Analisis Perkembangan Holistik Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Modul Ajar di RA Darul Uluum
DOI:
https://doi.org/10.61104/dz.v3i1.659Abstract
Pendidikan anak usia dini merupakan fondasi penting pada pembentukan perkembangan holistik yang mencakup aspek kognitif, sosial emosional dan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan holistik anak usia 5-6 tahun di RA Darul Uluum melalui penerapan modul ajar tematik. Fokus penelitian meliputi aspek nilai agama dan budi pekerti, jati diri, serta dasar literasi, matematika, sains, teknologi, rekayasa, dan seni. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan observasi dan wawancara kepada guru dan orang tua anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar berbasis tema, seperti Diriku, Kendaraan Air, dan Negaraku, berhasil meningkatkan perkembangan anak secara menyeluruh, baik kognitif, sosial-emosional, maupun spiritual. Selain itu, modul ini memfasilitasi pembelajaran aktif melalui permainan, eksplorasi, dan kolaborasi, yang dapat menumbuhkan kreativitas serta kecakapan sosial anak. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan modul ajar yang lebih adaptif untuk kebutuhan individu anak.
References
Budiarto, E. (2021). Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Darsana, I. W. (2023). Implementasi Pembelajaran Tematik dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dasar.
Dewi, R. &. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. . Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak.
Gita A, O. A. (2024). Modul Ajar Penilaian Anak Usia Dini di RA Darul Uluum .
Hidayati, N. &. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Pembelajaran Anak Usia Dini di Rumah. Jurnal Pendidikan Keluarga.
Jannah, S. &. (2021). Pengembangan Modul Ajar Tematik untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Dini. . Jurnal Penelitian Pendidikan.
Kemendikbud. (2020). Pedoman Pembelajaran Holistik PAUD. Jakarta: Kemendikbud.
Kurniawan, A. &. (2023). Model Pembelajaran Aktif untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
Lestari, P. &. (2022). Analisis Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Era Digital. Jurnal Teknologi dan Pendidikan.
Maulida, F. &. (2024). Efektivitas Pembelajaran Tematik dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi Pendidikan.
Nuraini, H. &. (2020). Pembelajaran Berbasis Nilai Agama untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Prasetyo, B. &. (2021). Strategi Pembelajaran Kreatif untuk Anak Usia Dini di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan.
Rahmawati, L. &. (2023). Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Perkembangan Sosial-Anak Usia Dini di PAUD. Jurnal Penelitian Sosial.
Salimah, U. &. (2022). Peran Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Dini di PAUD. Jurnal Teknologi Pendidikan.
Santoso, H. &. (2020). Pengembangan Kurikulum PAUD yang Responsif terhadap Kebutuhan Anak: Sebuah Pendekatan Tematik. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran.
Santrock, J. W. (2019). Child Development. New York: McGraw-Hill.
Setyowati, E. &. (2024). Dampak Metode Pembelajaran Interaktif terhadap Prestasi Belajar Anak Usia Dini di RA Darul Uluum. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran.
Siti Fatimah, N. &. (2021). Penguatan Nilai-Nilai Karakter Melalui Pembelajaran Tematik di PAUD: Studi Kasus di RA Darul Uluum. Jurnal Pendidikan Karakter.
Supriyadi, A. &. (2023). Implementasi Metode Bermain dalam Pembelajaran Anak Usia Dini: Sebuah Tinjauan Teoritis dan Praktis. Jurnal Ilmu Pendidikan.
Utami, S. &. (2020). Menumbuhkan Kreativitas Melalui Pembelajaran Seni pada Anak Usia Dini di RA Darul Uluum: Sebuah Studi Kasus Kualitatif . Jurnal Seni dan Budaya.
Wahyuni, R. &. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini . Jurnal Psikologi Keluarga.
Zainuddin, M. (2021). Buku Pedoman Praktis untuk Pengembangan Modul Ajar Tematik . Jakarta: Penerbit Edukasi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gita Amelia Oktaviana, Annisa Mustika, Najwa Rimarsya Azzahra, Santi Budiyani, Yushi Luthfiyati Fadilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.