Implementasi Pembelajaran Seni Rupa Menggambar Anak Usia Dini
(Studi di Taman Kanak-Kanak Al-Fallah Rengat Kabupaten Indragiri Hulu)
DOI:
https://doi.org/10.61104/jd.v2i1.123Abstract
Pendidikan anak seni rupa menggambar ini untuk mengetahui perkembangan anak sejauh mana anak mengenal seni rupa menggambar tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi pembelajaran seni rupa menggambar anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengabsahan dan menggunakan teknik triangulasi dengan mengecek dan membandingkan data yang diperoleh. Dengan demikian akan diperoleh melalui prosedur reduksi data, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada kegiatan menggambar dapat menjadi alat alternatif pendekatan konsepsi pendidikan seni rupa pada anak usia dini, karena melalui menggambar guru juga dapat meningkatkan pemahaman seni rupa secara luas pada anak dan guru juga dapt meningkatkan kreativitas, imajinasi anakserta menjadi wadah bagi anak-anak untuk menuangkan ide-ide kreatif. Dengan kegiatan menggambar dapat menjadi alat bagi guru untuk dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi anak, sehingga anak-anak juga tidak bosan ketika belajar dikelas.
References
Andriati, N., Atika, A., & Hidayati, N. W. (2023). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Berbasis Islami untuk Meningkatkan Karakter Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 971–980. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3860
Dini Pebrianty, R., & Pamungkas, J. (2023). Menggambar sebagai Alternatif Pendekatan Konsepsi Pendidikan Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 536–547. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3696
Fallis, A. . (2013). Konsep seni pada anak TK. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 11–38. Henny, Rachman Saleh, Marwah, Asma Kurniati, N. S. (2023). Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Din, 6(3), 68–76. https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/22006
Loita, A. (2017). Karakteristik Pola Gambar Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 1(1), 44–57. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i1.52
Risdianty, R., & Pamungkas, J. (2022). Model Penerapan Metode Menggambar untuk Meningkatkan Kreativitas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6478–6501. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3149
Sari, R., & Prayogo, B. H. (2019). Pengaruh Kegiatan Menggambar Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Wirolegi Sumbersari Kabupaten Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 2(2), 44–53. http://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/JECIE/article/view/473
Sophya, I. V. (2019). Model Pembelajaran Kesenian di PAUD Ya Ummi Fat Desa Bermi Kecamatan Mijen Kabupaten Demak (Studi Analisis Kurikulum Kesenian untuk Prodi PGRA STAIN Kudus). ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 79. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4654
Tsukamoto. (2006). Manga Matrix. Collins Design, 01, 3–123. Widiyastuti, E. (2007). Implementasi Pendidikan Seni Rupa Di Taman KanakKanak Dalam Kegiatan Menggambar Bebas. Inovasi Pendidikan, 8(2), 139– 151