Strategi Pengembangan Kognitif Siswa Sekolah Dasar di Era Digital

Authors

  • Ivon Abdullah Nabil Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara
  • Muhamad Hasan Bisri Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara
  • Novanda Khoirul Umam Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara
  • Muhammad Nofan Zulfahmi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.632

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini sangat penting untuk menyesuaikan metode pembelajaran agar tetap sesuai dengan kebutuhan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi pengembangan kognitif siswa sekolah dasar di era digital, dengan fokus pada bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku dan jurnal ilmiah. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa meskipun era digital memberikan dampak positif, seperti kemudahan akses informasi, terdapat pula risiko menurunnya konsentrasi karena gangguan dari media sosial dan game online. Rekomendasi strategi meliputi penerapan pembelajaran berbasis masalah dan diskusi kelompok, serta kerja sama antara guru dan orang tua untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Kesimpulannya, pengembangan kognitif siswa sekolah dasar di era digital memerlukan pendekatan inovatif yang memanfaatkan teknologi secara efektif, sambil mengatasi tantangan yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, F. (2017). Guru SD di Era Digital: Pendekatan, Media, Inovasi. Kalimantan Barat: CV. Pilar Nusantra,.

Arzaq, M. Y., Bahri, M. S., & Hidayat, M. A. (2024). Inovasi Pembelajaran SD/MI Berbasis Kurikulum Merdeka di Era Digital. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Managment .

Bawamenewi, A. (2024). Teknologi Pendidikan : Transformasi Pembelajaran di Era Digital. Badung, Bali: CV. Intelektual Manifes Media.

Imanulhaq, R., & Ichsan. (2022). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional konkret 7-12 Tahun Sebagai Dasar Kebutuhan Media Pembelajaran . Jurnal Of Islamic Education, 128.

Indah, N. L. (2024). Implementasi Teori Kognitif Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar . Journal Syntax Idea, 2337.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal kajian Perempuan & Keislaman, 116-152.

Mauryn, F. A., & Ratnaningrum, I. (2024). Dampk Teknologi Digital Terhadap Kosentrasi Belajar Dan Perkembangan Kognitif Anak SD DalamPrespektif Psikologi Perkembangan. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 51.

Prastica, Y., Hidayat, M. T., & Gufron, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Vidio Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pada Mate Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Besicedu, 3267.

Rahman, A., Rambe, A. R., & Triana, R. (2022). Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Pema, 149-158.

Shibgohtullah, S. A., & Furrie, W. (2024). Strategi Komunikasi Digital Parenting Dalam Membentuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Kasus Kolaborasi Guru dan Orang Tua SDIT Prestasi Cendekia Tambun Utara). Journal of Social Science Research, volume 4 Nomer 4.

Siringoringo, R. G. (2023). Pengaruh Integrasi Teknologi Pembelajaran terhadap Efektivitas dan Transformasi Paradigma Pendidikan Era Digital. Jurnal Yudistira, 2(3), 66-76.

Subroto , D. E., Supriandi, & Wirawan, R. (2023). Implemnetasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 473.

Zuhria, A. F., Kurnia, M. D., & Jaja. (2022). Dampak Era Digital Terhadap Minat Baca Remaja. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 19.

Undang-undang Republik Indonesia No. 11 Tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan teknologi

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Ivon Abdullah Nabil, Muhamad Hasan Bisri, Novanda Khoirul Umam, & Muhammad Nofan Zulfahmi. (2025). Strategi Pengembangan Kognitif Siswa Sekolah Dasar di Era Digital. QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.61104/jq.v3i1.632

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)