Strategi Pondok Pesantren Dar El Fikr dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlakul Karimah pada Santri

Authors

  • Auliyatunnisa’ Febrianingrum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.1803

Keywords:

Akhlakul Karimah, Pesantren, Pendidikan Karakter, Keteladanan

Abstract

Krisis moral yang melanda generasi muda Indonesia menuntut adanya sistem pendidikan karakter yang mampu menjawab tantangan era digital. Pondok pesantren sebagai institusi pendidikan Islam tradisional memainkan peran strategis dalam pembinaan moral peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi Pondok Pesantren Dar El Fikr dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah kepada santri. Pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus digunakan, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan meliputi pendekatan keteladanan, pembiasaan, pembinaan akhlak, kegiatan spiritual dan sosial, serta penciptaan lingkungan yang kondusif. Strategi tersebut terbukti efektif dalam menginternalisasi nilai akhlak mulia secara kontekstual dan berkelanjutan dalam kehidupan santri. Temuan ini menunjukkan bahwa pesantren memiliki potensi besar sebagai model pendidikan karakter Islam yang adaptif terhadap perkembangan zaman

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprily, N. M. (2019). Nidzomul Ma’had dalam pendidikan akhlak di Pesantren Cipari Kabupaten Garut. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(2), 141–159. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4987

Arifin, Z. (n.d.). Budaya pesantren dalam membangun karakter santri. Tidak diterbitkan.

Azizah, L. (2020). Implementasi pendidikan akhlak di Pondok Pesantren Darussalam Gontor. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 45–56.

Hidayah, A. R. (n.d.). Model pendidikan akhlak dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren. Tidak diterbitkan.

Karim, A., Wisudaningsih, E. T., & Susanti, S. E. (2024). Rekonstruksi nilai-nilai akhlakul karimah pada santri putra di Pondok Pesantren Motivator Qur’an Darussalam Probolinggo. ISLAMIKA, 6(2), 430–446. https://doi.org/10.36088/islamika.v6i2.4612

Kholisah, E., Mursyid, A., & M. Ag. (n.d.). Diajukan sebagai salah satu syarat memperoleh gelar Sarjana Agama (S.Ag). Tidak diterbitkan.

Kulsum, U. (2021). Pengaruh pendidikan akhlak terhadap perilaku santri di Pondok Pesantren As-Shiddiqiyah. Jurnal Qiroah, 11(2), 50–64. https://doi.org/10.33511/qiroah.v11n2.50-64

Maulana, M. R., Sholihin, M., & Fajri, M. R. (n.d.). Internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah pada santri di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalianda Lampung Selatan. Tidak diterbitkan.

Mustofa, A. (2017). Pendidikan akhlak di lingkungan pesantren: Studi atas metode pembinaan karakter santri. Jurnal Tarbawi, 4(2), 123–134.

Muttaqin, A. (2019). Revitalisasi pendidikan akhlak dalam menghadapi krisis moral remaja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 7(1), 15–29.

Ridwan, R., Abdillah, M. H., & Syahrizal, H. (2023). Implementasi konsep pendidikan akhlak KH. Hasyim Asy’ari di Pondok Pesantren Mislakhul Muta’alimin Karangtengah Warungpring. Jurnal Locus Penelitian dan Pengabdian, 2(11), 1094–1111. https://doi.org/10.58344/locus.v2i11.1854

Zarkasyi, H. F. (2011). The role of pesantren in character building. Tsaqafah: Jurnal Peradaban Islam, 7(2), 375–390.

Wawancara dengan Abdul Aziz, S.H., Ketua Pengurus Putra Pondok Pesantren Dar El-Fikr Depok, 09 Juni 2025.

Wawancara dengan Amanda Syahputri, S.Ag., Ketua Pengurus Putri Pondok Pesantren Dar El-Fikr Depok, 09 Juni 2025.

Wawancara dengan Febi Auliya, Pengurus Putra Pondok Pesantren Dar El-Fikr Depok, 09 Juni 2025.

Downloads

Published

2025-08-01

How to Cite

Auliyatunnisa’ Febrianingrum. (2025). Strategi Pondok Pesantren Dar El Fikr dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlakul Karimah pada Santri. QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(3), 1007–1015. https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.1803

Issue

Section

Articles