Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini 5-6 Tahun

Authors

  • Nurhasanah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • M.Syahran Jailani UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Zukhairina UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61104/jd.v1i1.29

Keywords:

Kompetensi pedagogik, perkembangan sosial emosional

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis, penyebab dan upaya kompetensi pedagogik guru dalam pengembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptip. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil dari penelitian ini yaitu kompetensi pedagogik guru dalam pengembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun sudah bisa dikatakan optimal dengan bantuan-bantuan guru dan bantuan sarana dan prasanara serta kekompakan mereka dalam melaksanakan kerjasama dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran. Faktor penghambat dalam melaksanakan kompetensi pedagogik yang baik yaitu status pendidikan guru, faktor dari sarana prasarana dan faktok administrasi sekolah

Downloads

Published

2023-03-07

How to Cite

Nurhasanah, Jailani, M., & Zukhairina. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini 5-6 Tahun. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 101–108. https://doi.org/10.61104/jd.v1i1.29

Issue

Section

Articles