/article/view/6906/4976

Amelia Sabela, R., Sefrinta Anggraeni, P., & Muhid, A. (2021). Layanan Home Visit Dalam Mengatasi Permasalahan Motivasi Belajar Pada Siswa : Literature Review. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 17–23. https://doi.org/10.33084/suluh.v6i2.2463

Anggraini, S., & Sukartono. (2021). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar Sintia. Jurnal Basicedu, 5(5), 1525–1531. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Ardila, I., Jamil Nuryasin, M., Cahya, N., Nida, N. A., Ashilah, H., & Afrizal, S. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Wordwall Di SMA Negeri 1 Ciruas. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 7247–7258. https://jinnovative.org/index.php/Innovative/article/view/6906/4976

Fauzi, M. A. R., Azizah, S. A., & Atikah, I. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Implementasi Paradigma Baru Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.38

Fernando, Y., Andriani, P., & Syam, H. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843

Lestari, U. F., Wati, M., Afandi, M., Subhan, M., & Sahbana, M. D. R. (2024). Strategi Pembelajaran Diferensiasi dalam Pendidikan Agama Islam: Perspektif Psikologis. Journal of Education Research, 5(4), 5272–5280. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1806

Muyassaroh, F. (2025). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Sokaraja Kab. Banyumas. UIN. Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Nurhayati, S., Haluti, F., Nurteti, L., Pilendia, D., & Haryono, P. (2024). Teori Belajar dan Pembelajaran. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Nurrisa, F., Hermina, D., & Norlaila. (2025). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian : Strategi , Tahapan , dan Analisis Data. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 02(03), 793–800.

Ridwan, A., & Umarella, S. (2024). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Penggerak SMP Negeri 11 Tual. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(3), 137–149.

Safarudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2), 1–15.

Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). Studi Literatur : Upaya Dan Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), hlm.10. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931

Sigalingging, R. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Implementasi Kurikulum Merdeka.

Trisnani, N., Effendi, Zuriah, N., Kobi, W., Kaharuddin, A., Subakti, H., Utami, A., Anggraini, V., Farhana, H., Pitriyana, S., Watunglawar, B., Mutaqin, A., Farid, M. G., Juwita, A. R., Dianita, E. R., Tulak, T., & Yunefri, Y. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka (Sarwandi (ed.)). PT. Mifandi Mandiri Digital.

Downloads

Published

2025-11-01

How to Cite

Khilmayatus Sovia, & Fauzi, F. (2025). Upaya Guru PAI Memotivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 1 Gumelar. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(4), 1508–1517. https://doi.org/10.61104/jq.v3i4.2484

Issue

Section

Articles