Kemampuan Motorik Kasar Dan Halus Anak Usia 4 Tahun di PAUD Bintang - Bintang Kota Bandung

Authors

  • Icha Oktaviani Universitas Islam Bandung
  • Widi Fachrunnisa Universitas Islam Bandung
  • Lia Yulistia Dewi Wibowo Universitas Islam Bandung
  • Hermayanti Purnama Sari Universitas Islam Bandung
  • Fitria Nurainni Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.61104/dz.v3i1.630

Abstract

Motorik adalah kemampuan tubuh dalam menggerakkan otot besar dan kecil yang melibatkan koordinasi antara gerakan tubuh dan otak. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati perkembangan motorik kasar dan halus pada anak usia 4 tahun di PAUD Bintang-Bintang Kota Bandung, dengan fokus pada keterampilan berlari, melompat, melempar, dan menangkap. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian anak mengalami kesulitan dalam berlari dan melompat, namun sebagian besar anak menunjukkan kemajuan yang signifikan. Kegiatan melempar dan menangkap bola juga terbukti efektif dalam meningkatkan koordinasi motorik kasar dan halus. Melalui pendekatan yang konsisten serta penyediaan berbagai alat bermain, anak-anak didorong untuk terus berkembang dalam keterampilan motoriknya, yang mendukung tidak hanya perkembangan fisik, tetapi juga sosial dan emosional mereka.

References

Aquarisnawati, p., mustami’ah, d., & riskasari, w. (2011). Motorik halus pada anak usia prasekolah ditinjau dari bender gestalt. Jurnal insan media, 13(3), 149–156.

Asmuddin, a., salwiah, s., & arwih, m. Z. (2022). Analisis perkembangan motorik kasar anak di taman kanak – kanak buton selatan. Jurnal obsesi : jurnal pendidikan anak usia dini, 6(4), 3429–3438. Https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2068

Anita. (2023). Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Media Visual. DZURRIYAT: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 9–15.

Dwiningsih, r., aisyah, a., & ibrahim, h. (2019). Meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan lari estafet. Jurnal riset golden age paud uho, 2(3), 225. Https://doi.org/10.36709/jrga.v2i3.9193

Ernawati, e. (2023). Upaya peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting dan menempel bagi anak kelompok b tk pelita hati kuaro tahun pelajaran 2020/2021. Audiensi: jurnal pendidikan dan perkembangan anak, 2(1), 23–36. Https://doi.org/10.24246/audiensi.vol2.no12023pp23-36

Fenny, F., Amirul, M., & Yennizar. (2023). Implementasi Bermain Outdoor Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 60–71.

Fitriana. (2023). Hubungan Pola Asuh Orangtua dan Lingkungan Keluarga Terhadap Penggunaan Gadget Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 82–91.

Hasan, S., & Nurhafizah. (2023). Dampak Metode Pembelajaran Kartu Huruf Hijaiyah Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 47–54.

Hilda, R. S. E. K. (2023). Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 91–98.

Febriani, e. (2015). Upaya meningkatkan pengembangan motorik kasar ( melompat ) anak melalui permainan lompat tali pada kelompok b tk al-hidayah palaosan tahun pelajaran 2015-2016. Prosiding seminar nasional pendidikan, 1(2), 35–40.

Lisatus sobah, & prasetiya, b. (2024). Meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 3-4 tahun melalui kegiatan meloncat dengan papan loncat di kb az zahra. Al-athfal: jurnal pendidikan anak, 5(1), 171–195. Https://doi.org/10.46773/alathfal.v5i1.995

Lubis, h. Z., fadila, r., daulay, m. M. F., & fadhillah, n. (2022). Stimulasi kegiatan mewarnai untuk perkembangan anak usia dini. Jurnal pema tarbiyah, 1(1), 11. Https://doi.org/10.30829/pema.v1i1.1463

Noor, t. R. (2023). Optimalisasi aktivitas pengembangan motorik halus anak usia dini usia 3-4 tahun. Jurnal obsesi : jurnal pendidikan anak usia dini, 7(4), 4336–4348. Https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3600

Nurhayati, n. (2020). Pengaruh kegiatan mewarnai gambar terhadap kemampuan motorik halus anak tk kelompok b. Aṭfāluna: journal of islamic early childhood education, 3(2), 65–73. Https://doi.org/10.32505/atfaluna.v3i2.1754

Safitri, l. (2022). Perkembangan kemampuan motorik halus anak usia dini 5-6 tahun melalui kegiatan memegang pensil. Indonesian journal of early childhood: jurnal dunia anak usia dini, 4(2), 492–502.

