Implementasi Pembelajaran Seni Rupa Menggambar Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Anak Usia Dini

Authors

  • Ayu Maria Lestari STAI Madinatun Najah Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau
  • Nurwili STAI Madinatun Najah Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau
  • Syarifah Wahyuni STAI Madinatun Najah Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau
  • Nurul Azian STAI Madinatun Najah Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/jd.v2i1.126

Abstract

Pada dasarnya coretan yang di goreskan oleh anak merupakan imajinasi dari seorang anak yang di jadikan oleh guru untuk mengetahui kompetensi dan bakat anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi pembelajaran seni rupa menggambar dalam meningkatkan perkembangan motorik anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan teknik analisi data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan implementasi tahapan-tahapan perkembangan seni rupa menggambar pada anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Hamima peniliti menemukan masih ada anak yang meniru apa yang ditemukannya sebelum menjadikan imajinasinya, menggambar merupakan kegiatan yang perlu di terapkan di setiap satuan pendidikan mengingat pentingnya menggambar seni rupa pada anak diberikan untuk bebas dalam menciptakan suatu gambar, pengembangan seni pada anak usia dini sangatlah penting bagi perkembangannya dari kehidupan sehari-hari anak sebagai ekpresi, komunikasi, pengembangan bakat, dan kreativitas

Downloads

Published

2024-03-01

How to Cite

Maria Lestari, A., Nurwili, Wahyuni, S., & Azian, N. (2024). Implementasi Pembelajaran Seni Rupa Menggambar Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Anak Usia Dini. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.61104/jd.v2i1.126

Issue

Section

Articles