Penggunaan Media Loose Part Dalam Meningkatkan Motorik Halus Dan Kreativitas Pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.61104/dz.v3i1.885Abstract
Kreativitas dan motorik halus anak usia dini dapat distimulasi dan dikembangkan melalui media pembelajaran yang menarik minat dan bakat anak salah satunya adalah media loose part. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak media loose part terhadap perkembangan kreativitas dan motorik halus anak usia dini. Jenis penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (library research) yang menggunakan teknik analisis kualitatif dengan mengumpulkan data, menganalisis, dan mensintesis informasi yang relevan dari beberapa hasil penelitian terdahulu berupa artikel dan jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media loose part efektif dalam mengembangkan aspek kreativitas dan motorik halus anak usia dini. Penggunaan media loose part pada tulisan-tulisan yang dimuat dalam penelitian ini berupa bahan alam yang mudah sekali ditemukan di lingkungan sekitar. Pada tulisan-tulisan yang dimuat dapat disimpulkan bahwa motorik halus terstimulasi melalui kegiatan yang berpusat pada kemampuan tangan diantaranya seperti meronce, membuat kolase, menempel, dan menyusun bahan limbah media ecobricks. Aspek kreativitas distimulasi melalui kegiatan yang sama dengan media stimulasi motorik halus tetapi lebih menekankan seni, karya dan imajinasi anak. Kreativitas yang terlihat seperti bagaimana ide dan keputusan anak dalam mengkreasikan karyanya. Dengan demikian, media loose part sangat terbukti efektif dalam meningkatkan aspek motorik halus dan menanamkan kreativitas anak usia dini.
References
A Mubiar. (2022). Bermain Bagi Anak Usia Dini. PT.Refika Aditama. PT.Refika Aditama.
Andari, I. A. M. Y., & Meriah, E. (2023). Andari, I. A. M. Y., & Meriah, E. (2023). Pelatihan Penggunaan media Loose Part Sebagai Implementasi Merdeka Belajar Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 2 (2), 191 - 200.
Andriani, D., & Rakimahwati, R. (2023). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Menggunakan Media Berbasis Alam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1910–1922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4243
Anggraeni, D. (2023). Peran media pendidikan dalam menstimulasi kreativitas anak usia dini. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(4), 152-163.
Arista Selly Maharani, S. U. N., & Maulida, S. R. (2024). Media Pembelajaran Sebagai Alternatif Meningkatkan Gairah Belajar. 11(1), 76–83.
Dewi, S., & Anik, L. (2020). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kiddo, 2(1), 40.
Dinicahyani, N., Sukarno, & Afdal Jamil, Z. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Berfikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Permainan Loose Parts. Jurnal DZURRIYAT Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 14–22. https://doi.org/10.61104/jd.v1i1.16
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Sutabaya, 1–129.
Luh, N., Ariasih, A., & Anadhi, I. M. G. (2024). Analisis Stimulasi Aspek Perkembangan Motorik Halus dan Kognitif Anak Usia Dini pada Permainan Tradisional Cingklak. 6, 308–314.
Ngurah, D., Laksana, L., Dolo, X., Bopo, G., Stkip, P., Bakti, C., Pendidikan, ), Stkip, I., Guru, P., & Stkip, P. (2023). Jurnal Flobamorata Mengabdi Prodi Pgsd Fkip Universitas Muhammadiyah Kupang Workshop Media Pembelajaran: Wahana Pendampingan Media Pembelajaran Terintegrasi Bahasa Ibu Untuk Pembelajaran Literasi Di Kelas Awal. 1(2), 38–46.
Nurlina. (2024). Hakikat Anak Usia Dini. PT. Mafy Media Literasi.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Pagarra Hamzah. (2022). Pagarra Hamzah, dkk. 2022. Media Pembelajaran (Badan Penerbit UNM : Gunungsari).
Rahmawati, D. M. A. (2022). Kegiatan Menganyam Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Tunas Rimba Ii Kradenan, Kab. Grobogan Tahun Ajaran 2021/2022.
Rozak, P. (2021). Penerapan Media Loose Part Dalam Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini. Al-Athfal, 2(1), 56–71. https://doi.org/10.58410/al-athfal.v2i1.535
Setianingsih, A., & Handayani, I. N. (2022). Implementasi Media Loose Parts untuk Mengembangkan Aspek Motorik Halus Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 77–86. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.301
Setiyawati, A., Suci Wulandari, R., & Novitasari, L. (2021). Pencapaian aspek perkembangan anak usia dini selama pembelajaran daring di masa covid-19. Jurnal Mentari, 1, 51–59.
Srinahyanti. (2022). Pemanfaatan Loose Parts Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Guru Kita, 6 No 3, 188–189.
Wahyuni, S., Susanti, S., Darfin, S. A., & Rimadani, N. (2025). Aspek-Aspek Kunci dalam Perkembangan Anak pada Masa Usia Dini.
Yolla Franssisca, Dessy Syofiyanti, D. B. (2024). Implementasi Pendidikan Matematika Pada Tema Keislaman Kurikulum Merdeka Dengan Media Pop Up Book di TK Islam Terpadu Amanah Belilas. ALGORITMA Journal of Mathematics Education, x (x), Xx-Xx.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 lisdiyana, Serli Hasmita, Ulfa Yunita, Yolla Franssisca

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.