Samsiah. (2023). Meningkatkan motorik halus dalam memegang alat tulis melalui kegiatan menjumput pada anak kelompok a di tak al-hikmah desa kalirong kecamatan tarokan kabupaten kediri. Jurnal pendidikan tambusai, 7, 9489–9500.

Tohir, a. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini melalui latihan berlari dan melompat. Waladuna: jurnal pendidikan islam anak usia dini, 49–60.

Wathon, a. (2019). Implementasi kegiatan 3 m (mewarnai, menggunting, menempel) untuk meningkatkan motorik halus anak usia dini. Angewandte chemie international edition, 6(11), 951–952., 1(april), 195–217.

Widiyanti, w., maharani, t., & abdul malik, h. (2021). Peningkatan keterampilan motorik kasar melalui permainan lompat talik. Prosiding seminar nasional pendidikan stkip kusuma negara iii peningkatan keterampilan motorik kasar melalui permainan lompat tali, 16–20.

Romlah. (2017). Pengaruh Halus dan Motorik Kasar terhadap Perkembangan Kreatifitas Anak Usia Dini. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 02(2) 131-137.

Surjawo., Widi, C. (2015). Kemampuan Motorik Kasar dan Halus Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia,11(2).

Kaoci, W., Taib, B., Ummah, D. (2021). Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisonal "Jalan Tempurung". Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. 2407-1064

Komariah, Tuti, I., & Jamilah. (2023). Permainan Pohon Angka Dalam Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–13.

Kusnul, S., Fadlilah, & Jamilah. (2023). Implementasi play dough Dalam Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 67–81.

Marziana, & Harun. (2023). Metode S P J & T Literasi Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 1–8.

Mawaddah, W., Risnita, & M.Syahran, J. (2023). Pendekatan Dan Tahapan Penelitian Dalam Kajian Pendidikan Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 72–81.

Megawati, Zawaqi, A. J., & A.A.Musyafa. (2023). Penerapan Media Kartu Bergambar Untuk Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 36–46.

Nurhafizah, & Hasan, S. (2023a). Dampak Peran Orangtua dan Pembelajaran Daring Pada Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 55–66.

Nurhafizah, & Hasan, S. (2023b). Inovasi Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 33–46.

Nurhasanah, M.Syahran, J., & Zukhairina. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini 5-6 Tahun. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 101.

Nurillah, H. (2023). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Play Dough. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 27–32.

Nurul, A., Amirul, M., & Zukhairina. (2023). Pengaruh Metode Discovery Learning Dan Pembelajaran Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 16–26.

Nuzul, D., Sukarno, & Zawaqi, A. J. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Berfikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Permainan Loose Parts. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 14–22.

Ningrum, M. Hamidah, M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik kasar melalui Permainan Halang Rintangpada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.7(5) 2356-1327.

Nurkamelia,. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak) STPPA Tercapai di RA Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong Catur Yogyakarta. Jurnal of Islamic Early Childhood Education.

Sulaeman, D., Milawati, Y., Budiarti, S., & Rosidah, I. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Plamboyan Edu (JPE). 1(1) 45-57

Qalka, S., & Hairul, F. (2023). Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Taman Kanak-Kanak. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 94–100.

Rayzah, M., Jamil, Z. A., & Jamilah. (2023). Permainan Tradisional Lompat Tali Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 82–93

Wan, F., Tuti, I., & Zukhairina. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. DZUURIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 47–59.

Downloads

Published

2025-03-01

How to Cite

Icha Oktaviani, Widi Fachrunnisa, Lia Yulistia Dewi Wibowo, Hermayanti Purnama Sari, & Fitria Nurainni. (2025). Kemampuan Motorik Kasar Dan Halus Anak Usia 4 Tahun di PAUD Bintang - Bintang Kota Bandung. DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 20–31. https://doi.org/10.61104/dz.v3i1.630

Issue

Section

Articles