Strategi Discovery Terpimpin Guru Sekolah Dasar Dalam Membangkitkan Kreativitas Siswa

Authors

  • Rudy Andrean Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara
  • Ahmad Aprindo Hengky Setiawan Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara
  • Muhammad Dzulfikar Latif Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara
  • Muhammad Nofan Zulfahmi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.637

Abstract

Guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendorong siswa untuk berpikir kritis, menggali ide-ide baru, dan berkolaborasi satu sama lain dapat  memberikan  hasil  yang  sangat  memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas strategi discovery terpimpin dalam membangun kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar dalam penerapan strategi discovery terpimpin. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan, dalam penelitian ini tidak terdapat lokasi penelitian, dimana seluruh data diambil melalui buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan dengan tema penelitian. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa betapa pentingnya strategi pencarian terpimpin untuk meningkatkan kreativitas siswa di Sekolah Dasar. Melalui pendekatan ini, guru membantu siswa menemukan pengetahuan melalui pengalaman langsung dan eksplorasi. Studi menunjukkan bahwa penggunaan strategi ini meningkatkan keterlibatan siswa dan meningkatkan kemampuan mereka untuk berpikir kritis dan kreatif. Siswa didorong untuk berpikir luar biasa dan menemukan cara baru untuk menyelesaikan masalah dalam lingkungan belajar yang dinamis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alshahrani. "The Role of Discovery Learning in Enhancing Creativity." International Journal of Instruction, 2020.

Arham. "Penelitian Transfer Pricing di Indonesia: Sebuah Studi Kepustakaan." Jurnal Online Insan Akuntan, 2020: 57-72.

Arrahmil, and Asmidir Afdal. "Kreativitas Siswa dan Upaya Bimbingan dan Konseling/Konselor dalam Pengembangannya." journal bimbingan dan konseling, 2018: 2-3.

Elly's, and Nur Hendra. "Kemampuan Berpikir Kreatif dalam memecahkan masalah matematika Open-ended ditinjau dari tingkat kemampuan matematika pada siswa sekolah dasar." journal pedagogia , 2020: 25.

Fitriyani, Nana Supriatna, and Mia Zultriyanti Sari. "Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran kreatif Pada mata pelajaran IPS di Sekolah dasar." Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan dibidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 2021: 97-109.

Handayani. "Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa." Jurnal Pendidikan Dasar, 2020.

Hartati. Panduan Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Guru. Garut: Cahaya Smart Nusantara, 2019.

Hasan. "PENGARUH GUIDED DISCOVERYTERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN PEMAHAMAN KONSEP DARI TINGKAT KETERAMPILAN BERPIKIR SISWA SMA." Journal Inovasi Pendidikan Menengah, 2022: 386.

Ikroiyani, and Lilik Bintarik . "Peran Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Berfikir Siswa Tingkat Sekolah Dasar ." The Journal of Innovation and Teacher Professionalism,, 2024: 170-175.

Intan, and Fauzan Zuber. "Efektifitas Metode Guided Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir kreatif Siswa SMK pada Mata pelajaran Kearsipan." Jurnal Administrasi Bisnis , 2021: 99.

Jumadi. "Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning." Indonesian Research Journal on Education, 2024: 803-811.

Lisbeth. "PENGARUH GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN FIKIH." Jurnal Pendidikan dan Riset, 2023: 56-69.

Mida, Zaki Saleh. "Pengaruh Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X MAS Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura." Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2022: 468-480.

Septian, Albertus Ivan, and Albertus Ivan Septian. "Perbedaan Model Pembelajaran Discovery Terbimbing dan Discovery Terpimpin Terhadap Hasil Belajar Kognitif." Jurnal Ustjogja, 2023: 280 –287.

Suherman. Implementasi Kurikulum Merdeka Teori dan Praktik Kurikulum Merdeka Belajar Penjas SD. Bandung: Indonesia Emas Groub, 2023.

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Rudy Andrean, Ahmad Aprindo Hengky Setiawan, Muhammad Dzulfikar Latif, & Muhammad Nofan Zulfahmi. (2025). Strategi Discovery Terpimpin Guru Sekolah Dasar Dalam Membangkitkan Kreativitas Siswa. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 3(1), 120–125. https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.637

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)