Meningkatkan Kemampuan Mengenalan Angka Dengan Menggunakan Media Playdough di RA An-Nur Tembilahan
DOI:
https://doi.org/10.61104/dz.v3i1.887Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya kemampuan anak dalam mengenal angka/lambang bilangan. Penelitian ini membahas tentang meningkatkan kemampuan mengenal konsep lambing bilangan/angka menggunakan media playdough pada anak usia 5-6 tahun di RA An-nur Tembilahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka/lambing bilangan anak. Metode penelitan ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK/ action classroom research). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi atau pengamatan langsung di kelas, dan juga dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B2 (usia 5-6 tahun) dengan jumlah 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal angka dengan menggunakan media playdough mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tindakan siklus yang sudah dilakukan. Hasil pada pra siklus sebesar 39% (MB), setelah melakukan tindakan siklus I pertemuan pertama mengalami peningkatan menjadi 48% (MB), pertemuan kedua menjadi 60% (BSH). Namun masih belum mencapai target yang diinginkan. Maka dari itu, dilakukan tindakan siklus II. Pada tindakan siklus II ini mengalami peningkatan, pertemuan pertama sebesar 75% (BSH), dan pertemuan akhir yakni 85% dengan pencapaian Berkembang Sangat Baik (BSB). Peningkatan siklus II sudah mencapai target yang diinginkan, dapat disimpulkan bahwa penggunakan media playdough dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka untuk anak usia dini
References
Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Badriah, S. N., Erik, E., & Amini, U. (2022). Efektivitas Bermain Playdough dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Kelompok A RA An-Najah Cantilan Desa Karangmangu Kecamatan Susukan Lebak Kabupaten Cirebon. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, 3(1), 80-101.
Haryani, C., Wadin, W., & Sofino, S. (2014). Penerapan metode bermain dengan media playdough dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan pada anak usia dini. Universitas Bengkulu.
Jalaluddin, D. (2019). Pembelajaran Matematika dengan Media Playdough pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Anak Usia Dini, 8(3), 150-160.
Juanda, A. (2016). Penelitian Tindakan Kelas(Classroom Action Research). Issue Deepublish, 79.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA
Sujiono. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks
Sumardi, S., Rahman, T., & Gustini, I. S. (2017). Peningkatan kemampuan anak usia dini mengenal lambang bilangan melalui media playdough. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 190-202.
Supriyanto, A. (2020). Menggunakan Playdough untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 99-107
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Helyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.